Inilah Resiko Yang Terjadi Jika Tidak Mampu Melunasi KPR

876

Resiko Yang Terjadi Jika Tidak Mampu Melunasi KPR

LebahMaster.com – Tidak mampu Melunasi KPR – Membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR ( kredit Kepemilikan Rumah ) yang disediakan oleh pihak bank memang sangat membantu sekali, sehingga tak sedikit orang yang sangat menginginkan bisa mendapatkan fasilitas ini. Namun, kendatipun begitu membantu dalam hal bisa memiliki rumah dalam waktu cepat kita juga tidak boleh terlalu terbuai dengan kemudahan ini sehingga lupa untuk memperhatikan hal penting yang berkaitan dengan pembayaran angsuran demi melunai pinjaman KPR dari Pihak Bank yang bersangkutan.

 

Kerena jika terjadi kasus seperti tidak mampu melunasi KPR yang telah kita terima akan ada resiko besar yang siap menyambut kelalaian yang telah kita perbuat, sehingga nantinya jika sampai hal tersebut terjadi bukan hanya tidak bisa memiliki rumah melainkan juga bisa saja kehilanagan harta lainnya demi menyelesaikan kasus ketidakmampuan mambayar angsuran kredit kepemilikan rumah tersebut.

 

Informasi umum yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang terkait resiko jika tidak mampu melunasi KPR ( kredit kepemilikan rumah ) dalah yang bersangkutan akan dikenakan denda sebesar kurang lebih 0,5% per hari, yang dihitung dari jumlah cicilan bulana.

 

Selain terkena denda, Bila seorang debitur telat membayar cicilan KPR, biasanya bank juga akan mengirimkan surat teguran untuk segera melunasi cicilan plus dendanya. Selanjutnya jika sudah dikirimkan surat teguran sebanyak 3 kali berturut – turut tapi masih saja ngeyel tidak mau melunasi angsuran dan denda yang telah ditentukan, maka hal berikut yang akan diambil tindakan oleh pihak bank kepada Penerima KPR yang telat :

 

  1. Pihak Bank akan langsung menyita rumah Anda untuk dilelang atau dijual kepada pembeli lain
  2. Pihak Bank Menawarkan negosiasi untuk penjadwalan ulang (rescheduling) Angsuran KPR anda
  3. Pihak Bank akan menawarkan over-credit kepada konsumen baru.

 

Jika sampai pihak Bank pemberi KPR telah menyita rumah anda, maka jangan berharap uang yang telah disetorkan sebelumnya bisa kembali ketangan anda, karena anda telah dianggap melakukan Wanprestasi atau cedera janji terhadap perjanjian Kredit ( PK ) tentu saja rumah anda hilang dan uangpun melayang sia – sia.

 

Opsi lainnya jika pihak bank menawarkan over-credit, maka Anda hanya akan mendapatkan sebagian uang yang telah disetorkan, karena telah dipotong oleh beragam biaya dan denda yang anda tidak bayar sebelumnya.

 

Solusi yang agak lumayan bagus adalah apabila anda telat membayar angsuran KPR sebaiknya segera meminta Reschedulling ke pihak bank bersangkutan, seperti meminta agar jumlah angsuran diperkecil dengan memperpanjang masa nagsuran ( tenor).

 

Selain konsekuensi yang telah kami sebutkan diatas terkait apabila kita tidak mampu membayar angsuran KPR, ada bebrapa hal lain yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri jika sampai terjadi ketidak mampuan membayar KPR diantaranya :

 

Anda tidak akan bisa lagi mencicil produk-produk lainnya yang mungkin Anda butuhkan seperti mobil atau pun barang elektronik lainnya. Dikarenakan untuk melunasi kredit rumah saja tidak memungkinkan, bagaimana dengan yang lainnya.

 

Untuk beberapa kesempatan dibutuhkan juga BI Checking, tetapi jika Anda sudah bermasalah dengan pembiayaan kredit rumah Anda, bisa dipastikan, BI Checking Anda tidak akan lolos jika ingin mengajukan kredit lainnya ke pihak bank.

 

Pengelolaan keuangan juga tidak lagi menjadi seperti yang sudah dianggarkan sejak awal karena masalah utama Anda dalam melunasi kredit rumah belum terselesaikan, jikalau ada biaya, mungkin semua biaya tersebut dilarikan kepada KPR tersebut, sehingga pengeluaran kebutuhan yang lainnya pun menjadi terbengkalai serta rencana lainnya tertutup sudah dari kemudahan mendapatkan bantuan fasilitas pihak bank.

 

Itulah beberapa resiko yang akan diterima jika sampai terjadi masalah pada Angsuran KPR ( kredit kepemilikan Rumah ) yang telah diterima oleh kita, semoga dengan informasi ini bisa menjadikan para pemohon KPR dan yang telah disetujui lebih berhati hati dalam mengelola keuangan terutama lebih mempersiapkan dana jauh hari demi menutupi angsuran rutin dari KPR yang telah diterima. Source : Aturduitdot.com