Keahlian untuk Keliling Dunia

Lebahmaster.com, keliling dunia dengan keahlian ini – Ada sebuah artikel menarik yang ditulis Lindsay Ahearne, Insights Manager at LinkedIn. Dalam artikel yang ditulisnya, Lindsay memaparkan tentang keahlian yang perlu dimiliki seseorang agar dapat pekerjaan yang memungkinkan seseorang bisa keliling dunia.

 

Kata Lindsay dalam artikelnya, banyak orang yang ingin memiliki pekerjaan yang dapat membawa mereka keliling dunia. Namun menurutnya, tak semua mengetahui keahlian yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri. Maka, kata Lindsyah untuk membantu mewujudkan impian tersebut, LinkedIn menggali karakteristik para profesional yang pekerjaannya memberi kesempatan untuk berpindah lokasi kerja.
Kata dia, karakteristik pertama yang Linkedln temukan adalah profesional muda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berkarier secara internasional. Pengguna LinkedIn yang berpindah lokasi kerja cukup jauh memiliki pengalaman profesional rata-rata 7,8 tahun. Tetapi pengguna LinkedIn yang 20% lebih berpengalaman dibanding mereka, ‘hanya’ berpindah lokasi kerja dengan jarak yang lebih dekat.

 

Ketika ia melihat keahlian pengguna LinkedIn yang berpindah lokasi, Lindsay menemukan beberapa keahlian khusus yang banyak ditemukan di profil mereka. Berikut kata Lindsay, 10 peringkat teratas dari kategori keahlian yang paling banyak ditemukan di profil pengguna LinkedIn yang berpindah lokasi kerja dalam 1 tahun terakhir:
1. Marketing melalui Sosial Media
2. Teknik Mesin dan Aerospace
3. Pengembang Java
4. Ilmu Biologi
5. Militer
6. Penerjemah Bahasa Asing
7. Kebijakan Publik dan Hubungan Internasional
8. Manajemen Software Engineering
9. Retail dan Grosir
10. Konsultasi Manajemen, Strategi dan Analis Bisnis

Baca Juga : Siapkan Diri! Menghadapi 10 Profesi Yang Sulit Di Jangkau Berikut

Lindsay menambahkan, kemampuan dalam bidang Sains, Teknologi, Engineering/Teknik, dan Matematika, atau disingkat STEM, mendominasi peringkat tersebut. Data Linkedln juga mengungkapkan bahwa profesional yang memiliki keahlian dalam bidang STEM cenderung untuk berpindah lokasi kerja dengan jarak paling jauh, rata-rata 3,900 km, untuk menduduki posisi pekerjaan baru.

 

Jika Anda ingin memiliki sebuah karier yang memungkinkan Anda untuk berkeliling dunia, sebaiknya Anda mempelajari serta mendalami ilmu di bidang STEM,” tulis Lindsay dalam artikelnya.

 

Lindsay menambahkan, selain keahlian khusus, data juga memperlihatkan bahwa beberapa industri memiliki kecenderungan yang lebih besar dalam memberikan kesempatan untuk berpindah lokasi kerja. Berikut adalah perbandingan dari industri yang paling besar kemungkinannya dengan industri yang paling kecil kemungkinannya dalam memberikan kesempatan untuk berpindah lokasi kerja. Pengguna LinkedIn di industri berikut memiliki kecenderungan paling besar untuk berpindah lokasi kerja:

 

1. Teknologi – Software
2. Media dan Hiburan/Entertainment
3. Layanan Profesional
4. Minyak dan Energi
5. Pemerintahan, Pendidikan, dan Nirlaba

 

Pengguna LinkedIn di industri berikut memiliki kecenderungan paling kecil untuk berpindah lokasi kerja:

1. Manufaktur
2. Arsitektur dan Teknik
3. Teknolgi – Hardware
4. Transportasi
5. Telekomunikasi

Kata Lindsay, persamaan karakteristik lainnya yang berhasil ia ungkap adalah fungsi pekerjaan. Ia melihat semua jenis pekerjaan yang dimiliki oleh pengguna LinkedIn, lalu membandingkannya dengan berbagai macam fungsi pekerjaan di dalam bisnis yang memberikan kesempatan bagi para profesional untuk berpindah lokasi kerja dalam dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

 

Nah ini, pengguna LinkedIn yang menempati fungsi pekerjaan di bawah ini memiliki kecenderungan paling besar untuk berpindah lokasi kerja:

 

1. Pengembangan Bisnis/Business Development
2. Pemasaran/Marketing
3. Penelitian/Research
4. Media dan Komunikasi
5. Manajemen Produk

Baca Juga : Inilah 3 Keahlian Yang Perlu Anda kuasai Jika Ingin Sukses

Sementara pengguna LinkedIn yang menempati fungsi pekerjaan di bawah ini memiliki kecenderungan paling kecil untuk berpindah lokasi kerja:

 

1. Kewirausahaan/Entrepreneurship
2. Administrasi
3. Layanan Keamanan dan Perlindungan
4. Layanan Kesehatan
5. Akuntansi

Bagaimana Sobat LebahMaster.com semua, apakah sudah siap untuk mendalami keahlian yang termasuk dalam kategori yang telah kami sebutkan diatas? jika iya…segera persiapkan diri anda untuk bisa keliling dunia dari sekarang… By. Agus.S