Inilah 5 Cara Agar Anak Tenang Saat Disuntik Dokter

279

Cara Agar Anak Tenang saat Disuntik Dokter

Cara Agar Anak Tenang saat Disuntik Dokter – Pasti kamu tahu bagaimana rasa sakitnya ketika disuntik oleh dokter. Bahkan beberapa dari kamu masih takut dengan yang namanya jarum suntik. Jika kamu yang sudah dewasa atau remaja saja masih takut, bagaimana dengan anak kecil? Pasti mereka akan menangis kencang untuk melampiaskan rasa sakit. Namun, anak – anak perlu menerima vaksin guna memperkuat kekebalan tubuh.

Tenangg, ada banyak cara untuk menenangkan si kecil saat akan mendapatkan imunisasi. Berikut ini adalah cara agar anak tenang saat disuntik dokter.

1. Membawa berbagai macam benda atau mainan yang mampu membuat anak tenang. Si kecil pasti memiliki benda yang membuatnya jadi teralihkan dunianya. Misalnya boneka, mainan, dan lain sebagainya. Bawalah benda kesayangannya saat akan diberikan imunisasi. Sehingga, perhatian mereka akan teralihkan dengan benda kesayangannya.

2. Mempersiapkan diri sendiri adalah hal yang penting sebelum Bunda menenangkan si kecil. Jangan terlihat tegang atau takut dihadapan si kecil ketika datang ke dokter. Sebelum ke dokter, pelajarilah terlebih dahulu vaksin yang akan diberikan pada si kecil. Sehingga, jika ada yang masih membingungkan, Bunda bisa menanyakan hal tersebut pada dokter.

3. Bertatapan dengan si kecil. Seringkali, ketika memasuki ruangan dokter, si kecil sudah mengangis duluan. Nah, Bunda harus mampu menenangkannya dengan berbagai cara. Buatlah agar si kecil memiliki mood yang baik walaupun sudah memasuki ruangan dokter. Ajaklah untuk berbicara akan berbagai hal yang menyenangkan. Misalnya, apa yang akan didapatkan si kecil apabila ia berhasil disuntik dengan tidak menangis. Berikan berbagai penghargaan, agar si kecil merasa senang.

4. Menjelaskan pada si kecil bahwa ia harus menerima imunisasi untuk kebaikannya. Si kecil harus tahu bahwa ketika mereka dewasa nanti, imunisasi ini akan memberikan berbagai manfaat. Bunda juga bisa memberikan berbagai ilustrasi sederhana. Misalnya, dengan disuntik, maka tubuh si kecil bisa sekuat superman. Buatlah agar si kecil merasa berani dan percaya diri.

5. Mengalihkan perhatiannya dari jarum suntik. Ketika masuk ke ruangan dokter, jangan membuatnya memperhatikan jarum suntik. Cobalah untuk bercanda sejenak dengannya sebelum proses imunisasi berlangsung. Ketika disuntik, tolehkan kepalanya untuk mengamati hal lain selain lengannya. Bunda juga bisa menyetel kartun kesukaan si kecil sebelum proses imunisasi berlangsung.

Bunda, tidak usah khawatir ketika akan memberikan imunisasi pada si kecil. Berbagai cara agar anak tenang saat disuntik dokter seperti diatas, mampu Bunda lakukan. Imunisasi bukanlah suatu hal yang menyeramkan, lhoo. Tanamkan dalam diri si kecil bahwa imunisasi bukan merupakan hal yang menakutkan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini Agar tetap Stabil Setiap Hari