5 Hal Yang Di Disampaikan Presiden Joko Widodo Pada Acara APPSI

Presiden Joko Widodo Pada APPSI

Lebahmaster.com , Presiden Joko Widodo – Dalam pidato saat membuka Munas Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Kota Makassar, Rabu malam, 25 November 2015, Presiden Jokowi, mengingatkan lima hal yang perlu diperhatikan para gubernur seluruh Indonesia. Menurutnya, lima hal itu yang harus jadi perhatian serius para gubernur.

 

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan. pusat dan daerah. Kita boleh bekerja dari pagi sampai pagi, tapi kalau 5 hal itu tak dikejar percuma saja,” kata Jokowi.

 

Lima hal itu, kata Jokowi, adalah pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, angka kemiskinan, inflasi dan gini ratio. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia ada di kisaran 4,7 persen, pengangguran 6 persenan, inflasi 2, 16, angka kemiskinan 11,2 persen dan gini ratio 0,41 persen.

 

Sekarang pertumbuhan 4,73 persen, coba lihat inflasi, 2,16 persen. Perkirakan saya, pertumbuhan bisa 7, 89 persen. Inflasi tahun ini, Insya Alloh dibawah 4 persen,” katanya.

 

Kenapa pertumbuhan ekonomi mesti memperhatikan pula tingkat inflasi, karena kata Jokowi, akan percuma saja, pertumbuhan tinggi, tapi inflasi juga tinggi. Jadi harus hati-hati betul dengan tingkat inflasi.
Dan ini, daerah sangat mempenggaruhi. Pertumbuhan di daerah baik, nasional pun akan baik. Kalau daerah bisa kendalikan inflasi, nasional pun akan bisa kendalikan inflasi. Tolong dilihat inflasi, kendalikan, terutama yang terkait dengan harga sembako,” tuturnya.

 

Jokowi yakin, dengan kerja keras semua pihak, baik pusat dan daerah, ia perkirakan tingkat inflasi tahun depan akan di bawah 4 persen. Ia pun meminta, para gubernur, bupati dan wali kota bekerja keras semua, agar bisa menekan tingkat inflasi hingga di bawah 2 persen.

 

Di negara-negara Eropa, rata-rata tingkat inflasi di bawah 2 persen,” katanya.

 

Harapan Kita semoga apa yang telah Bapak Presiden Joko Widodo Sampaikan dan diharapkan Bisa berjalan diatas, bisa terealisasikan dengan baik oleh para pemangku tanggung jawab secara khusus, kendati demikian semua itu juga tak terlepas dari dikukungan kita sebagai Rakyat yang berada di bawah kepemimpinan para gubernur yang ada, mereka tak bisa berjalan sendirian bila Masyarakat di bawah mereka tidak mendukung, begitu juga sebaliknya kita tak akan bisa menginginkan kebaikan bila mereka tak menjalankan amanah dengan baik dan benar.

 

Baca : Jokowi ” Jika Tak Ambil Satu Rupiah Pun, Untuk Apa Takut “