Kelebihan dan Kekuranga ZTE Blade A5

3265

Mengintip Kelebihan dan Kekuranga ZTE Blade A5

Kelebihan dan Kekuranga ZTE Blade A5
Kelebihan dan Kekuranga ZTE Blade A5 – Foto Internet Edited

ZTE mampu menggoyang pasar smartphone kelas menengah dengan produknya ZTE Blade A5 dan ZTE Blade A711. Handphone murah dengan performa kelas kakap menjadi unggulannya. Berdasarkan analisa pada laman situs Babeh.id, dalam artikel HP Android terbaik 2016 di kelas menengah. Kedua produk ZTE tersebut masuk dalam jajaran 10 besar. Apa alasannya? Namun kali ini, saya hanya membahas kelebihan dan kekurangan ZTE Blade A5

Kelebihan ZTE Blade A5

  • Desain

Dilihat dari sisi desainnya yang mengadopsi tipe candy bar dengan balutan bodi full plastik, mirip desain kebanyakan ponsel Samsung di kelas menengah bawah seperti Galaxy V, Grand, dsb, dengan lekukan halus tanpa sudut di setiap ujungnya. Hanya saja, letak tombol back berada di sebelah kiri tombol Home berbeda dengan Samsung yang berada di sebelah kanan tombol Home. Saya rasa cukup menarik dan memudahkan penggunaannya karena kebanyakan pengguna ponsel menggunakan tangan kiri.

  • Performa

Sisi performa yang membuat saya kagum. Untuk multitasking sama sekali tidak lag apalagi error. Sangat memuaskan setidaknya hingga saat ini saya masih memakainya. Dukungan RAM 2 GB pada Prosesor quad-core ARM Cortex-A7 1,2GHz Snapdragon, ROM 8 Gb sebagai media penyimpanan internal sudah sangat mumpuni untuk pemakaian wajar. Apalagi masih bisa diekspansi dengan memori eksternal hingga 32 Gb.

  • Layar

Dengan lebar layar 5 inch, dengan dukungan grafis Adreno 305 sudah mampu meningkatkan kejernihan dan kerapatan layar, meski masih kalah sedikit dengan produk Redmi Note milik Xiaomi, tetapi sudah cukup baik dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Multimedia

Kamera 13 Mp yang disematkan pada ZTE A5 di bagian belakang menjadi kelebihan tersendiri. Apalagi didukung lampu flash yang sangat terang Hasil jepretan pun lumayan bagus, jauh mengungguli kamera milik Andromax R.

Pada sisi audionya pun cukup mengesankan, apalagi disertai headset pada setiap paket penjualannya. Headsetnya pun sangat berkualitas, tidak terkesan murahan dan suara bassnya dapat memanjakan telinga penggunanya. Namun ada yang aneh, karena saya coba dengan headset merek lain, malah suaranya tidak karuan, padahal lobang jack nya cocok dan headset lain tersebut berfungsi normal di hp Lenovo.

Kekurangan ZTE Blade A5

Dengan harga yang relatif murah, tentu saja masih banyak kekurangan disegala sisi. Yang paling menonjol saya rasakan adalah batere yang sangat cepat panas. Karena dengan performa yang cepat hanya didukung daya batere sebesar 2300 mAh. Kalah jauh dibanding pesaing-pesaingnya saat ini yang menggunakan batere di atas 2500 mAH.

Kekurangan lain adalah kamera bagian depan yang hanya 2 MP sangat buruk digunakan ketika kekurangan cahaya. Artinya pada sore dan malam hari jangan harap dapat berselfie ria apalagi video call hanya dengan cahaya lampu kamar.

Selain itu, pihak ZTE tidak menyiapkan upgrade dari Android Kitkat yang dibawanya ke OS Android di atasnya. Sehingga jika kita ingin melakukan Update sistem, harus mencari dan mendownload sendiri dan diletakan pada root storage.

Kesimpulan

Dengan harga pasaran Rp. 1.200.000, saya rasa ZTE Blade bisa menjadi pilihan bagi Anda. Jika dibandingkan dengan merek lain pada kisaran harga yang sama. Performanya pun dapat diadu dengan Samsung sekalipun di kelas yang sama. Harus ada beberapa improvisasi yang harus dilakukan ZTE untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan di atas, terutama masalah sistem update. Sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan update sistem operasinya tanpa ada resiko yang fatal.

Tentang Penulis:

Julia adalah seorang ibu rumah tangga yang memilih blogging di bidang pertamanan sebagai kesibukannya. Ia berbisnis online membangun situs yang menjual bibit tanaman hias. Saat ini, ia juga membangun beberapa situs pendukung untuk bisnis utamanya tersebut. Kunjungi Website Penulis: bibitonline.com