Bolehkah Ibu Hamil mandi Malam

Ibu Hamil Mandi Malam
Bolehkah Ibu Hamil mandi Malam

Ibu Hamil mandi Malam Hari – Saat masih dalam masa kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami kegerahan pada malam hari menjelang waktu tidur. Sehingga seringkali tidak sedikit yang memutuskan untuk melakukan mandi malam hari karena merasa kepanasan. Apakah ada dampaknya ibu hamil mandi malam hari?…

Berdasarkan Jawaban dokter spesialis kebidanan dan kandungan RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, sampai saat ini belum ada publikasi ataupun jurnal mengenai bahayanya mandi malam untuk ibu hamil. Logikanya, tidak ada masalah sampai jam berapapun jika ingin melakukan kegiatan mandi pada malam harinya untuk ibu hamil

Namun, jika memang ingin mandi malam yang terpenting untuk diperhatikan adalah dengan memperhatikan suhu air yang nyaman bagi ibu hamil untuk digunakan mandi. Suhu air bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh ibu hamil dan suhu ruangan disekitar kamar tidur atau rumah masing – masing.

Suhu air yang baik sebaiknya yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tidak ada ketentuan di suhu berapa,” tutur pemilik akun Twitter @drharinugroho ini kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Rabu (29/7/2015).

Mengenai boleh tidaknya dana pa dampak dari mandi malam bagi ibu hamil, dr Hari menambahkan bahwa kenyamanan air untuk mandi bagi ibu hamil mungkin berubah sesuai suhu sekitarnya, apabila suhu sekitar dingin maka suhu air bisa dibuat hangat. Sebaliknya, jika cuaca sedang panas maka suhu air bisa dibuat dingin. “Tergantung ibu hamilnya nyaman di suhu berapa,” tuturnya.

Baca : 5 Tips Memilih Susu Untuk Ibu Hamil

Memang banyak sekali mitos dan pendapat muncul sebelumnya mengenai bahaya ketika melakukan mandi malam bagi ibu hamil, seperti dapat menimbulkan resiko terkena penyakit rematik, flu tulang dll. namun, pendapat miring tersebut menurut Dr dr Andhika Rachman, SpPD dari RS Cipto Mangkusumo, mandi malam hari atau lewat dari pukul 6 sore bagi ibu Hamil dapat menimbulkan penyakit dan tidak baik bagi kesehatan ibu hamil Hanyalah Motos belaka. Beliau juga mengatakan bahwa mandi malam boleh di lakukan kapan saja mau.

Mungkin kenapa diidentikkan dengan flu tulang karena maksudnya kan kalau malam itu udaranya sudah jadi dingin ya. Kalau mandi bisa jadi menggigil dan dinginnya menusuk tulang jadi kenapa banyak yang bilang seperti kena flu tulang,” tutur dr Andhika.

Jadi, kesimpulannya ialah Mandi Malam Bagi ibu Hamil tidaklah mengapa dan tidak menjadi sebeb penyakit bagi pelakunya.