Ini Dia, Proses Analisa Dari Bank untuk Pertimbangan Terhadap Pengaju KPR

1302

Proses Analisa dari Bank Terhadap Pengaju KPR sebelum Memutuskan Diterima Atau Tidak

Analisa Bank Pada Pengaju KPR
Lebahmaster.com – Analisa dari bank memang ada banyak macamnya terhadap nasabah mereka, terutama untuk pengaju KPR ( kredit kepemilikan rumah ) hal tersebut bank terapkan demi mengantisipasi agar jangan sampai mereka memberikan kepercayaan Dana KPR kepada Orang yang salah yang nantinya jika bermasalah pada angsuran akan merugikan pihak bank dan pengaju KPR juga tentunya terkena dari sanksi yang sebenarnya tidak diingin.

 
Untuk itu sebelum benar-benar yakin maju dalam mengajukan KPR Bank ada baiknya jika anda memang berniat untuk membeli rumah dengan fasilitas KPR ( kredit kepemilikan rumah ) perhatikanlah beberapa hal berikut ini yang akan menjadi dasar analisa dari bank apakah pengajuan KPR anda bisa diterima atau tidak, Diantanya :

 
1. Sebelum pihak bank penyedia KPR menyetujui permohonan kita, mereka akan terlebih dahulu menganalisa kredit untuk menukur sejauh mana kemampuan kita dalam mencicil angsuran KPR nantinya. Bisanya yang sering terjadi besar ansuran KPR tidak boleh melebihi dari sepertiga pendapatan Suami istri atau pendapatan gabungan.

 
Proses verifikasi tersebut akan dilakukan melalui pemeriksaan rekening koran kita selama 3 – 6 bulan terakhir. Fungsinya untuk melihat seberapa pengeluaran bulanan kita, selain itu juga ada proses wawancara yang dilakukan bank kepada kita disertai dengan adanya kroscek rujukan yang kita berikan begitu juga aka nada pengecekan pada BI ( Bank Indonesia ).

 
2. Pihak Bank Indonesia akan melakukan Pemeriksaan (jika ada) kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, KPR lain, kredit lain, dan biaya hidup bulanan, pengecekan ini juga untuk melihat apakah kita pernah atau sedang dalam tanda Blacklist dari pihak bank tertentu. Jika ada maka siap-siap mundur dari pengajuan KPR.

 
3. Setelah proses analisa dari bank di atas telah selesai dilakukan dengan mengumpulkan semua informasi kredit anda dan status lainnya, maka selanjutnya hanya menunggu beberapa waktu saja 14 – 60 hari kerja pihak bank akan memberikan informasi berupa keputusan apakah kita layak diberikan KPR atau tidak.

 
Demikianlah sekilas informasi bentuk Analisa dari Bank kepada pengaju KPR sebagai bahan pertimbangan apakah nasabah yang bersangkutan bisa diberikan kredit atau tidak. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi : rumah.com

Baca Juga Info menarik Lainnya :