Kebun Raya Kuningan Resmi Diluncurkan

1403

Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan – Buat kamu yang selama ini menunggu Peluncuran tempat wisata kebun raya kuningan , kabar baiknya ialah bahwasanya wisata kunigan tersebut telah resmi diluncurkan pada hari Rabu, 25/11/2015 lalu. Acara peluncuran kebun wisata ini dengan adanya penandatanganan prasasti oleh Ketua Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia ( LIPI ), Bapak Prof. Dr.Ir. Iskandar Zulkarnaen bersama dengan Ibu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, setelah acara penandatanganan selesai dilanjutkan dengan acara penanaman pohon dan peninjauan seluruh Area Lokasi Wisata Kebun raya Kuningan.

 
Wisata kebun raya Kuningan saat ini menjadi kebun Raya terbesar ke tiga yang ada di Indonesia. Kebun Raya Kuningan ini juga merupakan kebun wisata yang memiliki keunikan tersendiri di Indonesia karena di dalamnya terdapat tematik Bebatuan yang semakin menambah suasana indah pada kebun raya kuningan.

 
Kebun Raya Kuningan ini paling unik dari kebun raya lainnya karena memiliki tematik bebatuan, dan ini tidak ada di kebun raya lainnya di Indonesia,” terang Iskandar.

 

Kebun Raya Kuningan Jawa Barat
Pada prasasti Ketua LIPI disana ada tertulis “ Kebun Raya Kuningan Bagian dari Benteng Penyelamatan Keanekaragaman Hayati”, sedangkan dalam prasasti Bupati Kuningan tertulis “Kebun Raya Kuningan sebagai Perwujudan Kabupaten Konservasi”.

 
Menurut Ketua LIPI, proses pembangunan akan menjadi ancaman yang berat terhadap spesimen Tumbuhan hayati, untuk itu beliau menghimbau kepada seluruh pihak yang bergerak dalam proses pembangunan kebun raya ini agar terlebih dahulu melakukan penyelamatan terhadap Spesimen endemic pada wilayah tersebut sekaligus memberikan pendidikan dan penelitian serta rekreasi yang nantinya bisa memberikan dampak pada pembangkitan perekenomian Masyarakat.

 
Makna peluncuran ini menunjukan eksistensi kebun raya ini untuk mengemban lima fungsi kebun raya. Yaitu fungsi pendidikan, penelitian, rekreasi, ekonomi dan konservasi,” kata Iskandar.

 

 

Iskandar Juga mengharapkan Adanya kebun Raya tersebut sebagai bentuk dari Solusi atas persoalan Konservasi masyakat.

 
Kebun raya merupakan solusi terhadap persoalan konservasi dan persoalan pemberdayaan masyarakat kedepannya,” Ujar Iskandar pada acara Peremian peluncuran Kebun raya Kuningan.

 
Iskandar juga mengatakan bahwasanya peluncuran Kebun Raya Kuningan Ini merupakan peluncuran ketiga yang telah terjadi di Indonesia setelah di luncurkan 22 kebun Raya termasuk juga kebun raya yang terdapat di Sulawesi Selatan dan kebun raya Balikpapan Kalimantan.

 

 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda berharap dengan diluncurkannya kebun raya ini bisa memberikan Dampak yang positif bagi seluruh Masyarakat kuningan.

 
Bukan hanya dampak lokal, terhadap situasi regional pun paling tidak akan membantu pencapai 45% kawasan lindung di Jawa Barat. Sedangkan terhadap dampak nasional keberadaan koleksi pepohonan di dalamnya akan berfungsi sebagai lumbung oksigen dan penyerapan karbondioksida dalam rangka penurunan gas emsisi rumah kaca,” ujar Ibu Utje.

 
Ibu Utje juga mengatakan, Kebun Raya Kuningan ini merupakan satu – satunya yang ada di Provinsi Jawa barat, sehingga akan menjadi icon Kuningan yang menjadi kebanggaan masyakat jawa barat menyusul kebun Raya Bogor dan kebun raya Ciboadas yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia.

 
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kuningan, Bunbun Budhiyasa juga menambahkan terkait luas kebun raya Kuningan yang berada di atas lahan sekitar 154 hektare, tercatat hingga 2014 telah teregister sekitar 23.000 spesimen tanaman.

 
Sampai saat ini Pembangunan infrastrukur yang telah berjalan diantaranya proses pembangunan diantaranya ialah , jalan masuk, persemaian, bangunan kantor, rumah jaga, kemudian proses pembangunan dalam kebun raya Ini juga di perkuat oleh Pihak Kementerian Dalam Negeri yang juga aktif memperkuat aspek botanical seperti pembangunan beberapa taman tematik, penatanaan infrastruktur jalan trek, jalan pedestrian dan beberapa gasebo.

 

 

Peluncuran kebun raya ini merupakan pintu masuk bagi pengembangan Kebun Raya Kuningan kedepan, karena mewujudkan Kebun Raya Kuningan yang representatif membutuhkan waktu sangat lama bahkan lintas generasi,” kata Bunbun.

 

Buat Kamu Yang belum Tahu letak Kebun raya kuningan bahwasanya wisata kebun raya ini berada di bawahan lereng barat laut kaki Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, sekitar perbatasan wilayah Kuningan dengan Kabupaten Cirebon dan Majalengka.

 

 

Setelah Resmi Diluncurkan sebenarnya telah dibuka untuk pengunjung, seperti yang disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebun Raya Kuningan Maryoto, dengan itu juga beliau berharap kepada seluruh Timnya untuk harus selalu siap sedia melayani Pengunjung yang datang. Walaupun sudah dibuka untuk Umum, Pihaknya juga saat ini masih belum berani menentukan dan memberikan tarif masuk ke kebun Raya  kepada pengunjung.

 

Baca Juga : Makanan Khas Bandung Paling Populer