Inilah 9 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Seorang Ibu

993

Mahmud Ketahuilah 9 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Seorang Ibu Berikut Ini

Manfaat Menyusui Bagi Seorang Ibu
Ilustrasi Edited

Kesehatan IbuManfaat menyusui bayi bagi seorang ibu tidak hanya terdapat bagi bayinya saja, melainkan juga pada sang ibu dari anak itu sendiri, meskipun terkadang menyusui bagi wanita yang baru pertama kali memiliki anak akan begitu susah dilakukan namun seiring berjalannya waktu sebagai seorang ibu akan menganggap itu sebagai hal yang biasa, kerena menyusui bayi merupakan bentuk kasih sayang yang tidak terhingga dari seorang ibu kepada anaknya.

Manfaat menyusui bayi bagi ibu tentunya merupakan nilai yang tidak bisa kita hitung dengan materi, meskipun demikian tidak ada salahnya kita membahas manfaat menyusui bayi bagi ibu sebagai bentuk motivasi bagi wanita yang baru menyusui agar tidak mudah memberentikan anaknya memberi ASI sementara belum waktunya berhenti. Berikut ini beberapa manfaat menyusui bayi bagi sang ibu.

Manfaat menyusui bayi bagi seorang ibu diantaranya :

1. Menyusui bayi dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Seorang ibu yang menyusui bayinya akan lebih kecil terkena resiko penyakit kanker payudara.

2. Bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker rahim dan Ovarium. Menyusui bayi dapat mengurangi resiko terkena kanker rahim dan ovarium, karena disebabkan berkurangnya estrogen pada wanita selama dalam masa menyusui bayinya.

3. Menyusui Sebagai alat kontrasepsi.
Manfaat Menyusui bayi juga dapat menjadi KB (Keluarga Berencana) alami karena proses hisapan bayi bisa merangsang hormon prolactin sehingga mengakibatkan penundaan ovulasi. Hal itu membuat seorang ibu yang menyusui tidak subur untuk sementara waktu.

4. Mempercepat kembalinya ukuran rahim.
Manfaat menyusui bayi, rahim juga menyusut kembali ke ukuran normal lebih cepat. karena dengan menyusui bayi dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin.

5. Menyusui dapat Membantu menurunkan berat badan setelah
melahirkan. Ibu yang masih menyusui bayinya tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan karena dengan secara sendirinya proses menyusui yang Anda lakukan telah berhasil membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari.

6. Manfaat menyusi juga Mengurangi risiko osteoporosis.

Tahukah anda ? selama menyusui bayinya sang ibu kekurangan mineral yang dapat membuat tulang – tulangnya menjadi keropos, namun anda jangan kawatir karena setelah proses menyusui selesai mineral yang hilang tersebut otomatis akan tergantikan dengan sendirinya dengan mineral yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan itu menyebabkan sang ibu bayi berkurang resiko terkena penyakit Osteoporosis ( penyakit tulang keropos ).

7. Menyusi bayi dapat Menurunkan risiko diabetes
Dengan menyusi bayinya sang ibu bisa mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tentunya kesehatan tubuh sang ibu menyusui makin meningkat.

8. Menyusui bayi dapat Menurunkan Resiko Hipertensi dan Penyakit Jantung.

Hasil penelitian menyebutkan manfaat menyusui bayi bagi ibu dapat mengurangi resiko hipertensi serta penyakit jantung. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan wanita yang menyusui berkurang sampai 11% terkena hipertensi dan berkurang 10% resiko terkena penyakit jantung karena menyusui bayinya.

9. Asi Merupakan sumber makanan yang praktis dan ekonomis bagi bayi.

Perlu diketahui bahwasanya selain ASI memliki komposisi yang sempurna bagi bayi juga mengandung gizi yang sangat baik sekali serta sangat praktis dan ekonomis, seorang ibu yang menyusui bayinya tidak repot – repot membeli susu dan membersihkan botol susu agar steril bagi bayinya.

Demikian Informasi mengenai sembilan manfaat menyusui bayi bagi ibu yang peduli juga sayang sama anak serta peduli dengan kesehatan dirinya, semoga dengan mengetahui manfaat menyusui bayi ini sebagai seorang ibu yang baik dapat menyelesaikan proses menyusui bayinya dengan sempurna, jangan sampai masih kecil sudah disuruh nyusu sama sapi alias minum susu sapi kaleng dan lainnya. Source : doktercewekdotcom