Ini Jumlah Tentara yang Dikerahkan untuk Mengusir Asap

1237

Jumlah Tentara yang Dikerahkan untuk Mengusir Asap

Tentara Pemadam Api Penyebab Asap

LebahMaster.Com – Kepungan asap kian menggila. Asap tak hanya membekap wilayah Sumatera dan Kalimantan. Bahkan, asap juga mengepung negara tetangga seperti, Singapura dan Malaysia. Pemerintah sendiri bukannya berdiam diri. Operasi pemadaman terus dilakukan. Ribuan tentara dan polisi dikerahkan, ikut membantu memadamkan kebakaran lahan dan hutan penyebab serbuan asap.

 

Berapa sebenarnya jumlah tentara yang dikerahkan untuk mengusir asap?

 

Pada hari Selasa, 15 September 2015, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui layanan blackberry messenger menginformasikan bahwa pada hari itu, Kepala BNPB, Willem Rampangilei, Panglima TNI, Gatot Nurmantyo dan jajaran petinggi TNI lainnya telah melepaskan keberangkatan 1.250 personil TNI ke Riau dari Lanud Halim Perdanakusuma. Ribuan tentara itu dikerahkan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

 

Sebelumnya kata Sutopo, pada Jumat, 11 September 2015 juga telah dikirim 1.059 personil TNI ke Sumatera Selatan untuk memadamkan api di Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Banyuasin. Pada Rabu 16 September 2015 juga akan dikirim 400 personil Brimob dari Jakarta. Ratusan personil Brimob itu akan diturunkan di Sumsel dan Jambi untuk membantu penegakan hukum. Dan sebanyak 100 personil Brimob dari Polda Kalimantan Selatan akan dikirim ke Kalimantan Tengah.

 

Juga 100 personil Brimob dari Polda Sumatera Utara digerakkan ke Riau,”kata Sutopo.  

 

Sutopo menambahkan 2.909 personil TNI/Polri tersebut diperbantukan dalam Satgasops BNPB untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Pada tahun 2013 dan 2014, BNPB pernah menerjunkan pasukan TNI dan Polri untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. Tahun 2013 sebanyak 1.800 personil TNI dan Polri diterjunkan mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Riau, sedangkan tahun 2014 sebanyak 2.725 personil TNI/Polri.

 

Personil TNI dan Polri akan membantu pemadaman karhutla yang telah dilakukan tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, MPA dan masyarakat,” ujarnya.

 

Setelah padam, kata Sutopo, TNI dan Polri akan menjaga wilayah tersebut agar tidak dibakar lagi dengan melakukan patroli, penegakan hukum, dan sosialisasi.

Baca Juga : Ini Dia Perintah Presiden Jokowi Soal Bencana Asap