Inilah Bahaya Begadang Sampai Larut Malam Bagi Kesehatan Tubuh

842

Bahaya Begadang bagi Kesehatan tubuh kita

Bahaya Begadang bagi Kesehatan tubuh kita
Ilustrasi Bahaya Begadang sampai larut malam bagi Kesehatan

Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh sangat berpengaruh sekali pada kesehatan jantung kita, tidak hanya berakibat pada bagian mata yang menjadi hitam lebam atau keriput pada bagian pinggirannya saja melainkan ada efek lain yang lebih berbahaya akan menimpa bagi orang yang suka menghabiskan waktu malamnya untuk begadang sampai larut malam.

Bahaya begadang bagi kesehatan berdasarkan hasil study penelitian kesehatan di amerika menunjukan bahwa pada orang yang waktu tidurnya kurang dari enam jam dalam sehari beresiko 50 persen gampang terkena penyakit jantung dan tidak hanya itu saja, orang yang kurang tidur juga beresiko terkena Stroke 15 persen ketimbang orang yang cukup waktu tidurnya.

Akibat dari begadang keseringan berdampak pada terganggunya keseimbangan dua hormone penting dalam tubuh kita yaitu horman leptin dan hormone ghrelin yang berfungsi untuk mengontrol selera makan keseharian kita.

Baca: Tips Agar Jantung tetap Sehat Di Usia 30 Tahun

Jam tidur yang singkat dan kurang akan mengakibatkan seseorang lebih banyak makan sehingga beresiko mengalamai obesitas, tekanan darah tinggi an juga yang lebih berbahaya adalah gampang terkena resiko penyakit jantung.

Gaya hidup suka begadang setiap malam juga akan bisa menjadi pemicu terkena penyakit diabetes meskipun demikian perlu juga kita pahami bahwa meskipun orang yang waktu tidur tidurnya cukup atau lebih dari Sembilan jam perhari akan terbebas dari resiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung ini akan menyebabkan seseorang mudah merasa lelah, bahkan ketika seseorang sudah melakukan aktivitas tidurnya selama 9 jampun tidak akan mampu membuat tubuh penderita jantung untuk kembali nomar dan segar seperti semula.

Oleh sebab itu jangan sepelekan keadaan ketika kita berada dalam kondisi sehat dan segar, manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin, jika waktunya tidur janganlah di paksakan untuk di habiskan dengan bergadang sampai larut malam, apalagi bagi kaum remaja yang mungkin berpikiran mumpung masih muda sebaiknya tidak menghabiskan waktunya untuk kumpul kesana kemari dengan begadang larut malam, mungkin secara langsung anda tidak akan merasakan efek dari bergadang anda, akan tetapi nanti di waktu tua, semuanya akan terasa akibat dari yang di perbuat semasa masih muda.

Baca: Apakah Mentega Baik Bagi Penderita jantung? Ini Jawabannya

Jagalah kesehatan sebelum datangnya sakit, ingatlah selalu bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, mencegah artinya mempersiapkan diri sebelum datangnya penyakit menyerang tubuh, berbeda ketika penyakit sudah menimpa kita harus mengobati, sementara walaupun sembuh tetap saja keadaan tubuh kita tidak lagi seperti keadaan seblum pernah terserang penyakit.

Demikian ulasan seputar bahaya begadang bagi kesehatan tubuh jika sering tidur sampai larut malam membawa bahaya bagi kesehatan jantung kita, semoga bermanfaat. Salam sehat ya.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Untuk Jantung