Profesi Paling Enak Sedunia Bergaji Besar
Ilustrasi Image Profesi Paling Enak Sedunia Bergaji Besar walau harus menerima banyak Cacian.

LEBAHMASTER.COM – Ada yang tahu profesi paling enak sedunia? Pengusaha. Bukan. Konglomerat. Bukan pula. Insinyur atau programer, itu juga bukan. Atau dokter? Ah, itu pun bukan. Ternyata, profesi paling enak sedunia itu adalah anggota DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat.

Lho kok bisa? Ya, seperti itulah apa yang dikatakan Pak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Saya kira, ada benarnya. Apalagi Pak Tjahjo, pernah jadi anggota DPR. Bahkan dia jadi anggota DPR, sejak era Pak Harto (Soeharto-red). Bisa dikatakan, Pak Tjahjo sudah malang melintang, banyak makan asam garam di Senayan.

Saat dia berpidato di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau biasa disingkat Musrenbang Sulawesi Barat di Kota Mamuju, soal profesi paling enak sedunia itu disentilnya. Kata Pak Tjahjo, dirinya enam periode menjadi anggota DPR, sebelum akhirnya di era Jokowi diangkat jadi Menteri Dalam Negeri. Tentu ia alami, saat gaji masih kecil. Dulu ia pernah merasakan gaji anggota parlemen hanya 940 ribu. Bahkan dulu ia harus ngirit, agar bisa pulang pergi Jakarta-Semarang. Ketika itu, keluarganya masih tinggal di Semarang. Agar irit, ia kerap memilih naik kereta api, ketimbang terbang dengan pesawat terbang.

Namun sekarang ujar Tjahjo, jadi anggota DPR enak. Gajinya pun besar. Bahkan mungkin kata dia, menjadi anggota DPR mungkin pekerjaan paling enak sedunia.

Paling enak Jadi anggota DPR, mungkin ini pekerjaan paling enak di dunia,” katanya.

Bagaimana tidak, kata Tjahjo, anggota DPR itu bebas bicara. Bahkan bisa marah-marah. Memaki Menteri dan Dirjen pun boleh. Dan itu digaji besar.

Gaji DPR sekarang ini mungkin besarnya hanya kalah sama Dirut BUMN. Saya pertama kali gajian, dulu dapat 940 ribu rupiah,” katanya.

Tapi sekarang berbeda. Sebagai perbandingan, ketika dirinya berhenti jadi anggota DPR, karena jadi menteri, gaji yang ia terima sebagai wakil rakyat sudah mencapai 200 juta lebih. Mungkin sekarang lebih besar lagi. Anggota DPR dan DPD, gajinya sama.

Saya engak bisa ngomong lagi sekarang gajinya berapa. Sepertinya lebih besar dari itu (200 juta),” ujarnya.

Apa yang dikatakan Pak Tjahjo benar adanya. Anggota DPR memang enak. Ini pekerjaan paling enak sedunia. Bagaimana tidak, meski jarang sekali memenuhi target, misalnya dalam hal pencapaian pembuatan UU, gaji anggota DPR itu naik terus. Padahal membuat UU adalah pekerjaan wajib anggota parlemen. Yang menyebalkan lagi, banyak anggota dewan yang doyan bolos, sering hanya titip absen. Dan yang menyesakan lagi, beberapa sudah masuk penjara, karena terjerat korupsi. Saya sendiri heran, sudah saya bergaji besar, tapi masih ngobyek. Ini mungkin yang namanya serakah. Benar kata Pak Busyro Muqqodas, mantan Wakil Ketua KPK, politisi Senayan banyak yang bergaya hidup hedonis. Mungkin karena itu mereka korupsi. (By. Agus.S)

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Walau Belum Lulus Kuliah