6 Keahlian Marketing Yang Harus Dikuasai Para Marketer Di Era Modern

2042
Keahlian Marketing Yang Harus Dikuasai Para Marketer Di Era Modern
Keahlian Marketing Yang Harus Dikuasai Para Marketer Di Era Modern – Ilustrasi Image

Keahlian Marketing Online – Berperan sebagai seorang marketer tidak bisa selalu menggunakan cara lama untuk bisa terus melakukan closing sebanyak mungkin, terlebih di era modern seperti sekarang dan akan datang. Berbagai kecanggihan teknologi menuntut para marketer online untuk terus menerus belajar membaca perkembangan pasar di internet serta bisa memahami perilaku konsumen di dunia online.

Seperti telah kita ketahui bersama perilaku konsumen di dunia online setiap tahun selalu ada perubahan dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Setiap ada media baru yang muncul juga akan di barengi dengan munculnya berbagai aplikasi editor yang membuat para penikmat menjadi terbiasa dan sangat menikmatinya sehingga media yang telah lama menjadi ketinggalan kecuali ada peruabahan fitur yang menyesuaikan perkembangan teknologi terbaru.

Baca: Pengertian Marketing Mix

Marketer online dalam menjalankan misi marketing online juga perlu mengikuti perkembangan teknologi, artinya paling tidak bisa menggunakan dan mengenali ada apa di dalam teknologi tersebut yang bisa menjadi penunjang kelancaran dalam melakukan strategi pemasaran online agar bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat konten marketing yang mampu menarik banyak konsumen sehingga ada kesempatan menjual lebih banyak.

Di Era Modern ini paling tidak sebagai marketer Online ada beberapa keahlian yang harus dikuasai agar mampu menjangkau banyak konsumen di dunia online, apa saja? Berikut ulasannya satu persatu keahlian marketing yang perlu dikuasai:

1. Keahlian Mengolah Video Marketing

Maketer online harus bisa mengolah, mengedit maupun membuat video pemasaran yang mampu memukau para user platform video seperti youtube dan televise agar tertarik menonton dan akhirnya membawa mereka menuju tempat penjualan produk yang anda tawarkan.

Perkembangan video advertising saat ini sangat pesat sekali, bahkan berbagai media social semua berlomba-lomba menambahkan fitur agar user bisa membagikan video menarik disana, karena angka peminat video yang dibagikan sangat banyak dan responnya jauh lebih cepat daripada konten lainnya, begitu pun apabila anda ingin beriklan di media televise diperlukan membuat video yang menarik meskipun hanya dalam beberapa detik saja agar mampu menembus otak bawah sadar penonton dan terus mereka ingat bahkan akan menjadi dialog keseharian mereka.

Mempelajari teknik membuat konten video pemasaran yang tidak secara langsung terlihat menawarkan produk menjadi keahlian yang perlu dikuasai marketer online agar bisa bersaing dengan marketer lainnya.

2. Keahlian Menulis Konten / Artikel Pemasaran Viral

Konten atau pun artikel viral merupakan senjata marketing online yang sangat powerfull sekali untuk medapatkan banyak konsumen maupun dalam memperkenalkan bisnis online kita, dengan menulis artikel viral yang mampu menarik pembaca mau membagikan artikel kita bisa membuatnya dikenal seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Baca: Pengertian Viral Marketing Dan Contohnya

Betapa hebatnya artikel pemasaran yang mampu menjadi konten viral, Namun anda juga perlu berhati-hati dalam hal membuat konten viral, karena salah sedikit atau menyinggung juga akan mematikan langkah hanya dalam beberpa detik saja. Namun yang pasti sebagai marketer online perlu menguasai teknik membuat artikel berkualitas dan mampu menjadi viral di media social agar bisa meringankan beban promosi alias bisa promosi gratis dengan bantuan user yang tertarik membagikan tulisan anda.

3. Menguasai Strategi E-Mail Marketing

Strategi pemasaran dengan e-mail marketing sebenarnya sudah sejak lama dibahas para pakar marketing, namun sebagai marketer online anda harus selalu peduli dan memperhatikan betapa kekuatan e-mail marketing sangat bagus sekali untuk melakukan pemasaran secara online.

Marketer online harus tahu cara pemasaran lewat email seperti bagaimana membuat news letter yang menarik dan tidak membosankan, melakukan prospek lewat email yang tidak membuat penerima merasa terganggu dan tahu cara beriklan via email promostion.

Untuk menjalankan strategi e-mail marketing anda harus memiliki banyak data base email konsumen, itulah mengapa begitu penting untuk selalu menyimpan data base kontak email maupun kontak ponsel pelanggan karena suatu saat anda bisa dengan mudah melakukan follow up kembali kepada mereka jika ada produk terbaru dan melakukan penawaran kembali.

Baca Juga: Istilah Istilah Dalam Dunia Marketing Dan Contohnya

Orang bijak mengatakan, “Money In The List” uang ada dalam data pelanggan yang anda punya. Misalkan suatu saat anda pindah toko, ganti situs dan lainnya akan lebih mudah memberitahukan kepada mereka dimana toko baru anda tersebut, bahkan saat toko terjadi musibah seperti kebakaran maka yang bisa menyelamatkan anda agar tetap memiliki pelanggan tetap adalah dengan memiliki database mereka.

4. Keahlian Cara pemasaran di Media Social

Marketer online mau tidak mau harus mengerti cara melakukan pemasaran di media social terutama social media popular dinegara tempat anda berada, kalau di Indonesia facebook,twitter,intagram dan telegram,WhatsApp dan Line serta youtube merupakan hal yang sangat akrab sekali dengan masyarakat, mungkin bisa dibilang hal pertama kali dilihat saat bangun tidur ketika mengecek Ponsel Pintar mereka.

Pelajari bagaimana cara posting yang benar, menggunakan gambar berkualitas, isi promosi yang bikin gatal pembaca untuk mengklik, Mengerti Jadwal yang tepat untuk promosi di social media agar ada yang lihat dan membaca.

5. Keahlian mengelola Blog Website Jualan

Saat ini website ataupun blog sudah menjadi sara marketing yang sangat membantu sekali untuk para marketer, karena dengan website kita bisa memberikan penjelasan banyak hal tentang produk yang kita tawarkan, dengan adanya website yang mewakili anda dalam menjelaskan detail produk bisa membuat anda bekerja lebih ringan karena tidak perlu setiap ada pelanggan harus dijelaskan panjang lebar dan cukup diarahkan ke website dan tugas anda hanya melengkapi atau memberikan pengertian yang mungkin pertanyaan lain yang belum mereka kuasai dan pahami dari penjelasan di website.

Buatlah desain website sesimple mungkin, alur transaksi yang mudah, navigasi yang mudah dan yang paling utama mampu membangun kepercayaan konsumen anda. Anda juga bisa memasang testimony pelanggan di website agar semakin membuat pelanggan baru percaya dan mau melakukan transaksi dengan anda.

6. Search Engine Marketing (Keahlian Optimasi website dengan Search Engine Optimization)

Keahlian marketing dalam menerapkan strategi search engine marketing dengan menguasai teknik SEO (Search engine Optimization) merupakan pembahasan lama yang terus bertahan dan perlu dikuasai marketer selama mesin pencari ada di internet.

Keahlian dalam optimasi website agar bisa menduduki posisi halaman pertama mesin pencari sangat membantu bisnis online atau pun misi marketing online anda agar bisa mendapatkan banyak konsumen.

Strategi Optimasi situs juga merupakan salah satu cara yang dapat menghemat dana promosi anda, karena sekali naik dan website anda tetap sehat maka akan bisa mengundang jutaan bahkan miliar orang ke website anda tanpa perlu anda keluar uang lagi setelah sekali diawal dengan berkorban waktu dan tenaga serta modal mebayar ahli SEO jika menggunakan jasa master seo.

Baca: Strategi Marketing Online Yang Efektif Dengan Konsep Profesional

Keahlian dalam optimasi search engine juga diperlukan saat anda ingin beriklan di jasa iklan seperti google adwords dan lainnya, karena anda harus tahu bagaiaman membuat iklan anda tepat sasaran dan mengetahui kata yang relevan dengan produk anda dan banyak dicari di mesin pencari agar iklan tidak sia-sia.

Untuk Bisa menguasai keahlian marketing dalam optimasi search engine saat ini anda sudah sangat dipermudah dengan adanya banyak blogger yang membahas strategi SEO yang bisa dipelajari dengan mudah dan gratis di blog mereka, jadi hanya perlu kemauan untuk terus belajar meningkatkan skill marketing search engine anda saja.

Ingat, dalam pemasaran online 80% penentu konsumen mau mengetahui dan membaca promosi kita ada pada keahlian dalam menulis judul dan gambar yang digunakan.

Baca: 4 Kata Penarik Minat Konsumen Terdahsyat Dalam Marketing

Itulah enam keahlian marketing yang perlu dikuasai oleh marketer online di era modern ini jika ingin bisa menjadi ahli dalam marketing online dan tentunya akan berimbas pada jumlah penjualan secara online dan pemasukan anda apabila salah satu dari keahlian marketing diatas bisa anda kuasai dengan baik.