Beranda Kata Kumpulan Kata Bijak Bob Sadino Sebagai Motivasi Meraih Sukses

Kumpulan Kata Bijak Bob Sadino Sebagai Motivasi Meraih Sukses

Kata Bijak Bob Sadino

Kata Bijak Bob Sadino – Dalam hal apapun, meraih sebuah kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan. Setiap orang harus menaiki ratusan anak tangga agar bisa berada di puncak. Di dalam perjalanannya pun tidak semudah yang dibayangkan. Jatuh bangun itu pasti, sampai putus asa, hilang semangat, motivasi runtuh dan ingin pergi sejauh mungkin agar bisa memulai kehidupan. Semua hal itu wajar dan sering terjadi, sedih boleh saja asal jangan berlarut-larut. Saat anda kehilangan semangat hidup, mungkin kata motivasi dari para tokoh dunia seperti kata bijak Bob Sadino bisa membangkitkan kembali rasa percaya diri dan semangat dalam jiwa anda.

Loading...

Kita semua pasti sudah mendengar siapa Bob Sadino itu. Beliau merupakan seseorang yang berpengaruh di Indonesia dan telah sukses di dalam menjalankan bisnisnya. Di balik kesuksesan almarhum Bob Sadino pastinya ada kerja keras dan jerih payah tanpa henti yang selalu dilakukan dalam waktu yang tidak sebentar.

Kumpulan Kata Bijak Bob Sadino

Sebenarnya Bob Sadino hanyalah orang yang sederhana dan mempunyai semangat serta kemauan tinggi. Sampai akhirnya beliau dapat menjadi seorang pebisnis yang sukses. Semasa hidupnya, beliau banyak menjadi inspirasi bagi orang lain. Baik mereka yang telah menjadi pebisnis atau orang-orang yang masih baru belajar dunia bisnis.

Kata bijak Bob Sadino memang yang dijadikan oleh para pengusaha sebagai pedoman mereka. Bob Sadino memang dikenal sebagai motivator yang memberikan semangat untuk orang lain melalui kata-kata bijaknya. Agar mereka bisa meraih kesuksesan dalam hidup seperti yang ia alami.

Selama hidupnya, Bob Sadino sudah sering mengisi berbagai macam seminar bagi pengusaha. Di dalam acara tersebut, Bob Sadino mengeluarkan berbagai macam kata bijak untuk menjadi seorang yang sukses. Gaya serta kata bijak Bob Sadino nyatanya dapat menginspirasi seseorang agar bisa tetap maju ketika menjalankan sebuah bisnis. Bila anda merupakan seseorang yang sudah masuk atau baru ingin terjun ke dunia bisnis, anda bisa simak beberapa kata bijak dari Bob Sadino yang bisa memotivasi anda untuk meraih kesuksesan seperti beliau.

1. Pengalaman dan Pengetahuan

“Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.”– Bob Sadino.

Dari kata bijak tersebut, bisa kita ambil kesimpulan bahwa saat mempunyai sebuah keahlian yang pantas untuk dibagikan kepada orang lain. Maka sebaiknya bagikan ilmu itu kepada banyak orang. Sebab akan sangat disayangkan bila nantinya ilmu bermanfaat yang anda miliki itu hanya mati dan terkubur bersama dengan tubuh anda. Jadi, sebesar apapun ilmu yang anda miliki sudah tidak ada gunanya lagi saat anda mati bila ilmu itu tidak dibagikan kepada orang lain.

2. Melangkahlah!

“Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH”-Bob Sadino

Mulai sekarang anda harus memutuskan untuk segera berhenti menjadi seseorang yang hanya bisa berangan-angan dan membuat rentetan rencana. Segeralah melangkah hari ini juga. Langkah terkecil yang bisa anda tempuh untuk menjalankan ide terburuk sekalipun menjadi sebuah kemajuan. Dibandingkan saat anda hanya duduk membayangkan rencana pilihan yang nyatanya tidak pernah anda laksanakan.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang bisanya cuma menyampaikan teori saja. Memikirkan berbagai rencana namun belum mau melangkah. Akhirnya mereka hanya bisa berencana dan tidak bergerak maju, bahkan rencana mereka juga tidak akan pernah terwujud.

3. Kata Bijak Bob Sadino Tentang Modal

“Bisnis itu hanya modal dengkul, bahkan jika Anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain.”-Bob Sadino

Hal yang bisa kita ambil dari kata bijak Bob Sadino di atas adalah untuk memulai sebuah bisnis tidak harus dengan menggunakan modal yang besar. Modal kecil sekalipun dapat anda karyakan agar bisa menghasilkan keuntungan besar. Selama anda tidak mudah menyerah dan mau bekerja keras.

Sekalipun modal yang anda miliki hanya sedikit, anda juga tetap bisa mendapatkannya dari sumber dana lain. Anda bisa meminjam modal dari berbagai sumber dengan catatan anda bisa bertanggung jawab untuk mengembalikan modal pinjaman tersebut nantinya dengan tepat waktu.

4. Semakin Banyak Mencari Ilmu

“Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya.”-Bob Sadino

Saat seseorang merasa dirinya bodoh, justru dia akan membuka dirinya untuk belajar sebanyak mungkin. Oleh sebab itu, akan ada banyak ilmu yang bisa dia dapatkan dari proses belajarnya itu. Namun orang-orang yang sudah merasa dirinya pandai dan angkuh, biasanya tidak ingin membuka diri dan belajar berbagai hal baru. Dengan begitu, pengetahuan yang dimiliki tentu hanya terbatas sampai apa yang dia ketahui saja.

5. Kata Bijak Bob Sadino Tentang Sedikit Bicara

“Yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga SOK PUNYA.”– Bob Sadino

Di sekitar kita, sering kali kita melihat sebagian orang yang menginginkan tampil atau terlihat mewah. Padahal nyatanya mereka itu tidak mempunyai harta seperti apa yang mereka perlihatkan. Sebaiknya berperilaku dan berpenampilanlah seperti kemampuan yang anda miliki saja, jangan memaksakan. Sebab tidak akan ada untungnya bagi anda bila berpura-pura menjadi orang kaya. Karena nanti pada akhirnya orang-orang juga akan tahu seperti apa kenyataannya.

6. Kata Bijak Bob Sadino Tentang Orang Goblok

“Orang goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar.”-Bob Sadino

Siapapun orangnya dapat menjalankan bisnis, bahkan orang yang tidak memiliki pendidikan tinggi sekalipun dapat menjadi seorang pebisnis yang sukses. Oleh sebab itu, seperti kata bijak Bob Sadino diatas yang meminta kita untuk berhenti meremehkan seseorang. Anda tidak akan pernah tahu seperti apa potensi terbaik yang ada di dalam diri setiap orang. Bisa jadi orang yang sudah merasa sombong karena mempunyai pendidikan tinggi, justru suatu saat nanti hanya bisa bekerja di perusahaan seseorang yang yang dianggap sebagai orang bodoh.

7. Kata Bijak Bob Sadino Tentang Harapan

“Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.”-Bob Sadino

Seharusnya harapan bisa membuat anda menjadi lebih bersemangat, termotivasi dan memiliki pemikiran yang positif. Namun kadang manusia sering lupa bahwa pengharapan itu tidak selalu bisa menjadi kenyataan. Akhirnya mereka hanya banyak berharap saja.

Bila anda terlalu banyak berharap, bisa jadi nantinya anda tidak akan siap saat sewaktu-waktu harapan yang anda impikan itu tidak bisa menjadi kenyataan atau tidak tercapai. Namun bukan berarti anda tidak boleh untuk berharap mendapatkan sesuatu. Jangan sampai harapan tersebut akhirnya menjadi bumerang yang bisa menjatuhkan anda di dalam tahap yang tidak seharusnya.

8. Kata Bijak Bob Sadino Tentang Bos dan Karyawan

“Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apapun usaha Anda, Anda adalah BOSnya.”-Bob Sadino

Kata bijak Bob Sadino tersebut mengarahkan kita untuk selalu membekali diri dengan keberanian saat ingin memulai sebuah bisnis. Sebab, sebagai seseorang yang ingin memulai bisnis artinya anda harus selalu berani mengambil keputusan meskipun risiko yang diambil tersebut cukup tinggi. Meskipun bisnis yang sedang anda jalankan saat ini kecil, itu akan lebih berarti bila dibandingkan dengan pegawai yang hanya bekerja di dalam zona dimana mereka merasa nyaman.

Anda jangan sekali-kali meremehkan bisnis walaupun bisnis yang dijalankan itu tampak sederhana. Sebab pemilik bisnis tersebut tetap saja adalah bos, bukan karyawan. Berbeda dengan seseorang yang bekerja di bawah pimpinan. Walaupun pekerjaan tersebut bagi mereka nyaman dan gaji yang didapatkan besar, tapi mereka tetap saja karyawan yang selalu diperintah oleh bos.

9. Bersemangat Saat Rugi, Bersyukur Saat Beruntung

“Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”-Bob Sadino

Saat sudah merasa senang, kadang orang lupa dengan rasa syukur kepada Tuhan. Sebenarnya rasa syukur menjadi kunci untuk terus berkembang di dalam menjalankan bisnis atau pekerjaan apapun. Jangan lupa anda cari cara supaya bisa terus bersyukur dalam semua hal, baik itu hal yang baik maupun hal buruk yang anda terima.

Saat anda memiliki rasa syukur yang tinggi, hal buruk sekalipun bisa membuat anda akan semakin bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bukannya menggerutu dan berdiam diri merenungi nasib.

10. Kosongkan Gelas Lebih Dulu

“Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.”-Bob Sadino

Dalam hal ini yang dimaksud mengosongkan gelas bukanlah gelas minuman yang sebenarnya. Tetapi maksud dari kata bijak Bob Sadino tersebut adalah pengetahuan anda. Tentunya setiap orang bisa saja punya pemikiran berbeda dengan anda. Kadang pemikiran lain itu bisa menambah pengetahuan atau akan memberitahu anda seperti apa pemikiran yang salah, jadi tidak anda gunakan.

Oleh sebab itu, setiap anda baru bertemu dengan seseorang sebaiknya bukalah diri anda dengan apa yang mereka pikirkan. Dengan demikian, anda bisa memperoleh banyak manfaat dan berbagai hal positif untuk kebaikan diri anda sendiri.

11. Utamakan Diri Sendiri Dulu

“Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.”-Bob Sadino

Sebelum anda mengeluh dan mencela pada seseorang karena kinerjanya yang terlihat kurang baik, pastikan bahwa diri anda sendiri memiliki performa yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan orang yang ada celah tersebut.

Sebagai seseorang yang menjalankan bisnis, pastinya wajib menjadi contoh atau teladan yang baik untuk karyawan. Jangan sampai anda memberi contoh yang buruk pada orang lain, tetapi selalu mengharapkan mereka dapat memberikan hasil kinerja yang terbaik. Mencela kinerja orang lain saat melakukan hal yang salah dan tidak memiliki panutan arahan yang tepat. Itu bukanlah hal baik yang anda lakukan, dan harus segera dihilangkan.

Hal yang harus dipahami adalah ekor hewan saja pasti akan selalu mengikuti kepalanya. Jadi sebaiknya sebelum anda meminta karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka secara benar, sebagai atasan atau kepalanya anda hendaknya menjalankan tugas sebagai seorang atasan dengan baik.

12. Anda Kerja atau Dikerjain?

“Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa. Kerja Apa Dikerjain?”-Bob Sadino

Ada banyak orang yang menjalankan kesehariannya layaknya seperti mesin yang terus-menerus bekerja. Tetapi kadang mereka lupa bahwa dirinya adalah manusia yang memiliki jiwa dan rasa. Apakah anda masih terus ingin menjadi mesin yang tidak punya jiwa dan juga perasaan? Bukankah sekarang saatnya untuk membuat perubahan?

13. Keberhasilan diantara Kegagalan

“ Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. ” – Bob Sadino

Faktanya untuk mencapai keberhasilan itu tidaklah mudah. Paling tidak ada banyak kegagalan yang mungkin akan dilalui sebelum anda berhasil mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis. Supaya anda tetap berada pada jalur untuk bisa mencapai kesuksesan, jadikanlah kegagalan tersebut sebagai pelajaran atau batu pijakan. Agar anda bisa melangkah lebih maju lagi, sehingga kesuksesan dalam bisnis bisa anda raih.

14. Ilmu itu Ada Dimana-mana

“ Ilmu memang berserak di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada di dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan, seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga…”  – Bob Sadino

Ilmu yang dimaksud dalam kata bijak Bob Sadino tersebut adalah ilmu lapangan yang dapat diperoleh dari berbagai macam kegiatan ketika anda melakukan usaha. Dibandingkan dengan ilmu yang diberikan di kampus yang kebanyakan adalah ilmu teoritis. Menurut Bob Sadino, bahwa ilmu yang diperoleh di lapangan akan lebih luas cakupannya.

Misalnya di dalam sebuah teori bisnis, lokasi adalah faktor penting dimana anda bisa memperoleh pelanggan. Tetapi anda juga dapat langsung terjun untuk melihat lokasi dan mengamati seperti apa kondisi orang yang lalu-lalang di sekitar tempat bisnis yang anda pilih nantinya.

Ketika anda mengamati orang lewat, bisa saja akan muncul ide di otak anda sebaiknya anda membuka bisnis seperti jualan kopi yang dapat dilakukan dengan layanan delivery. Sebab ternyata orang yang lewat di tempat anda adalah orang-orang kantoran atau mereka yang sering singgah di warung kopi. Dengan begitu, anda dapat menyediakan kopi yang lebih bervariasi dan rasanya lebih nikmat.

15. Melangkah Terus Menuju Kesuksesan

“Cukup satu langkah awal. Ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Berjumpa api saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah.” – Bob Sadino

Saat ingin memperoleh apa yang dicita-citakan, tidak akan pernah ada jalan yang mulus bagi anda. Tentu ada saja masalah atau hambatan yang akan ditemui. Masalah dapat datang dari diri sendiri karena kurang termotivasi atau datang dari luar diri anda. Seperti tidak adanya tempat usaha, modal, kurang pengalaman, pengetahuan dan masalah lainnya.

Lakukan langkah menuju kesuksesan anda step by step. Bila ada halangan saat anda melangkah, maka jangan segera berbalik arah. Atasi masalah tersebut dengan cara mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya dan belajarlah dari yang sudah pernah berhasil melewati masalah yang sama dengan yang anda alami.  Masih banyak masalah yang akan anda temui di depan. Tetaplah sabar, jangan kaget, fokus dan teruslah berusaha hingga kesuksesan bisa anda raih.

16. Jangan Remehkan Kata Fokus dalam Bisnis

“Orang ‘pintar’ sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang ‘goblok’ tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.” – Bob Sadino

Punya beberapa bisnis atau sumber penghasilan tampaknya bagus dan kesannya lebih aman saat bisnis yang lain tidak jalan. Tapi pada prakteknya hal ini tentu sulit dilakukan. Saat anda tidak fokus pada satu bisnis, maka anda bisa lebih banyak mengeluarkan biaya dan juga waktu hasil yang dicapai dalam bisnis pun jadi tidak maksimal.

Berbagai macam kata bijak Bob Sadino mengajarkan banyak sekali hal bermanfaat bagi anda yang ingin meraih kesuksesan. Mengajarkan kita untuk selalu menghargai hal kecil yang ada di sekeliling kita. Jangan pernah meremehkan seseorang atau hal yang terlihat kecil. Karena suatu saat sesuatu yang kecil bisa berkembang menjadi kesuksesan besar sebab didukung oleh kemauan dan usaha yang keras.