Inilah 6 Hal Yang Kamu Butuhkan Dalam Sebuah Job Interview

1851

Keperluan Job Intervie – Interview Kerja

Job Interview - Interview Kerja

Job Interview – Terkadang, ketika kita hendak untuk melamar pekerjaan, bagian job interview bisa jadi sangat membuat kita stress karena beberapa faktor yang berada diluar kontrol kita – Seperti, misalnya apa yang manager akan tanyakan, atau mungkin apakah kamu akan menjadi orang yang memang sedang mereka cari. Tapi diluar hal itu semua, ada satu hal yang kamu bisa lakukan dan hal itulah yang bisa membedakanmu dengan para pelamar yang lain: bagaimana kamu telah mempersiapkan semuanya.

Seorang yang profesional dan manager yang akan mempekerjakanmu sudah sangat siap dengan pertanyaan-pertanyaannya, maka dari itu, berikut 6 hal yang kamu perlu bawa ketika kamu akan melakukan wawancara pekerjaan:

1. Arah Lokasi
Jangan mengambil resiko dengan bergantung kepada teknologi atau smartphonemu untuk mencari tahu lokasi dimana job interview akan dilaksanakan. Entah itu kamu mengendarai mobil, motor, dengan berkereta, atau bis, pastikan kamu sudah mengetahui lokasi, Jangan sampai kamu terlambat karena kamu tersesat ketika hendak menuju ke lokasi.

2. Duplikasi Resume/CV mu
Walaupun sekarang kita berada di masa digitalisasi dimana semua serba digital termasuk dalam berkirim CV/resume, namun banyak manager yang masih menginginkan para pelamar untuk membawa hard copynya. Jika kamu tahu ada berapa orang yang akan mewawancaraimu, lebih baik kamu mengkopi dalam jumlah yang cukup agar mereka masing-masing memiliki satu dan sisakan juga satu untukmu, karena kamu juga akan memerlukan referensi ketika kamu berbicara.

3. Pulpen dan Notepad
Beberapa manager menekankan kita untuk membawa pulpen dan beberapa kertas. Kita bisa menulis apa-apa saja yang ditekankan selama wawancara, selain itu, jika kita melamar pekerjaan seperti konsulting, finance, atau engineering, kamu akan memerlukan kertas dan pulpen karena kamu harus menjawab beberapa pertanyaan yang cukup menguras otakmu.

4. Questions
Kamu bukanlah orang pertama yang duduk di “hot seat” pada hari itu. Hampir semua manager biasanya akan memberikan kesempatanmu untuk bertanya. Gunakan hal ini sebagai sebuah kesempatan untukmu, tanyakan “smart questions” untuk membuat manager terkesan. Selain itu, hal ini juga akan membuatmu tahu apakah pekerjaan ini cocok untukmu.

5. Portfolio contoh hasil kerjamu
Memang hal ini tergantung dari pekerjaan mana yang akan kamu lamar, tapi akan lebih baik jika kita menyediakannya terlebih dahulu sehingga meninggalkan kesan bahwa kita telah siap.

6. Sikap yang positif
Percaya diri, sikap yang positif, dan sikap yang mencerminkan bahwa kamu memang menaruh perhatian khusus pada pekerjaanmu akan membedakanmu dengan pelamar yang lain. Ketika kamu dan pelamar lain memiliki kemampuan yang sama, yang akan membuatmu berbeda adalah bagaimana kamu melihat pekerjaan itu sebagain “passion”.

Penulis: Inta Destria // Women Preneur (facebook.com/inta.destria)

Baca Juga: 4 Pertanyaan Interview Kerja yang Harus Dijawab Secara Profesional