Hal Penting yang Harus Selalu Di Perhatikan Saat Mengendarai Sepeda Motor

Tips-Mengendarai-Sepeda-Motor
Agar terhindarkan dari kecelakaan saat mengendarai sepeda motor maka kamu harus selalu waspada dan tetap memperhatikan hal – hal yang bisa mengancam nyawa kamu saat berkendaraan. Kebanyakan orang saat berada dijalanan suka lupa daratan dan pada akhirnya tidak lagi mengindahkan nasehat yang baik cara berkendaraan dijalanan, makanya sering terjadi kecelakaan.

Tips saat mengendarai sepeda motor – Memang yang namanya kecelakaan, ajal dan lain sebagainya tidak ada yang mau mengalaminya dan juga tidak aka nada yang tahu apa yang akan menimpa dirinya, meskipun demikian kita sebagai manusia dituntut untuk terus berusaha dan berhati – hati terhadap hal – hal yang dapat menimbulkan kejelekan bagi diri kita sendiri, salah satunya dengan memperhatikan hal yang dapat menimbulkan kecelakaan saat berkendaraan dijalanan agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan.

#1. Gunakan Helm Yang memenuhi standar
Helm sangat berperan penting bagi keselamatan pengendara sepeda motor karena helm akan mampu menjaga benturan kepala langsung dengan aspal jalanan saat terjadi kecelakaan, jangan sepelekan untuk memakai helm, lebih baik bentuk sisiran rapi rambut rusak sementara dari pada kepala rusak selamanya, karena bentuk sisiran rambut bisa kamu perbaiki lagi ketika sudah sampai tujuan.

#2. Perhatikan kecepatan Motor anda.
Entah karena ingin mengejar waktu agar tidak terlambat atau alas an lain, kita sering melhat orang begitu bernafsu sekali mengebut dijalanan dengan sepeda motor, ini harus kamu hindari. Lebih baik pelan asal selamat sampai tujuan dari pada ngebut tapi nggak sampai – sampai tapi malah sampai kea lam lain. Selain itu kalau kamu selalu dalam kecepatan tinggi akan sangat sulit untuk mengendalikan kendaraan kamu ketika terjadi suatu hal yang tiba – tiba ada didepan kamu. Ngerem mendadak akan membuat kamu juga berujung pada kecelakaan.

#3. Hindari Ngerem Mendadak
Jangan suka mengerem motor secara mendadak terlebih jika sedang di jalan raya karena ada banyak kendaraan bermotor lain berada dibelakang, jika kamu ngerem mendadak tidak menutup kemungkinan yang dibelakang juga akan menabrak kamu dari belakang dan ini berujung kecelakaan besar yang beruntun.

#4. Jangan menyetir sambil main Elektronik.
Ini sangat sering di gembor – gemborkan oleh pihak keamanan dan keselamatan jalanan, untuk tidak memainkan Hp dll ketika sedang berkendaraan kecuali kamu sebagai penumpang, karena ini angat mengundang kecelakaan bagi kamu sendiri, sebaiknya matikan atau di Modus silent dulu setelah dating baru dah sepuas – puas kamu main Hp lagi.

#5. Jangan mengenakan pakaian yang mempersulit gerak
Jangan mengenakan pakaian yang mempersulit gerak kamu ketika sedang menyetir sepeda motor, karena ketika berhenti atau sedang dalam keadaan ramai selap selip akan sangat kesulitan sekali untuk mempertahankan diri.

#6. Jangan Sambil mendengarkan Musik atau bunyian lain di teliga / mengenakan earphone
Maksudnya disini kamu jangan menyetir sambil mengenakan earphone karena mendengar music atau bunyian lain dari elektronik, karena ini akan menghilangkan konsentrasi kamu saat menyetir disampng itu juga akan menghalangi kamu dari mendengar suara klakson kendaraan lain yang mungkin ingin menyelip kamu daribelakang.

#7. Tetap memperhatikan keadaan lampu letting
Ini juga penting sekali saat ingin pindah posisi dijalanan, baik mau membelok atau ingin kepinggir, menyelip untuk menyalakan lampu letting agar orang yang dibelakang tahu kalau kamu ingin kepinggir atau ingin belok. Karena jika tidak kamu akan kena salah paham dan bisa jadi kena tabrak kendaraan lain.

#8. Klakson dan Kaca spion
Kedua perlengkapan sepeda motor ini terpasang tentu saja ada fungsinya, jadi gunakanlah klakson ketika ingin menyelip atau ada orang lain di depan anda yang tidak tahu ketika anda berada dibelakangnya dengan begitu dia akan paham kalau kamu ingin lewat. Begitu juga dengan spion, sangat bermanfaat sekali untuk mengintip secara sekilas keadaan dibelakang dan bermanfaat sekali ketika kamu ingin kepinggir atau ada orang yang ingin menyelip, intinya kedua itu ada fungsinya yang sangat berperan bagi keselamatan kamu saat mengendarai sepeda motor.

Itulah 8 hal yang perlu kamu perhatikan saat mengendarai sepeda motor, saya tahu kamu sudah sangat paham, namun tidak ada salahnya mengingatkan kembali karena penyakit manusia itu sukanya lupa.

6 Tips Agar Sepeda Motor Matic Hemat Bahan Bakar