Inilah Perbedaan Cek Dan Giro

3710

Perbedaan Cek Dan Giro

Perbedaan Cek dan Giro

LebahMaster.Com – Sebelum kita mengetahui lebih detai apa perbedaan Cek dan Giro, sedikit kami akan menuliskan pengertian dan fungsi dari kedua jenis layanan bank ini, berkaitan apa yang dimakasud cek dan Giro berikut ulasan singkatnya:

Cek adalah Cek perintah dari seorang Nasabah kepada Pihak bank dimana ia menyimpan uang disana agar menarik dana miliknya untuk diberikan kepada Orang yang tercantumkan namanya didalam cek tersebut atau yang tertunjuk.

Cek terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya ialah :

  • Cek Atas Nama adalah cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut.
  • Cek Atas Unjuk adalah kebalikan dari cek atas nama. Di dalam cek atas unjuk tidak tertulis nama seseorang atau badan hukum tertentu jadi siapa saja dapat menguangkan cek atau dengan kata lain cek dapat diuangkan oleh si pembawa cek tersebut.
  • Cek Silang atau Cross cheque adalah cek yang dipojok kiri atas diberi dua tanda silang. Cek ini sengaja diberi silang, artinya cek ini untuk pengalihan fungsi cek, yang pada awalnya fungsi cek untuk transaksi tunai menjadi berubah non tunai atau sebagai pemindahbukuan.
  • Cek Mundur Adalah berupa cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal seka¬rang, misalnya hari ini tanggal 06 Mei 2015 kemudian dimundurkan menjadi tanggal 10 mei 2015 hari berikutnya.
  • Cek Kosong / blank cheque adalah cek yang dananya tidak tersedia di dalam rekening giro. Artinya jumlah dana yang tercantum di cek melebihi atau kurang dari dana yang tersimpan di bank.

Lanjut, Pengertian Giro adalah istilah yang digunakan oleh pihak perbankan sebagai sarana atau suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek, giro berupa surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening seseorang kepada rekening lain yang ditunjuk surat cek giro tersebut.

Baca Juga : Pengertian Bank serta Fungsinya

Sekilas mengenai perbedaan cek dan giro, cek diberikan kepada pihak penerima pembayaran (payee) yang menyimpannya di bank mereka, sedangkan giro diberikan oleh pihak pembayar (payer) ke banknya, yang selanjutnya akan mentransfer dana kepada bank pihak penerima, langsung ke akun reking bank mereka.

Lebih Rinci dan singkat lagi Perbedaan cek dan Giro sebagai berikut :
Pada cek :
1. Tidak perlu mencantumkan nomor rekening bank
2. Cek dapat di tunaikan
3. Tertera nama yang akan diberi sejumlah uang dan dicoret pada cek tersebut
4.Cek Bisa diubah menjadi giro dengan memberi tanda strip diagonal pada sisi kiri atas cek, sementara giro tidak bisa menjadi cek.

Pada Giro :
1. Pada giro harus ada nomor rekening.
2. Giro tidak dapat diuangkan.
3. proses giro langsung ditransfer ke rekening yang tertera.
4. Tanggal buka giro bisa berbeda dengan tanggal transfer giro.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai perbedaan Cek dan Giro, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

Baca Juga : 10 Tips Untuk Mengelola keuangan Pribadi Dengan Baik