Jangan Ragu Untuk Mendonorkan Darah Anda

1972

Yuk Belajar Mendonorkan Darah Kita

Donor darah
Jangan ragu untuk mendonorkan darah anda – Source : Google Image

Mendonorkan darah bagi sebagian orang itu menyeramkan karena darah kita harus dikeluarkan, tahukah anda kalau donor darah justru akan memberikan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan anda. Donor darah adalah prosedur pemberian atau pendonasian darah secara sukarela untuk maksud dan tujuan tranfusi darah kepada seseorang yang membutuhkan.

Tidak semua orang bisa melakukan donor darah karena ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum anda mendonorkan darah anda. Tetapi saat persayaratan itu terpenuhi maka jangan ragu untuk mendonorkan darah anda.

Tidak hanya bermanfat untuk orang lain, donor darah juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Berikut adalah manfaat dari donor darah:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, donor darah dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada seseorang hingga 88% dan mengurangi risiko penyakit jantung-pembuluh darah hingga 33%.

2. Membakar Kalori
Menurut yang dilansir oleh University of California, San Diego diperoleh data bahwa dengan mendononorkan darah secara teratur, kita juga dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori setiap kalinya.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus melakukannya secara berlebihan karena kekurangan darah justru berbahaya bagi kesehatan. Donor darah yang dianjurkan adalah secepat – cepatnya adalah 3 bulan sekali. jadi, dalam satu tahun anda hanya diperbolehkan mendonorkan darah 4 kali saja.

3. Mengurangi risiko kanker
Dengan menonorkan darah itu akan membuat zat besi yang terlalu banyak dalam tubuh anda bisa dikeluarkan. Kandungan zat besi yang berlebihan akan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh yang selanjutnya berdampak pada kerusakan sel dan perubahan metabolisme yang dijumpai pada penderita kanker. Meskipun demikian, teori ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut.

4. Menolong sesama
Banyak sekali kasus kematian terjadi karena seseorang kekurangan darah. Satu liter darah yang anda keluarkan dari dalam tubuh anda bisa menyelamatkan satu nyawa yang sedang membutuhkna darah yang golongan darahnya sama dengan anda. Bukankah ini sangat membahagikan bagi anda, ketika satu nyawa bisa anda selamatkan.

5. Mendapatkan tes kesehatan gratis
Saat anda mendonorkan darah, tidak dengan mudah anda langsung bisa mendonorkan darah karena kondisi darah kita harus sehat dan tidak mengandung sumber penyakit yang justru akan membahaykan orang lain. Jadi, kalau anda lolos donor darah berarti itu adalah bukti kalau anda sehat. Kalau tidak sedang donor darah untuk melakukan tes kesehatan anda pasti harus merogoh kocek cukup dalam.

Other Article :

Penyebab Penyakit Maag Serta Cara Mengatasinya