Ini Uniknya Taksi di Kota Batam

4911

Ilustrasi Taksi. Foto istimewa

Taksi di Kota Batam – Tahun 2015, saya sempat ke Kota Batam. Saya datang ke kota untuk meliput kegiatan Hari Pers Nasional 2015. Selama di Batam, saya nginep di Hotel Harmoni yang ada di kawasan Jodoh Nagoya, sebuah kawasan bisnis dan hiburan di kota tersebut.

Di belakang hotel, banyak bertebaran cafe serta karaoke. Bahkan jelang magrib, wanita pemandu lagu banyak hilir mudik. Dari teman saya, sesama wartawan, Nagoya katanya adalah salah satu kawasan remang-remang di Batam. Saat akhir pekan, banyak warga Singapura datang ke Batam. Salah satu yang dituju adalah kawasan Nagoya.

Sementara acara HPN sendiri dipusatkan di Hotel Harmoni One yang ada di kawasan Batam Center jarak dari Hotel Harmoni tempat saya menginap dengan Hotel Harmoni One, tempat acara HPN, lumayan jauh. Jika ingin ke Hotel Harmoni One dari kawasan Jodoh Nagoya bisa pakai angkutan umum berupa kendaraan elf. Bisa juga pakai taksi.

Saya sendiri, awalnya pakai taksi untuk menuju Hotel Harmoni One. Nah, saat naik taksi di kota Batam itulah, saya punya pengalaman menarik, aneh dan lucu. Saat itu, saya agak bangun kesiangan. Karena ada acara diskusi di Hotel Harmoni One, saya pun bergegas keluar hotel. Petugas hotel menyarankan, agar cepat naik taksi saja.

Di seberang hotel, saya pun menyetop sebuah taksi. Taksi itu pun menepi. Saya langsung duduk di depan, setelah tawar menawar ongkos taksi. Setelah deal, taksi pun meluncur menuju Hotel Harmoni One, tempat acara HPN dilangsungkan. Tapi, betapa kagetnya saya, di tengah jalan, tiba-tiba taksi berhenti. Di depan memang ada orang yang mengulangkan tangan, isyarat meminta taksi berhenti.

Saya kaget, karena orang tersebut langsung saja masuk taksi, setelah menanyakan arah tujuan ke supir taksi. Orang itu masuk taksi, begitu diberitahu supir arah tujuan taksi yang dikendarainya. Terus terang dada berdegup. Rasa takut menyelinap. Takutnya ini modus perampokan.

Sepertinya supir taksi paham, kenapa saya terlihat panik. Ia pun menerangkan, bahwa taksi di kota batam menaik turunkan penumpan itu biasa. Taksi biasa menaikan penumpang lain, bila memang satu arah tujuan. Tapi, penumpang pertama yang akan diprioritaskan untuk diantar.

Awalnya saya kurang percaya. Tapi begitu tiba di dekat hotel yang saya tuju baru percaya, bila taksi di Batam memang gaya cari penumpangnya seperti itu. Makin percaya, setelah teman saya seorang wartawan yang bekerja di Batam menguatkan itu. Katanya, memang seperti itu taksi di kota Batam.

 

Baca Juga:

Unik Banget, Pria Ini melamar Kekasihnya dengan 4.500 Popok Bayi