Kabupaten Ini Bakal Saingi Bogor, Punya Kebun Raya Sendiri

1646

Kebun Raya Kabupaten Kuningan

Kebun raya, Kabupaten kuningan – Pada 1 September 2015, saya berkesempatan datang ke Kabupaten Kuningan, salah satu kabupaten paling timur di Jawa Barat. Kabupaten ini, berbatasan dengan Cirebon, Majalengka, Ciamis, Cilacap dan Brebes. Kedatangan saya ke Kuningan, untuk meliput kegiatan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, yang akan menghadiri sidang paripurna DPRD Kabupaten Kuningan dalam rangka perayaan hari jadi kabupaten tersebut yang ke 517.

Dalam sidang paripurna itu, Bupati Kuningan, Utje Ch Suganda, memberikan pidatonya. Dalam pidatonya, ibu bupati bertekad menjadikan Kabupaten Kuningan yang dipimpinnya jadi kabupaten konservasi. Salah satu wujudnya, adalah membangun kebun raya di Kuningan.

Salah wujud dari program pemerintah Kabupaten Kuningan adalah miliki kebun raya Kuningan. Ini akan jadi ikon Kuningan sebagai kabupaten konservasi,” kata Ibu Utje.

Mendengar Kuningan akan punya kebun raya sendiri, saya pun ikut senang. Ya, Kuningan adalah Kabupaten asal saya. Di Desa Citenjo, Kecamatan Cibingbin yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kuningan, saya dilahirkan. Jadi Kuningan bisa dikatakan kampung halaman saya. Bila punya kebun raya sendiri, artinya Kuningan sejajar dengan Kota Bogor, yang terkenal dengan kebun rayanya.

Ibu Utje melanjutkan pidatonya. Kuningan kata Ibu Utje, sangat memenuhi syarat untuk jadi kabupaten konservasi, karena daerahnya memang memiliki bentang alam yang indah. Dari sisi budaya pun sangat kaya. Pun kulinernya. Sebab itu yang ia kembangkan, adalah eko wisata. Ini jadi salah satu potensi unggulan Kuningan, selain pertanian.

Nah, kebun raya itu nanti fungsinya sebagai konservasi edukasi,” kata dia.

Di acara yang sama, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mendukung tekad kabupaten Kuningan yang ingin jadi kabupaten konservasi. Tapi ia mengingatkan, kabupaten Kuningan tak melupakan pentingnya konektivitas antar daerah. Karena yang ia ketahui, beberapa daerah sekitar Kuningan, tergantung kepada potensi yang dimiliki Kabupaten Kuningan. Misalnya air bersih.

Jakarta misalnya kalau ingin tekan banjir atau macet ya harus kerja sama dengan Bogor dan daerah sekitarnya. Kuningan juga begitu. Misalnya soal air bersih, kabupaten ini kan dikenal sebagai kabupaten konservasi. Air bersih Cirebon, Majalengka tergantung Kuningan,” kata dia.

Menurut Menteri Tjahjo, konektivitas antar daerah sangat penting. Karena satu daerah tak bisa tumbuh hanya atas dengan kemampuan sendiri. Tapi antar daerah wajib membangun konektivitas.

Itu bentuk pembangunan yang bergotong royong,”ujarnya.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Di Jepang Paling Populer