Kata – Kata Bijak Politik Terbaik

Kata Bijak Politik

Kata Bijak Politik – Meskipun politik sering kali diartikan dengan buruk, namun ternyata masih banyak tokoh-tokoh politik yang bisa membuat kata bijak politik, contohnya seperti Najwa Shihab. Meskipun bukan tokoh politik secara langsung, namun Mbak Nana (sapaan akrab dari Najwa Shihab) aktif dalam topik-topik politik yang berkembang hingga saat ini.

Loading...

Dalam dunia politik, masyarakat seringkali menganggap bahwa politik itu kotor, jelek atau hanya mementingkan diri sendiri sehingga tidak sedikit tokoh politik yang memberikan pendapatnya dengan ungkapan kata-kata bijak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui kumpulan kata bijak politik dari berbagai tokoh politik terkenal hingga penulis Anonim, simaklah uraian berikut ini.

Kata – Kata Bijak Politik

Kata Bijak Politik Tentang Anak muda

“Banyak anak muda yang hancur karena korupsi, mereka lupa visi dan hanyut dalam nikmat duniawi. Bagaimana akan bersikap anti-korupsi juga sejak muda hanya sibuk dengan urusan sendiri” – Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah satu dari beberapa tokoh politik yang masih aktif menyuarakan pendapat dalam bidang politik itu sendiri. Karakternya yang tegas, lugas dan sigap dalam menyampaikan suatu perkara atau pendapat membuatnya banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kata Bijak Debat Kebijakan

“Berbicara politik untuk debat kebijakan, bukan kasak-kusuk elit berebut kekuasaan” – Najwa Shihab

Masih dengan tokoh yang sama. Sering kali elit memperdebatkan sebuah urusan politik dengan tujuan perebutan kekuasaan. Salah satu sikap politisi ini yang sering kali dikritisi oleh masyarakat. Dibalik tokoh politik yang memperebutkan kekuasaan ini, tentu saja masih ada tokoh-tokoh politik yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat.

Kebijakan yang bisa mengubah kehidupan

“Bagi rakyat, politik bukan sekedar urusan koalisi atau oposisi, tetapi mengenai bagaimana kebijakan politik tersebut dapat mengubah kehidupan sehari-hari” – Najwa Shihab

Berita mengenai tokoh politik atau partai politik tertentu melakukan koalisi maupun oposisi terhadap partai politik lainnya masih sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebenarnya masyarakat hanya menginginkan kebijakan public yang dapat mengubah mereka dalam kesehariannya menjadi lebih baik.

Show politik

Kata Bijak Pemilu

“Berlalu sudah show politik bermainkan citra, karena rakyat sudah terlatih memisahkan dusta dari kata” – Najwa Shihab

Meskipun para tokoh politik sering kali bermain citra di hadapan public, namun sepertinya masyarakat saat ini sudah memahami bagaimana cara memisahkan kata-kata pencitraan dengan kata-kata yang jujur.

Menjadi manusia

“kehidupan ini sangat luas dan tidak memerlukan kita untuk menjadi penyair atau kiai, melainkan membutuhkan manusia dengan kualitas yang memiliki kenikmatan, keindahan dan kesungguhannya dalam ber-Tuhan, perjuangan politik, peradaban dan kejernihan hati nurani” – Emha Ainun Najib

Menjadi manusia tidak sekedar memenuhi kebutuhan pokok seperti sandang pangan dan papan. Manusia juga harus memiliki kualitas kemanusiaan, keindahan dan lain-lain. Untuk hidup selayaknya manusia yang memiliki hati nurani, Anda harus mencerminkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Makna kebersihan

“Kebersihan itu luas maknanya, kebersihan ruang dan lingkungan hanyalah salah satunya, hal lainnya adalah kebersihan jiwa manusia itu sendiri, seperti kebersihan dalam pergaulan antar manusia, baik pergaulan sosial, pergaulan ekonomi, pergaulan politik maupun pergaulan hukum” – Emha Ainun Najib

Kebersihan tidak hanya sekedar berarti untuk lingkungan, tetapi juga berlaku untuk kehidupan bermasyarakat yang mencakup ekonomi, politik, sosial dan lain-lain.

Kegunaan agama

“Agama diajarkan kepada manusia bukan tanpa tujuan, melainkan agar manusia memiliki pengetahuan dan kesanggupan menata hidup, menata diri dan alam, menata sejarah, menata kebudayaan dan menata politik” – Emha Ainun Najib

Agama bukan sekedar sebagai pegangan manusia dalam hal ber-Tuhan, melainkan juga untuk memberi pengetahuan dan kemampuan untuk menata diri beserta alam sekitar. Manusia yang beragama dan memahami agama itu sendiri sudah selayaknya dapat menerapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Bijak Manifestasi politik

“Politik diciptakan dan dimanifestasikan berdasarkan filosofi dan tujuan guna membangun dan menyediakan kesejahteraan bagi manusia. Tapi yang terjadi justru sama sekali kebalikannya” – Emha Ainun Najib

Pada awalnya dibuat politik adalah sebagai sarana untuk menyediakan keamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat, namun saat ini banyak terjadi ketidaknyamanan bagi masyarakat dengan adanya berbagai hukum yang cenderung tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Kata Bijak Politik Tentang Jabatan

“Di dunia ini tidak ada jabatan yang perlu dipertahankan mati-matian” – KH. Abdurrahman Wahid

Tokoh yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, selain merupakan mantan Presiden RI ke-4, Gus Dur (sapaan akrab) juga merupakan tokoh politik yang banyak dikagumi oleh rakyat Indonesia karena pemikiran dan pengaruh-pengaruh baiknya terhadap republic ini.

Masih ada yang lebih penting dari politik

Kemanusiaan Di atas Kepentingan Politik

“Yang lebih penting daripada politik saat ini adalah kemanusiaan” – KH. Abdurrahman Wahid

Meskipun politik sangat penting dalam unsur negara, namun Gusdur beranggapan bahwa kemanusiaan lebih penting dari politik itu sendiri. Mengingat saat ini kondisi politik sangat mudah diakses oleh masyarakat dengan bantuan teknologi sehingga menimbulkan banyak sekali pro maupun kontra dalam rakyat itu sendiri.

Kata Bijak Tentang Konfrontasi Politik

“Ini dadaku, mana dadamu? Jika Malaysia ingin konfrontasi ekonomi, kita lawan dengan konfrontasi ekonomi. Jika Malaysia ingin konfrontasi dengan politik, kita lawan dengan konfrontasi politik. Jika Malaysia ingin konfrontasi dengan militer, maka kita juga akan konfrontasi dengan politik” – Ir. Soekarno

Sambil memegang dadanya yang terdapat lambang Garuda disana, Ir. Soekarno memaparkan gerakannya terhadap konfrontasi yang dilakukan oleh Malaysia. Bapak Negara ini sering kali membuat rakyat Indonesia terbakar semangatnya hingga akhirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini.

Kata Bijak Politik Tentang Kekuasaan

“Jadikanlah deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang presiden pun memiliki batasan, karena kekuasaan yang langgeng adalah rakyat dan diatas segalanya yaitu kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa” – Ir. Soekarno

Dalam akhir masa jabatannya, presiden pertama NKRI ini menyampaikan bahwa segala kekuasaan pemimpin akan berakhir pada waktunya. Kekuasaan yang abadi adalah kekuasaan rakyat itu sendiri dan di atas dari segala kekuasaan yaitu kekuasaan Tuhan YME.

Perjuanganmu dan perjuanganku

“Perjuanganku lebih mudah karena aku melawan bangsa asing, sedangkan perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri” – Ir. Soekarno

Kata bijak politik yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Kutipan kalimat Ir. Soekarno yang masih melegenda hingga saat ini masih sering kali digunakan pada berbagai kegiatan. Kutipan ini diambil ketika beliau masih menjadi presiden NKRI saat itu.

Dilarang menyebarkan berita bohong

“Menyebarkan berita bohong itu dapat menyebabkan perpecahan pada bangsa. Jadi hati-hati ya! Baik motifnya ekonomi maupun politik tetap tidak boleh seperti itu” – Joko Widodo

Tidak ketinggalan, presiden Joko Widodo yang masih menjabat saat ini juga memberikan kata bijak politik. Isu berita bohong saat ini masih menjadi masalah besar. Tidak hanya menyebabkan kesalahan informasi, berita bohong juga dianggap dapat menyebabkan perpecahan pada bangsa menurut beliau.

Ekonomi dan politik

“Jika capital asing terus merajalela di Indonesia, seperti sebelum tahun 1942, maka politik imperialisme pula yang akan merajalela di Indonesia kemudian hari” – Tan Malaka

Sebagaimana yang disebutkan oleh tokoh politik Tan Malaka, bahwasanya ketika kapitalisme asing merajalela di Indonesia maka akan memunculkan politik imperialisme yang berkuasa pula.

Pentingnya pendidikan politik

Memilih Pemimpin

“Tujuan kami melakukan pendidikan politik agar menyadarkan masyarakat ketika memilih (pemimpin yang bersih, transparan dan bertanggung jawab) bukan sekedar karena diberi kaos dan uang” – Basuki Tjahaja Purnama

Tokoh politik kontroversial ini tidak kelewat memberikan berbagai kata bijak politik selama ia menjabat, salah satunya adalah kutipan diatas. Beliau dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan tercermin dari bagaimana ia membuat sebuah statement mengenai pergerakannya dalam pendidikan politik untuk masyarakat.

Tidak boleh dengan kekerasan

“Perjuangan politik haruslah dalam koridor konstitusi. Tidak boleh ada kekerasan di dalamnya” – Prabowo Subianto

Sebagaimana beliau dikenal sebagai mantan panglima dalam pasukan khusus NKRI, beliau juga masih dikenal sebagai tokoh politik dengan sifat tegas, lugas dan disiplin. Cerminan sifatnya itu tercermin dalam kata bijak politik diatas.

Obat kehancuran negara

“Obat pertama yang dapat menyembuhkan kehancuran sebuah negara adalah inflasi mata uang dan kemudian perang. Kedua hal ini akan memberikan kesejahteraan sementara dan kehancuran selamanya. Tapi kedua hal ini juga yang melindungi sebuah negara dari oportunis politik dan ekonomi” – Ernest Hemingway

Beliau merupakan penulis dan peraih penghargaan Nobel sastra tahun 1954 yang berasal dari Amerika. Tidak hanya dikenal sebagai penulis, Ernest Hemingway juga dikenal sebagai seseorang yang cukup kritis terhadap berbagai isu yang ada.

Pendidikan politik harus memiliki jaminan

“Pendidikan politik rakyat hanya akan berhasil jika berada dalam sistem demokratis dan adanya jaminan atas HAM” – Munir

Nama Munir tentu sudah tidak asing dan bahkan masih sering kali disebut hingga saat ini. Sebagaimana diketahui, Munir merupakan salah satu tokoh yang sangat kritis terhadap pemerintahan pada saat itu dan sering kali bersuara sangat lantang sehingga banyak rakyat yang memihak kepadanya. Namun akhir kisah Munir sangat tragis dan belum diketahui pasti keberadaan maupun alasannya ia menghilang hingga saat ini.

Perumpamaan pohon

“Saya tidak ingin menjadi pohon Bambu, saya ingin menjadi pohon Oak yang berani menentang angina” – Soe Hok Gie

Soe Hok Gie yang juga dikenal lantang dalam menyuarakan pendapat melalui berbagai karya tulisnya yang salah satu kata bijak politik yang dikutip diatas. Perannya dalam dunia politik Indonesia tidak dapat dibilang mudah, mengingat pada saat itu etnis Tionghoa mengalami berbagai kecaman dari rakyat Indonesia namun ia masih tetap menyuarakan keadilan.

Menjadi manusia

“Kaya tanpa harta, menantang tanpa orang lain, berani tanpa gagang dan menang tanpa membunuh” – Ir. Soekarno

Kata bijak politik yang satu ini memberi pesan bahwa untuk menjadi manusia yang bermartabat tidak harus kaya karena harta, tidak harus berani menantang terhadap ide-ide yang ada dan juga tidak harus mampu menang karena membunuh sesamanya.

Antara politik dan kriminal

“Barangkali saja aka nada orang-orang yang mengingat tulisanku ini. Akan ada permainan politik oleh orang-orang kriminal, begitu pula sebaliknya, aka nada permainan kriminal oleh orang-orang politik” – Pramoedya Ananta Toer

Kutipan ini masih sangat populer hingga saat ini, khususnya bagi orang-orang yang mengagumi dan membaca karya-karya tulisnya. Sebagaimana yang terjadi saat ini, kata bijak politik yang ditulis oleh beliau bisa dikaitkan dengan kondisi politik saat ini.

Keberuntungan pemimpin

“Beruntunglah para penguasa jika rakyatnya tidak dapat berpikir” – Hitler

Kutipan kontroversial dari tokoh politik yang juga sangat kontroversial dan masih diperbincangkan hingga saat ini mencerminkan karakter kepemimpinan pada masanya. Hitler dikenal sebagai pemimpin yang berdarah dingin. Selain karena kebijakan-kebijakannya, juga karena gerakannya membasmi kaum Yahudi saat itu.

Seburuk-buruknya politisi

“Seburuk-buruknya politisi adalah yang memiliki citra sangat baik di depan kamera dan memiliki kelakuan yang sangat busuk di belakangnya” – Anonim

Ungkapan kata bijak politik yang satu ini sangat tajam mengarah pada pemimpin maupun tokoh-tokoh politik. Tidak hanya pada saat menjelang pilpres dan pemilihan pejabat negara lainnya, seringkali para politisi juga melakukan pencitraan di depan kamera ataupun depan rakyat yang membuat beberapa orang terganggu, salah satunya penulis diatas.

Kata Bijak Politik Tentang Peruntukan Kebijakan

Kebijakan Pemimpin

“Kebijakan dibuat untuk kepentingan rakyat. Namun sering kali kepentingan pembuat kebijakan itu yang mencekik rakyat” – Anonim

Kutipan di atas juga menyuarakan kegelisahan rakyat dengan adanya berbagai peraturan atau kebijakan dari pemerintah. Rakyat sering kali merasa keberatan dengan adanya kedua hal tersebut sehingga memunculkan kutipan seperti diatas.

Kata Bijak Politik Zaman sekarang

“Zaman sekarang ini rakyat memilih pemimpin bukan yang paling baik prestasinya, melainkan yang paling sedikit keburukannya” – Anonim

Satu lagi suara sindiran dari rakyat yang merasa saat ini para politikus terutama yang ingin menjabat memiliki keburukan yang cukup banyak sehingga rakyat harus pandai-pandai memilih calon pemimpin dengan keburukan yang paling sedikit.

Sebelum dan sesudah

“Saat kampanye bagi-bagi sembako, saat terpilih bagi-bagi jabatan” –Anonim

Kata bijak diatas bisa dikatakan cukup sesuai dengan kondisi politik saat ini. Saat masa kampanye, para calon pemimpin tersebut membagikan berbagai bantuan pada rakyat, kemudian mereka yang terpilih akan membagi-bagikan kursi jabatan di pemerintahan.

Kata Bijak Topeng Politik

“Kau tidak akan mengetahui wajah politikus, karena mereka selalu menggunakan topeng kemana-mana” – Anonim

Tidak kalah tajam, kata bijak diatas mengungkapkan kekecewaan dan pendapatnya terhadap kondisi para politikus saat ini. Dinilai hanya melakukan pencitraan pada rakyat, politikus juga dinilai tidak selalu mementingkan urusan rakyat.

Kata Bijak Politik Diam-diam

“Kalau menunjukkan pencapaian saja diliput besar besaran, sedangkan ketika menaikkan harga BBM malah diam-diam” – Anonim

Kata bijak politik ini juga sangat sesuai dengan beberapa kasus yang belakangan ini terjadi di Indonesia. Pada beberapa kasus politik didistribusikan dengan merata, sedangkan pada permasalahan kenaikan BBM tidak dilakukan pendistribusian informasi yang sama.

Menjadi pemimpin besar

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin yang besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator” – Tjokroaminoto

Kata bijak yang satu ini dapat dijadikan sebagai para pemimpin di masa depan. Menulis seperti wartawan dimaksudkan karena wartawan dikenal sebagai pihak yang objektif ketika melihat dan menanggapi berbagai isu. Dan berbicaralah seperti orator yang bersifat tegas, lugas dan berani.

Politik itu mahal

“Politik itu mahal, bahkan untuk kalah saja kita harus mengeluarkan biaya yang mahal” – Will Rogers

Aktor dan humoris yang berasal dari Amerika Serikat ini mengungkapkan pendapatnya mengenai kondisi politik dengan cukup tajam. Pada setiap pemilihan pemerintahan, para politikus harus mengeluarkan biaya yang tidak murah meskipun pada akhirnya ia harus menanggung kekalahan.

Itulah beberapa kutipan kata bijak politik yang bisa memberikan Anda mengenai kondisi politik saat ini. Dan bagi Anda calon pemimpin maupun politikus di masa depan, Anda bisa mempelajari kondisi politik yang terjadi dari dulu hingga saat ini melalui berbagai ungkapan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.