Kenapa Orang Lain Selalu Berkerja Lebih Baik Dari Anda, Ini Sebabnya

2155

Kenapa Orang Lain Selalu Berkerja Lebih Baik Dari Anda

Orang Lain selalu berkerja Lebih Baik, Bisakah Anda Seperti Mereka?

LebahMaster.Com – Berkerja lebih baik itu harapan pencapaian bagi semua orang, namun meskipun demikian tidak semua bisa merealisasikan apa yang telah terlontar dari mulut manisnya, karena kebanyakan yang terjadi justru sebaliknya selalu orang lain yang bisa berkerja lebih baik dari kita.

Berkerja lebih baik itu seharusnya sudah menyatu dengan mindset kita sebagai seorang pejuang kesuksesan, jangan hanya berpikir berapa hasil yang akan saya dapatkan ? apa pangkat yang akan saya raih?…tapi berkerjalah lebih baik dengan semaksimal mungkin segenap kemampuan kita, karena untuk hasil akan mengikuti apa yang telah kita lakukan dalam berkerja.

Dalam dunia kerja ada teori menarik yang di kemukakan oleh “ JIM BLASINGAME “ dalam bukunya “ The Age Of The Customer “ beliau Menulis kalimat : Prepare For The Moment Of Relevance . dimaksudkan untuk mengkotak – kotakan kompetensi pekerja berdasarkan kesadaran mereka di masukan kedalam susunan empat kuadran.

Apa saja ke empat kuadran perkerja tersebut, mari kita bahas satu persatu :

1. Perkerja yang Tidak Kompeten (Unconscious Incompetent) mereka tidak menyadari hal tersebut ada pada dirinya.

Jika anda berada dalam kuadran yang pertama ini, maka anda termasuk orang yang tidak tahu akan kemampuan yang anda miliki, itu sebabnya ia selalu berpikir tidak bisa serta tidak mungkin. Memang tidak di pungkiri bahwa setiap orang aka nada waktunya ia berada di posisi kuadran ini. Lalu bagaimana mengatasinya?.. anda hanya perlu kepekaan saja, belajarlah untuk selalu menyadari apa yang ada dalam diri anda, lalu pergilah meninggalkan kebiasaan anda yang tidak menyadari kehebatan diri sendiri. Karena tidak ada yang lebih buruk dari ketika orang tersebut tidak mengenal dirinya sendiri.

2. Tidak menyadari kalau dirinya tidak kompeten (Unconscious Competent)

Pada kuadran kedua ini, seseorang tidak pernah mengerti bagaimana dirinya bisa berhasil sukses dalam mengerjakan sesuatu. Orang seperti ini jika berhasilpun maka akan masuk dalam kategori keberuntungan. Bagi orang sukses yang mengerti mereka sangat jengkel dan benci akan hal ini terjadi pada mereka. Karena orang yang masuk dalam kuadran seperti ini sama sekali tidak tahu kalau dirinya tidak punya bakat atau kemampuan namun ia selalu memaksakan diri.

Angka kesuksesan orang yang masuk dalam kategori ini sangat sedikit karena keberuntungan tidak selalu ada, dan keberhasilan dari suatu hal yang bersifat bejo atau keberuntungan biasanya bersifat sementara. Mereka tidak tahu bagaimana mereka bisa sampai berhasil dan pada akhirnya lupa ketika sukses dengan semena – mena menghamburkan uangnya pada hal – hal yang tidak bermanfaa.

3. Orangnya menyadari kalau dirinya Tidak Kompeten (Conscious Incompetent)

Berada dalam kuadran pekerja ketiga ini, orangnya tidak memiliki kemampuan dan mereka menyadari akan hal tersebut ada pada dirinya. Mereka tidak mementingkan egonya dan mereka juga bersedia menerima masukan atau pelajaran dari anda.

Orang yang masuk dalam kuadran ini selalu menunggu untuk di gerakan dan di perintah atau di bentuk oleh anda potensinya. Namun, anda harus tetap waspada terhadap orang yang ada dalam kuadran ini, karena mereka biasanya suka memanfaatkan keadaan mereka tersebut untuk berkerja lebih buruk dengan alasan mereka memang tidak bisa dan tidak tahu.

Jika anda sebagai atasan mereka, maka anda harus bisa menjadi leader yang selalu memberikan support dan pelajaran yang bisa membentik kinerja mereka menjadi lebih baik, dan jika anda termasuk orang yang memiliki kuadran ini maka segeralah berusaha untuk meningkatkan skill dan potensi diri anda.

4. Orang Yang Sadar bahwa ia Kompeten (Conscious Competent)

Kuadran terakhir ini merupakan golongan orang – orang yang bisa berhasil melakukan perkerjaan mereka dengan baik karena orang ini selalu mengidentifikasi apa yang menyebabkan mereka bisa berhasil.

Mereka juga termasuk orang yang bertanggung jawab atas apa yang menjadi penyebab kegagalan usaha mereka. Mereka selalu melakukan analisis terhadap hal – hal yang bisa mereka lakukan dengan sebaik mungkin, juga melakukan evaluasi kerja dan memperbaiki yang kurang.

Namun, jika anda berada dalam kuadran ini, anda harus tahu bahwa musuh terbesar orang yang sadar kompeten ini adalah EGO mereka yang besar. Entah mungkin karena merasa dirinya berpotensi dan cerdas, serba mampu. Sehingga ketika mendapati suatu kegagalan sering kali beralasan dengan tindakan orang lain yang salah, dan tidak mau mengakui bahwa kegagalan tersebut di sebabkan oleh dirinya sendiri. Jadi anda harus bisa membuang sikap dan sifat Ego tersebut dari diri anda.

Itulah sobat Lebah Master semua yang baik hatinya, mengapa orang lain bisa berkerja selalu lebih baik dari anda, karena disebabkan sebagai manusia dalam tingkatan dunia kerja memiliki kuadran – kuadran tersendiri, semoga setelah membaca artikel ini bagi anda yang berada dalam kondisi kuadran pertama bisa beralih posisi berada pada kuadran ke Empat, sehingga setiap apa yang anda kerjakan juga bisa lebih baik dan hasilnya memuaskan.. Salam hebat.

Baca Artikel Terkait :

Penyebab Pekerjaan Membuat Anda Stress

4 Cara Sukses Di Dunia Karir