Hidup Terasa Lebih Berat? Kata Bijak Lucu Ini Bisa Membantumu!

Kata Bijak Lucu

Kata Bijak Lucu – Kehidupan seseorang berputar layaknya roda sebuah kendaraan. Terkadang berada di atas dan tak jarang berada di bagian bawah. Beberapa orang mungkin bisa menghadapi ketika hidupnya sedang berada di bawah. Namun tidak semua yang bisa seperti itu. Kata bijak lucu bisa jadi salah satu alternatif hiburan yang tidak hanya membuat seseorang tersenyum kembali, tetapi juga dapat memberikan pesan yang cukup mendalam.

Pesan-pesan dalam kata bijak tersebut kerap kali secara implisit. Jadi Anda mungkin tidak akan terlalu memahaminya jika belum membaca penjabarannya. Meski tentu tidak langsung membuat Anda merasa bahagia, setidaknya membaca kata-kata bijak lucu ini bisa memberikan stimulus pada otak Anda untuk mengusahakan dirinya bahagia. Karena sejatinya bahagia memang harus diusahakan, bukan? Lantas apa saja kata bijak lucu itu? Berikut adalah contoh dan penjelasannya.

Kata Bijak Lucu Tentang Kehidupan

Kata Bija Lucu Tentang Kehidupan

1. Kata Bijak Lucu Untuk Balasan

“Jika ada seseorang yang meledekmu jelek, santai saja. Bilang padanya kalau kamu bukan cermin”

Kalimat di atas bisa menjadi contoh bagi kita semua yang sering dikatai jelek oleh orang lain. Kita tahu bahwa dunia diisi oleh banyak orang yang tidak akan sama satu dengan yang lainnya, pun pada tabiat. Ada banyak orang-orang menyebalkan di dunia ini yang hidup. Kita mungkin kadang menjadi satu di antaranya.

Tetapi apabila Anda sedang merasa jadi korban misalnya, Anda bisa mengatakan kalimat tersebut pada mereka yag mengejek Anda. Katakan dengan lantang bahwa Anda bukanlah cerminnya, yang mana itu berarti jika mereka sedang mengejek Anda, mereka sedang mengejek dirinya sendiri. Ya meski sebenarnya tidak etis juga mengatakan orang jelek. Karena cantik atau ganteng itu benar-benar relatif. Tapi sesekali mereka juga harus diberi pelajaran berharga, bukan?

2. Kata Bijak Lucu Tentang Hidup Adalah Tontonan

“Hidup ini seperti sebuah acara televisi yang sangat panjang tanpa remote control”

Kalimat di atas bisa menjadi gambaran sederhana tentang bagaimana hidup selama ini bekerja. Pernahkah Anda merasa bahwa Anda terallu terburu-buru dalam melakukan banyak hal, seperti bangun pagi, mandi, sarapan, berangkat bekerja, bekerja, makan siang, pulang, tidur, dan mengulang rutinitas yang sama tiap harinya tanpa berhenti (hanya di hari-hari tertentu).

Rutinitas semacam itu sama persis dengan siaran televisi yang berlanjut terus menerus tanpa henti jika tidak dimatikan. Dahulu ada orang yang mengatakan bahwa hidup ini sebenarnya hanyalah sebuah tontonan, dinikmati oleh beberapa orang dan dibenci oleh sebagian orang lainnya. Seperti acara televisi yang Anda saksikan di televisi, hidup yang Anda jalani sekarang tidak akan bisa di pause, atau dihentikan. Menghentikan hidup berarti mati. Bukan begitu?

3. Kata Bijak Lucu Tentang Bahagia

“Hanya karena dia selalu tersenyum belum tentu dia benar-benar bahagia. Susu yang tumpah pun warnanya tetap putih”

Gambaran dari kalimat di atas mungkin sering ditemukan di beberapa kesempatan, atau bahkan kita sendiri pernah menjadi “dia” dalam kalimat tersebut. Betapa tersenyum dan bahagia yang kita atau orang lain tunjukkan tidak selalu menjadi pertanda bahwa mereka sedang sebenar-benarnya bahagia. Menjadi sedikit peka mungkin bisa dilakukan di sini.

4. Pusing Tiada Henti

“Kamu jangan terlalu pusing bagaimana cara kita cari uang. Pikirkan juga bagaimana cara menghabiskannya”

Kalimat di atas bisa dimaknai bahwa setelah bersusah payah melakukan apa saja demi bisa mendapatkan uang, yang harus kita pikirkan selanjutnya juga adalah bagaimana cara menggunakan uang tersebut dengan cara yang tepat. Karena kata orang uang seperti air yang mengalir dan akan habis begitu saja tanpa disadari. Menjadi bahagia dengan uang hasi jerih payah tidak pernah salah.

5. Kata Bijak Lucu Tentang Bekerja Keras

“Saya bekerja keras karena sadar kalau saya tidak punya babi dan saya tidak suka jaga lilin”

Sebenarnya kumpulan kata bijak lucu di atas adalah sebuah sentilan dari orang-orang yang hidupnya tidak terlalu mudah dijalani. Orang-orang yang harus mengusahakan apapun jika menginginkan sesuatu. Orang-orang semacam itu biasanya tidak memiliki orang tua yang memanjakan mereka dengan apapun yang mereka inginkan. Mereka tahu bahwa untuk mendapatkan apapun tidak bisa dengan cara instan seperti “mengepet”.

6. Lakukan Ini Pada Hidup

“Hidup terlalu singkat jika hanya dihabiskan dengan umpatan. Maka tertawakan saja”

Kalimat di atas  dapat dimaknai bahwa karena hidup benar-benar tidak bisa diprediksi, dan bahwa sering kali hidup membawa kita pada sesuatu yang sangat menyebalkan, maka menertawakannya adalah hal yang mau tidak mau harus kita pilih. Sebab dengan mengumpatnya tentu kita hanya menghabiskan energi saja.

7. Untuk Semua Pekerja

“Jangan terlalu keras bekerja. Hari baik akan segera datang. Hari itu disebut Sabtu dan Minggu”

Kalimat di atas menjadi semacam pengingat bagi mereka yang rutin bekerja dari Senin hingga Jum’at, kecuali di tanggal merah tentunya. Bahwa mereka harus semangat dan bahwa hari yang baik akan datang, yaitu weekend.

8. Memikirkan Cara Lain

“Saat hidup menutup pintumu, tinggal buka saja. Karena cara kerja pintu memang seperti itu”

Kalimat di atas dapat dimaknai bahwa kita sebagai manusia dewasa mungkin terlalu sering memikirkan hal-hal yang rumit dalam memecahkan masalah. Sampai hal sederhana sudah tidak bisa lagi kita lihat, meski ia berada di depan mata. Padahal seperti kalimat di atas, cara menyelesaikannya amat mudah, hanya melihatnya saja yang susah.

Kata Bjak Lucu Tentang Percintaan

1. Kata Bijak Lucu Tentang Jodoh Dan Doa

“Ya Tuhan, jika dia bukan jodohku, tolong hapuskan kata bukan dari hidup ini”

Kalimat di atas merupakan lelucon bagi orang-orang yang sedang jatuh cinta. Saking jatuh cintanya mereka meminta Tuhan secara tidak langsung menjodohkan mereka dengan orang yang mereka cintai tersebut. Sayangnya, karena tidak selamanya yang kita inginkan bisa didapatkan, maka ikhlas adalah jalan terbaik. Tentu setelah berdo’a agar kata “bukan” dihapuskan saja di dunia ini.

2. Kata Bijak Lucu Tentang Cintaku Seperti Utang

“Cintaku ke kamu tuh kayak utang, awalnya kecil, didiemin tau-tau gede sendiri”

Kalimat di atas terdengar seperti gombalan mungkin. Bagi beberapa orang itu sangat menjijikkan. Sebagian lainnya akan tersipu malu jika diberitahu seperti itu. Bahwa cinta yang diam-diam disimpan bisa-bisanya tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Hm, apakah Anda mau mencobanya mengatakan itu pada kekasih Anda?

3. Google Tidak Sehebat Itu

“Google itu hebat ya bisa jawab semua pertanyaan kita. Tapi sayang, sehebat-hebatnya Google tidak pernah bisa menemukan jodoh kita”

Google adalah mesin pencari termutakhir yang abad ini. Semua bisa ditanyakan pada Google. Google tahu semuanya tentang kita, tetapi kita yang tidak tahu banyak hal tentang Google. Google membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan sekolah. Google membantu kita menemukan materi presentasi kuliah. Sayangnya Google tidak bisa mengindentifikasi di mana jodoh kita berada.

4. Kata Bijak Lucu Tentang Rindu

“Jangan rindu ya. Berat. Kamu ngga akan kuat. Biar aku saja yang merindukamu. Ya, sekalipun bertambah berat badanku”

Kalimat di atas terdengar seperti sebuah gombalan juga. Bagaimana tidak, rindu diidentikkan dengan berat badan. Ya mungkin karena rindu bagi sebagian orang, membuat mereka menjadi lebih rakus makan dan tidur. Sesuatu yang tentu jika dilakukan secara terus menerus akan membuat berat badan meningkat.

5. Kata Bijak Lucu Tentang Sabar

“Jika sabar adalah barang yang diperjualbelikan, maka penantianku akan kehadiranmu di sini sudah membuatku menjadi gelandangan”

Kalimat di atas cukup sesuai bagi orang-orang yang merindukan kehadiran orang yang mereka cintai. Anda bisa bayangkan jika sabar menjadi komoditas dan untuk membelinya Anda harus mengeluarkan sekian banyak uang. Jika uang Anda habis, Anda rela menjual apapun yang Anda miliki agar mendapatkan uang dan membeli sabar lebih banyak lagi hanya untuk menunggu seseorang.

6. Sebaiknya Dihindari Saat Masih Berteman

“Yang diacak-acak rambut, yang berantakan hati”

Kalimat di atas, meski tidak pernah dikatakan, adalah apa yang mereka rasakan saat Anda mengacak-ngacak rambutnya. Apalagi jika masih berstatus sebagai teman atau sahabat dengan lawan jenis. Pada pria yang mengacak-ngacak rambut perempuan, perempuan biasanya akan merasa keintiman di antara mereka sedang terjalin.

Sedangkan pada pria, mereka bahkan bisa beranggapan jika mengacak-ngacak rambut adalah pertanda bahwa perempuan itu mencintai sang pria. Makanya, yang diacak-acak rambut, akhirnya yang berantakan hatinya karena sudah terlanjur jatuh cinta duluan.

7. Melepasmu

“Melepasmu itu butuh keikhlasan. Makanya to lose terdengar tulus”

Kalimat di atas cocok menjadi mantra bagi mereka yang sedang bersedih karena patah hati. Bukan patah hati karena cinta bertepuk sebelah tangan. Lebih dari itu, patah hati yang paling menyakitkan adalah ketika harus berpisah dengan seseorang yang cintai karena terhalang oleh sesuatu yang tidak bisa lagi diubah, contohnya kepercayaan.

Makanya, to lose atau yang dalam bahasa inggris to dimaknai sebagai hingga atau kepada yang berada sebagai penghubung di antara dua kata kerja, ketika dikatakan oleh seseorang yang sedang patah hati terdengar seperti tulus. Bahwa mereka tulus mencintai meski mereka harus to lose dengan melepaskan seseorang yang sangat berarti bagi mereka.

8. Kamu Seumpama Musik

“Kalau kamu adalah musik, kamu tidak akan hanya kudengarkan, tapi juga kupikirkan”

Kalimat di atas bisa diucapkan pada orang yang Anda sayangi. Bahwa seandainya mereka menjadi musik dengan segala not dan nadanya yang indah, maka mereka tidak akan hanya berakhir di telinga sebagai sesuatu yang didengarkan layaknya musik sebagaimana mestinya. Tetapi akan berakhir di dalam kepala sebagai sesuatu yang dipikirkan. Musik yang kita sukai biasanya akan mengendap untuk terus dikenang.

9. Kamu Sinonim Es Batu

“Sepertinya kamu bukan manusia, tapi es balok. Karena dengan melihatmu saja bawaannya adem”

Kalimat gombalan di atas bisa Anda lontarkan saat sedang melihat pasangan Anda kesal dengan perilaku Anda. Kalimat tersebut mungkin bisa membuatnya tersenyum geli atau jijik sendiri dengan apa yang Anda katakan. Namun itu tentu tidak menjadi masalah jika setelah itu mood pasangan Anda menjadi baik lagi, bukan?

10. Bintangku Dimatamu

“Meskipun sore tadi hujan, tapi aku masih bisa menyaksikan bintang malam ini. Saat kita bertemu dan aku melihat matamu”

Kalimat di atas tepat sekali Anda utarakan kepada orang yang Anda cintai, apalagi saat Anda bertemu dengannya di malam hari, setelah seharian hujan deras. Dia mungkin akan tersipu bahagia mendengarkan kalimat tersebut. Meski begitu secara tidak langsung Anda juga memberitahunya bahwa tidak masalah apakah ada bintang atau tidak di malam hari. Toh bintang dari matanya yang sedang tersenyum sudah cukup menerangi malam Anda.

Kata Bijak dari Tokoh

Jatuh Cinta Pada Dunia (Soe Hok Gie)

Kata Bijak Lucu Soe Hok Gie

“Dunia ini adalah dunia yang aneh. Dunia yang hijau tapi lucu. Dunia yang kotor tapi indah. Mungkin karena itulah saya telah jatuh cinta dengan kehidupan”

Kalimat tersebut dilontarkan oleh Soe Hok Gie, seorang anak muda yang sampai saat ini dikenal sebagai seorang aktivis pergerakan di tahun 1942 hingga 1969. Kisah hidupnya banyak dijadikan buku dan film, bahkan kumpulan surat-suratnya dibukukan oleh seseorang untuk disebarkan kepada seluruh masyarakat.

Mungkin kalimat tersebut tidak terdengar lucu bagi Anda. Tapi setidaknya kalimat tersebut bisa menjadi motivasi yang berarti. Bahwa kehidupan layaknya pasangan. Kita kadang menyukainya jika ia berjalan sesuai dengan apa yang kita mau. Tetapi kita kadang membencinya jika ia tidak melakukan apa yang kita katakan. Soe Hok Gie ingin memberitahu kita, belajar mencintai kehidupan sesulit belajar mencintai seseorang yang aneh, indah, kotor, dan juga lucu.

Hidup Memang Selucu Itu (Indo Warkop)

Indro Warkop

“Jujur saja, walaupun tidak selalu, memang kadang-kadang saya menganggap hidup dan kehidupan ini lucu. Misalnya, kadang kita tahu betul bahwa tindakan atau perilaku kita salah, bahkan semua orang tahu, tapi masih saja kita berkilah”

Kalimat tersebut dilontarkan oleh Indro Warkop, seorang lelaki yang namanya melejit bersama teman-temannya yang tergabung dalam Warkop. Bagi Anda yang lahir di tahun 90-an Anda mungkin tidak asing lagi dengan Warkop. Sebab sewaktu itu tontonan di hari libur biasanya menyuguhkan film-film lucu dari Warkop. Setelah semua personelnya meninggal, Indro menghabiskan hidupnya dengan menjadi juri salah satu acara komedi dan menjadi aktor di beberapa film Indonesia.

Melalui kalimat sederhananya tentang hidup, Indro mengingatkan kita tentang sifat dasar manusia yang senang sekali mencari pembenaran atas apa yang dilakukannya. Hal tersebut cukup manusiawi mengingat kita semua, manusia yang dibekali otak dan kemampuan berpikir lebih ini, memiliki ego masing-masing. Tetapi tentu tidak di semua hal kita harus seperti itu. Pada beberapa bagian, mengalah dan mengakui kesalahan mungkin menjadi jalan yang baik.

Tragisnya Persoalan Cinta (Raditya Dika)

Raditya Dika

“Lucu ya bagaimana semua putus cinta yang menyedihkan juga diawali oleh jatuh cinta yang menyenangkan”

Kalimat tersebut dilontarkan oleh Raditya Dika, seorang komedian yang menulis buku, serta menjadi pemeran dan sutradara dari film-film komedi yang dibuatnya sendiri. Nama Raditya Dika melejit saat dirinya suka membawakan berbagai candaan soal cinta di depan umum, yang belakangan dikenal sebagai Stand Up Comedy. Di mana orang-orang berdiri di atas panggung, dengan mic di tangan dan membuat penontonnya tertawa dengan apa saja yang diceritakannya di panggung.

Melalui kalimatnya tentang percintaan, Radit menyentil siapa saja yang berani masuk ke dalam pusaran asmara bersama orang lain. Bagaimana dirinya melihat bahwa hari ini ada satu siklus yang sama dalam dunia percintaan. Berawal dari dua orang yang tidak saling kenal akhirnya dekat dan sampai pada tahap pacaran.

Setelah pacaran mereka pun berpisah karena banyak sebab dan kembali menjadi orang asing satu sama lain. Radit merasa benar-benar lucu melihat bagaimana hubungan kedua orang yang telah berpisah dan berakhir dengan kesedihan, semuanya diawali oleh jatuh cinta yang membahagiakan.

Jadi itulah tadi kata bijak lucu tentang kehidupan, cinta, dan dari orang-orang yang berpengaruh. Tidak hanya selesai sebagai bahan bacaan dan tertawaan saja, Anda pun dapat mengambil banyak pelajaran dari kata-kata tersebut. Semoga hari yang Anda jalani menjadi indah kembali setelah memaknainya. Semangat!