8 Keluhan Ibu Hamil Yang Sering Terjadi Pada Masa Hamil

837

Keluhan Ibu Hamil Yang Sering Terjadi Pada Masa Hamil Muda dan Tua

Keluhan Ibu Hamil
Ilustrasi Keluhan Ibu Hamil

Keluhan Ibu hamil yang sering dirasakan sebenarnya memang sangat banyak sekali, karena pada saat hamil ada banyak sekali pemicu rasa sakit bagi dibagian tubuh maupun pada bagian perut, seperti halnya sakit pinggang saat hamil yang juga merupakan Keluhan Ibu hamil yang sangat umum terjadi.

Berbagai Keluhan Ibu hamil yang sering terasa tidaklah perlu membuat para bumil menjadi cemas atau takut jika memang sudah mengetahui diantara keluhaan saat hamil tersebut bukan termasuk dari gejala penyakit berbahaya bagi ibu hamil, itulah mengapa begitu penting sekali bagi para Ibu hamil muda untuk mengenal apa saja Keluhan Ibu hamil yang umum terjadi tersebut.

Ketahuilah Bahwasanya keluhan ibu hami tidak hanya terjadi pada ibu hamil muda saja, melainkan juga sering menyerang para Ibu hamil tua atau yang sebelumnya sudah pernah hamil dan melahirkan. keluhan saat hamil juga bisa disebabkan karena berbagai hal diantaranya karena sering terlalu lelah melakukan kegiatan seharian di masa hamil.

Berikut Ini ada beberapa keluhan ibu hamil yang umum terjadi dan terasa menyerang baik itu keluhan ibu hamil muda maupun kalangan hamil tua:

Keluhan Ibu Hami pertama: Sakit pinggang

Sakit pinggang pada ibu hamil sebelumnya sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya, Sakit pinggang saat hami adalah keluhan ibu hamil yang  bersifat umum, adakalanya juga terasa nyeri pinggung. Keluhan ibu hamil satu ini yang menjadi pemicu utamanya adalah kelelahan akibat beraktivitas dan juga posisi tubuh yang sering tak sesuai.

Baca: Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil Penyebab dan Cara Pencegahannya

Cara mengatasi Sakit pinggang pada ibu hamil jika disebebkan karena kelelahan maka kurangi aktivitas yang berat demi menjaga kesehatan diri dan calon bayi.

Keluhan Saat Hamil Kedua: Merasa Kram Pada kaki

Pada saat hamil sebaiknya bumil memperbanyak mengkonsumsi makanan mengandung kalsium, seperti ikan salmon, susu, Olahan susu dan sarden.

Baca: 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Jika Kram kaki menyerang maka cara mengatasinya ialah segera duduk dan luruskan posisi kaki yang sakit. Tekuklah ujung-ujung jari kaki yang kram tersebut, Kemudian menariknya ke arah tubuh. Kamu bisa mengulangi menarik ujung jari kaki hingga rasa kram hilang.

Penglihatan berkunang-Kungan

Jika ini terjadi maka segeralah duduk dan menselonjorkan kaki secara lurus atau berbaring ditempat tidur. Jangan memaksakan untuk berdiri dan melakukan aktivitas lagi sampai penglihatan menjadi normal dan terang, hal ini dikarenakan tekanan darah yang cenderung rendah.

Keluhan Ibu Hamil Tua : Merasa Kelelahan

Keluhan ibu hamil yang sering merasa kelelahan ini dialami pada masa kehamilan trimester terakhir, solusinya bumil cukup leih banyak beristrirahat dan jangan sering melakukan pekerjaan berat.

Keluhan saat Hamil Sering merasa Mual

Jika anda mengalami keluhan sering mual ketahuilah bahwa itu disebabkan karena meningkatnya asam lambung dalam tubuh anda, Untuk itu perhatikan diet Anda dengan menghindari makanan yang asam, pedas dan produk olahan susu walaupun itu baik dan  kurangi mengkonsumsi makanan berlebihan, kamu bisa makan secukupnya namun sering dilakukan setiap harinya.

Ibu Hamil Jadi Insomnia

Jika Pada masa hamil kamu mengalami Insomnia maka terapi pijat bumil adalah solusinya untuk mengatasi sasah tidak pada saat hamil.

Keluhan Ibu Hamil: Morning sickness

Morning Sickness  adalah Sering merasa mual dan muntah pada msa kehamilan trimester pertama dan ini merupakan keluhan ibu hamil yang cukup mengganggu. Kamu bisa mengatasinya dengan menambahkan parutan jahe pada minuman the anda.

Adanya Bengkak Pada Bgian Tubuh Tertentu

Jika kamu mengalami keluhan berupa bengkak, maka solusinya kamu mulai menjaga pola diet kamu dimasa hamil dengan mengurangi minum kopi dan teh, sarannya lebih memperbanyak minum air putih serta banyak istirahat dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala, artinya saat tiduran kamu bisa meletakan bantal dibawah kaki kamu sebagai pengganjal.

Baca: 5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Itulah delapan keluhan ibu hamil yang sering terjadi dan dirasakan oleh ibu hamil baik hamil muda maupun hamil tua, Untuk itu jika pada saat hamil kamu merasakan keluhan diatas jangan terlalu kawatir dan segera melakukan pencegahan sesuai intruksi yang telah disebutkan agar keluhan sakit yang dirasa bisa segera diatasi.

Baca: Tips Agar Toko Online Ramai Pengunjung