Kamera Mirrorless Murah dengan Fitur Terbaik

Apabila kita jeli dalam memperhatikan dan mengikuti perkembangan dunia fotografi akan ada kemajuan yang dihasilkan dari teknologi yang digunakan. Kita dulu mengenal kamera DSLR yang dapat diganti-ganti lensanya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Sekarang ada terobosan baru yakni kamera mirrorless.

Mendengar katanya saja sudah terlintas dalam benak bahwa kamera mirrorless merupakan kamera yang diciptakan tanpa cermin. Ketika kita berpikir ulang kembali apakah kamera mirrorless ini yang dimaksud adalah kamera yang ada di kamera pocket dan kamera dari berbagai jenis dan merek handphone? Bisa dibilang kamera digital pocket serta handphone memang bisa dikategorikan didalam kamera mirrorless. Namun yang dimaksud kamera mirrorless bukan itu.

Sebenarnya dalam perjalanan waktu, kamera mirrorless ini merupakan penyederhanaan dari kamera DSLR. Cara kerja kamera ini berbeda sekali dengan kamera mirrorless. Dalam kamera DSLR sebelum gambar masuk ke viewfinder melalui prisma akan melewati sebuah cermin untuk memantulkan cahaya dan gambar obyek bidikan. Nah, dalam kamera mirrorless cermin tersebut dihilangkan. Cara kerja kamera menjadi sederhana dan simple untuk dipakai.

Ketika kita bisa membedakan jenis-jenis kamera termasuk antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless pastinya selanjutnya akan melihat mengenai fitur unggulan yang ada di kamera mirrorless. Dengan bentuknya yang ringan kamera mirrorless dapat dibawa kemanapun serta ringan dan praktis dalam pemakaiannya.

Mengenai harga, kamera mirrorless dipasaran tergolong murah. Banyak saat ini brand-brand terkemuka menciptakan produk kamera mirrorless, seperti Nikon, Canon, Fujifilm dan lain sebagainya. Baca: kamera mirrorless murah

Keunggulan Yang Ditawarkan Kamera Mirrorless

Berbagai fitur unggulan disajikan dalam pembuatan kamera mirrorless ini. Dari desain yang dikemas sedemikian rupa sampai format yang dipakai. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kamera mirrorless

  • Bentuk dan Desain

Kamera mirrorless memiliki bentuk yang lebih kecil dan ringan dalam pembawaannya jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Desain yang elegan membuat kamera mirrorless ini mendapatkan point tersendiri dari para pencinta fotografi ataupun para pemula yang akan belajar fotografi.

Sangat baik untuk dipakai pemula karena terdapat format APS Camera yang juga baik dalam hal gambar yang dihasilkan walaupun tidak seistimewa format full frame. Dalam perjalanannya ada juga kamera mirrorless yang memakai format full frame.

  • Autofocus

Kecepatan bidik dan hasil yang tajam membuat kamera mirrorless lebih disukai oleh para fotografer untuk mengabadikan setiap moment dan obyek yang diinginkan. Ada beberapa kamera mirrorless yang kini dilengkapi degan teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF)  yang mempunyai 425 titik fokus.

Salah satu contoh kamera mirrorless dengan fitur PDAF dimana fokus bidiknya tercepat di dunia adalah Sony Mirrorless Digital Camera Alpha A6300.

  • Ketajaman dan Akurasi

Kamera mirrorless menggunakan sensor CMOS. Hal ini dapat digunakan untuk mengurangi noise pada obyek yang kurang cahaya. Ketajaman hasil gambar sangat diharapkan ketika membidik sebuah obyek.

Tidak seperti jenis kamera digital lainnya seperti kamera pocket, dalam hal ketajaman gambar yang dihasilkan jauh lebih baik dan patut mendapatkan apresiasi. Namun jika dibandingkan dengan kamera DSLR, ketajaman dan akurasi yang dihasilkan oleh kamera mirrorless berada dibawahnya.

  • Wifi

Fitur tambahan yang hampir semua kamera mirrorless ada adalah keberadaan wifi. Dengan fitur ini dapat memindahkan file data berupa gambar ke smartphone. Keberadaan wifi ini sangat membantu dalam proses selanjutnya.

Adanya fitur USB memudahkan file yang ada dipindahkan ke komputer. Hal ini bisa digunakan jika gambar yang dihasilkan perlu editing sesuai dengan keinginan.

Diatas merupakan sebagian keunggulan yang dimiliki oleh kamera mirrorless. Pada perkembangannya ada beberapa produk kamera mirrorless yang ditingkatkan mengenai fitur-fitur lainnya. Setelah kita membahas sekias beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kamera mirrorless, ada baiknya juga mengetahui kendala yang ada pada kamera mirrorless. Hal ini dimaksudkan agar dalam membeli dan memakainya dapat mengetahui karakteristik kamera mirrorless tersebut.

Kadang kala ketika terlalu aktif dalam kegiatan fotografi, kita tidak memperhatikan daya baterai yang digunakan. Baterai kamera mirrorless tidaklah sama dengan yang digunakan pada kamera DSLR. Ukuran yang kecil memungkinkan baterai akan cepat habis dan boros dalam pemakaiannya. Hal ini dikarenakan kekuatan baterai yang dipakai terlalu sering dalam menopang fitur dalam pemakaiannya.

Walaupun masalah daya baterai sering menjadi sebuah kendala dalam pemakaian kamera mirrorless, hal ini tidak perlu terlalu dirisauka. Mengapa? Karena ketika kita mengerti karakteristik kamera mirrorless yang rata-rata mampu memotret sekitar 100 foto setiap harinya baterai  dapat segera diisi kembali. Ada baiknya untuk mengatasi kendala tersebut harus menyediakan baterai cadangan jika obyek yang akan dibidik melebihi dari kapasitas penggunaannya.

Mengenai sistem fokus tidak menjadi soal walaupun dalam penggunaannya sering kali terlalu lambat. Hal tersebut hanya terbatas pada beberapa tipe kamera mirrorless. Dalam perkembangannya kini kamera mirrorless telah ditingkatkan dalam pergorma auto focus, sehingga bidikannya ditingkatkan dan diakui dunia menjadi kamera mirrorless tercepat. Kamera mirrorless dengan fitur focus tercepat dimiliki oleh kamera mirrorless seri A 6000.

Dua Produk Unggulan Kamera Mirrorless Murah

Ada beberapa merek dan tipe kamera mirrorless dengan harga yang terbilang murah dan terjangkau didalam mendapatkannya. Walaupun tergolong murah, namun kualitas produk kamera mirrorless ini tidak jauh ketinggalan didalam dunia fotografi dan dapat disejajarkan dengan kamera DSLR.

  • Nikon 1 J5 Mirrorless Digital Camera Kit1

Adanya format PDAF yang dimiliki oleh Nikon 1 J5 ini  kualitasnya dapat disetarakan dengan kamera DSLR. Dengan format PDAF kamera mirrorless satu ini mempunyai tingkat fokusnya lebih cepat. Keunggulan terbaik lainnya adalah mampu menghasilkan foto berkualitas walaupun kurang dalam pencahayaannya. Harga dipasaran sekitar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah), cukup murah dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

  • Sony Mirrorless Ditigal Camera Alpha A5100

Dengan harga murah sekitar Rp. 8.500.000,- (delapan juta lima ratus ribu) kita dapat mendapatkan kamera mirrorless tipe A5100. Kamera mirrorless ini dilengkapi dengan APS-C yang mampu menangkap gambar sesuai dengan kenyataannya. Gambar yang dihasilkannya pun lebih berkualitas dengan format full HD

Diatas merupakan dua produk kamera mirrorless yang notabene murah dan dapat dijangkau dengan kualitas yang baik. Dalam kesehariannya kamera mirrorless yang dimiliki haruslah dirawat agar tidak cepat rusak dan awet dalam pemakaiannya. Dengan memperhatikan petunjuk pemakaian dan perawatan, kamera mirrorless akan selalu performa dan siap dipakai tanpa hambatan. Intinya, selalu cek keadaan lensa dan komponen-komponen lainnya.

Baca Juga: Tips Aman dan Nyaman Membawa DSLR Saat Traveling

Selain dua produk kamera mirrorless diatas, masih banyak kamera mirrorless yang kualitasnya hampir sama dan dapat disejajarkan dengan kamera DSLR, tetapi harga yang ditawarkan sangatlah menguras kantong. Dengan budget dibawah sepuluh juta, Anda bisa memiliki kamera mirrorless tersebut dengan kualitas yang jauh lebih bagus dan dapat diadu dengan kamera digital lainnya. Kamera mirrorless dapat dipakai oleh pemula dalam belajar fotografi.