Innalillah, Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Aceh Bertambah Jadi 52 Orang

723

Jumlah Korban Gempa Aceh Bertambah Jadi 52 Orang

Lebahmaster.com – Innalillahi Wainnalillahi Roji’un, Jumlah Korban Gempa Aceh yang terjadi Rabu Pagi Pukul 05:03:36 WIB berkekuatan 6,4 Skala Richter terus bertambah. Menurut Laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) disebutkan, jumlah korban meninggal dunia yang telah ditemukan sebanyak 52 orang.

Data kerusakan bangunan dan korban masih akan bergerak naik mengingat kerusakannya yang masif,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam konferensi pers terkait perkembangan penanganan gempa Kabupaten Pidie Jaya di Jakarta, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (7/12/2016).

Selain korban meinggal dunia, terdapat 73 orang mengalami luka berat, 200 orang luka ringan, sekitar 10 ribu orang terkena dampak.

Korban yang terdiri dari anak balita, dewasa dan lanjut usia yang juga dari jenis kelamin yang beragam. Jumlah korban meninggal masih diperkirakan akan terus bertambah banyak karena masih ada beberapa orng yang belum bisa terevakuasi karena terjebak dibawah reruntuhan bangunan yang roboh.

Guncangan dahsyat Gempa juga mengakibatkan sekitar 105 unit ruko roboh, 123 rumah rusak berat hingga roboh, 14 masjid rusak berat hingga roboh, satu RSUD Pidie Jaya rusak berat, dan satu unit sekolah roboh. Secara rinci, di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 105 unit ruko roboh, 86 rumah rusak berat, 13 bangunan masjid roboh, satu RSUD rusak berat dan beberapa ruas jalan mengalami keretakan. Di Kabupaten Bireuen, dua unit rumah roboh, satu masjid rusak berat, satu unit kampus STAI Al-Azziziyah roboh, dan 35 rumah rusak berat.

Sebelumnya gempa dilaporkan terjadi di Pidie Jaya, pada pukul 05:03:36 WIB dengan kekuatan 6,4 Skala Richter dengan episenter – gempa sesar mendatar, terletak pada koordinat 5.19 LU dan 96.36 BT, pada kedalaman 10 km.

Para Pihak yang berwenang dari kepemerintahan Indonesia juga telah menurunkan TIM untuk membantu dan menanggapi peristiwa gempa yang hari ini menimpa saudara/i kita di Banda Aceh Khususnya lokasi titik gempa di Banda Aceh – Pidie Jaya.

Gempa merupakan bencana yang terjadi akibat Izin Tuhan Yang Maha Esa, manusia hanya bisa berencana melakukan berbagai upaya pencegahan dn penanggulangan. Apapun yang telah terjadi mari kita do’akan para korban Bencana Gempa Aceh ini.

Semoga Pihak keluarga yang tertimpa musibah diberikan kekuatan dan kesabaran menerima ujian dan ketetapan yang diturunkan oleh Yang Maha Menggerakan Bumi dan Langit.