Ini Dia, Tips Membedakan Batu Akik Asli Atau Palsu

1978

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Batu Akik
Tips Membedakan Batu Akik Asli Atau Palsu

LebahMaster.Com – Batu akik masih sampai sekarang menjadi topic hangat di masyrakat, pencarinya pun semakin hari semakin bertambah banyak, sesjujurnya saya sebagai penulis belum terlalu mengenal secara detail mengenai batu akik. Namun, melihat kabar di berbagai media social yang tidak pernah berhenti membahas mengenai batu akik sehingga itu menunjukan kalau batu akik terus menjadi buruan banyak orang.

Batu akik layaknya barang lain juga tidak semua yang ada di pasaran bisa berupa batu akik asli, karena memang seperti itulah fenomena yang sering terjadi, setiap barang yang laris dan diburu banyak orang di pasaran maka pasti aka nada oknum lain yang memanfaatkan kesempatan itu untuk membuat barang sejenis sebagai tiruan demi meraup keuntungan dengan cara yang tidak sehat alias memalsukan produk atau barang tertentu.

Karena tingginya permintaan batu akik di masyarakat hal ini menjadi penyebab banyaknya beredar batu akik palsu, sebagaimana telah dilansir pada Okezone, sabtu (14/3/2015), diungkapkan oleh Adi, salah satu penjual Batu Akik di pasar Rawa Bening, Jakarta Timur.

Mungkin bagi orang awam dan jarang membeli batu Akik, mudah sekali untuk bisa tertipu saat membelinya. Apalagi saat ini, orang berlomba-lomba untuk menjual benda yang paling banyak dicari itu,” ujar Adi.

Adi juga menambahkan lebih lanjut, untuk membedakan batu tersebut asli atau palsu sebenarnya cukup mudah. Menurut Adi, sebagai pembeli hanya perlu melihat dari segi fisiknya. Kendati demikian, tetap dibutuhkan ketelitian agar tidak tertipu dengan batu yang palsu.

Cukup dengan sebuah senter. Jadi kalau batu itu asli, saat terkena sorotan cahaya pasti akan tembus pandang di dalamnya. Tetapi kalau yang palsu, di dalam batu tersebut akan terlihat gelembung – gelembung udara,” tutupnya.

Jadi kesimpulannya, untuk bisa membedakan mana batu akik yang asli dan Mana yang Palsu , anda sebagai pembeli bisa melakukan pengetesan dengan menggunakan cahaya dari sebuah senter yang disorotkan kepada Batu akik tersebut. Jika palsu aka nada gelembung udaranya dan jika asli maka cahaya akan tembus pandang dengan mulus.

Itulah tips mudah cara membedakan batu akik asli dan palsu, semoga bermanfaat.

Baca :

Ini Dia Batu Giok Paling Murah Seharga 200 Milliar