Daftar Nama Menteri yang Akan diresufel Jokowi
Presiden Jokowi saat Mengumumkan Daftar Nama Menteri yang Akan diresufel, Rabu ( 27/7/2016) 11.20

Daftar Nama Menteri yang Akan diresufel Jokowi

LebahMaster.Com – Presiden jokowi akhirnya mengumumkan daftar nama menteri yang diresufel alias diganti dan digeser keposisi lain dalam susunan kabinet kerja beliau, Rabu (27/7/2016) siang sekitar pukul 11.20 WIB. dari dua belas daftar nama menteri yang diresufel terdapat empat nama menteri yang digeser sedangkan sembilan nama lagi diganti dengan menteri baru.

Jokowi mengumumkan 13 nama menteri dan Kepala BKPM yang diganti di teras belakang Istana Merdeka yang menghadap ke gedung Istana Negara, Rabu (27/7/2016). Dia didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Seskab Pramono Anung.

“Saya berusaha maksimal agar kabinet kerja bisa bekerja lebih cepat, dalam tim yang solid dan saling mendukung,” jelas Jokowi.

Dari daftar nama yang diumumkan, tidak banyak nama-nama kejutan yang muncul. Sesuai prediksi, Sri Mulyani menempati posisi Menteri Keuangan sedangkan Wiranto yang belakangan namanya santer disebut-sebut akhirnya resmi menempati posisi Menkopolhukam. Ketua Umum Partai Hanura ini menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang posisinya digeser ke Menko Kemaritiman.

Menurut penyampaian Sekretaris Kabinet Pramono Anung, nantinya presiden Jokowi yang akan mengumumkan langsung kepada masyarakat dan akhirnya nama menteri yang kena resufel telah diumumkan langsung oleh jokowi.namun, Sebelum jokowi mengumumkan nama-nama menteri yang diganti, mantan wali kota solo dan Gubernur DKI Jakarta itu ternyata sudah lebih dahulu memanggil mereka ke Istana dan kemudian Barulah setelah itu, presiden Jokowi mengumumkan menteri-menteri mana saja yang diganti atau akan menduduki jabatan baru pada kebinet kerja beliau.

Presiden Joko Widodo mewanti-wanti agar nantinya para kabinet yang baru bekerja lebih keras lagi untuk menyejahterakan rakyat. Reshuffle kabinet diarahkan untuk penguatan kinerja pemerintahan.

Kita harus membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk rakyat, untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan kesejahteraan rakyat,” Ujar Presiden Jokowi.

Hasil Pantauan Lebahmaster.com dan team dari pengumuman Presiden Jokowi yang disiarkan di sejumlah stasiun televisi nasional, Rabu siang tadi, Berikut daftar nama menteri yang diresufel jokowi baik yang pindah posisi maupun yang diganti:

1. Menteri Keuangan: Bambang Brodjonegoro diganti Sri Mulyani Indrawati
2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Anis Baswedan diganti Muhadjir Effendy
3. Menko Polhukam: Luhut Binsar Pandjaitan diganti Wiranto
4. Menteri ESDM: Sudirman Said diganti Archandra Tahar
5. Menko Kemaritiman: Rizal Ramli digantikan Luhut Binsar Pandjaitan
6. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Sofyan Jalil diganti Bambang Brodjonegoro
7. Menteri Agraria dan Tata Ruang: Ferry Mursidan dan Sofyan Djalil ( pindah posisi)
8. Kepala BKPM: Frangky Sibarani diganti Thomas Lembong
9. Men PAN-RB: Yuddi Chrisnandi diganti Asman Abnur
10. Menteri Desa dan PDTT: Marwan Jafar digantik Eko Putro Sandjojo
11. Menteri Perhubungan: Ignatuis Jonan diganti Budi Karya Sumadi
12. Menteri Perdagangan: Thomas Lembong, Enggartiasto Lukita
13. Menteri Perindustrian: Saleh Husin diganti Airlangga Hartarto

Itulah sejumlah daftar nama menteri yang diresufel Jokowi baik diganti maupun dipindahkan posisi jabatannya, semoga sederet nama menteri baru negara indonesia ini bisa membawa kesejehteraan rakyat sesuai harapan bapak presiden Joko Widodo dan tentunya harapan kita semua sebagai rakyat indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Wanita Paling berpengaruh Di Dunia