Ini Dia Tokoh yang Pertama Kali Kenalkan Istilah Jabotabek

1324

Tokoh Pertama Dibalik Terkenalnya Istilah Jabodetabek

Peta Jabodetabek Dikenalkan Pertama kali Oleh Tokoh Ali Sadikin
Peta Wilayah Jabodetabek

Istilah Jabotabek hingga sekarang begitu populer. Istilah itu adalah singkatan bagi gabungan beberapa wilayah sekitar ibukota. Jabotabek adalah kepanjangan dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Sekarang ada istilah baru, Jabodetabek yang merupakan kepanjangan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tapi, istilah Jabodetabek sendiri cikal bakalnya adalah dari istilah Jabotabek.

Lalu siapa sebenarnya yang pertama kali mengenalkan istilah Jabotabek? Mengenai ini, almarhum Ali Sadikin atau Bang Ali punya kisahnya tersendiri. Kisah awal mula istilah Jabotabek sendiri dituturkan Bang Ali saat ia diwawancarai Lativi dalam program Biografi. Stasiun Lativi sendiri sekarang sudah tak ada lagi. Lativi yang awalnya dimiliki mantan Menteri Tenaga Kerja, Abdul Latief, dibeli oleh Grup Bakrie. Setelah dibeli Grup Bakrie, namanya berganti TV One.

Menurut Bang Ali, sepengetahuan dia yang pertama kali mengenalkan istilah Jabotabek adalah Soekarno atau Bung Karno, Presiden RI yang pertama. Dari mulut Bung Karno, Bang Ali pertama kali mendengar istilah Jabotabek.

“Kata Jabotabek pertama kali diungkapkan Bung Karno. Tahun 55 kata-kata itu saya dengar dari Bung Karno,” kata Bang Ali.

Ketika itu, kata Bang Ali Sadikin, pemerintah Indonesia kedatangan tim dari PBB yang hendak melakukan penelitian tentang pembangunan Jakarta dan lingkungan sekitarnya seperti Bogor, Tangerang dan Bekasi.

” Jadi waktu itu sudah ada pemikiran membangun Jakarta itu tak bisa memikirkan Jakarta saja,” katanya.

Mengenai istilah Jabotabek, kata Bang Ali lagi, ia pertama kali mendengar itu sebelum ia diangkat jadi Gubernur DKI Jakarta. Yang mengucapkannya adalah Bung Karno.

 

” Itu kata Jabotabek, jauh saya sebelum jadi gubernur, diungkapkan Bung Karno, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi. Itu yang saya dengar,” kata Bang Ali.