Pembangkit Listrik – mendengar kata Pembangkit listrik tenaga Air Atau PLN mungkin sudah tak asing bahkan sudah sangat familiar sekali terdengar oleh kita terutama di indonesia ini. tapi kali ini ada yang baru di dunia kelistrikan yaitu pembangkit listrik tenaga Batok Kelapa, dari namanya dan bahannya saja tentunya kita dibuat tercenggang bagaiamana mungkin batok kelapa bisa mengeluarkan aliran listrik?

Pembangkit Listrik Tenaga Batok Kelapa
Bambang Permadi pria asal sidoarjo, jawa timur ini walaupun hanya lulusan SMP ternyata memiliki keahlian dan kemampuan luar biasa yang tak dimiliki oleh orang dengan lulusan pendidikan tinggi atau bahkan profesor sekalipun. awalnya warga nyamplung, sumokali, candi ini melakukan uji coba dengan memadukan dua sendok arang dari batok kelapa di campur dengan Penjernih Air, dari komponen tersebut ia berhasil menemukan adanya aliran listrik setengah watt, bahkan sampai saat ini batok kelapa terus dikembangkan menjadi pembangkit listrik tenaga Arang.

 
Bambang yang kesehariannya dikenal tidak terlalu memperhatikan penampilan dan juga bergaya bicara ceplas ceplos memang tak bisa di pandang sebelah mata soal listrik, bahkan ketika aliran listrik dari PLN padam, dirumah bambang selalu menyala karena dirumahnya ia juga menggunakan pembangkit listrik tenaga Surya atau Lisrik Solar cell.

 
Pembangkit listrik tenaga surya yang ia gunakan juga seperti yang kebanyakan orang pakai dari hasil produksi industri tenaga Ahli, pasalnya dirumah Bambang, tenaga surya yang ia gunakan adalah hasil buatannya sendiri.

 
Ini Sudah tiga tahun, dan tidak pernah ada masalah sampai sekarang“, ujar bambang ketika ditemui oleh tim liputan. dikutip dari laman tribunnewscom.

 

 

Keunikan dan keahlian bambang dalam menciptakan tenaga listri memang terlihat ada niat tersendiri dari dirinya, itu semua tergambar bagaimana di rumahnya banyak terdapat barang – barang percobaan untuk melakukan pengujian seperti panel tenaga surya, aneka ragam pipa dan cairan – carian dari tumbuhan serta perlengkapan lainnya.bambang juga sekarang bekerja sebagai seorang montir di bengkel mobil dan motor, perjalanan bambang dalam menemukan aliran listrik tidak ia dapatkan dari bangku sekolah melainkan semuanya ia dapatkan dari hasil pendidikan sekitar kehidupannya sehari – hari yang gemar melakukan uji coba secara otodidak.

 
selain menemukan pembangkit listrik dari tenaga batok kelapa bambang juga ternyata memiliki penemuan lain yaitu pengganti BBM yang ia buat dari Eceng Gondok atau yang disebut dengan istilah biogas.

 
Demikian sekilas info mengenai kejeniusan anak bangsa lulusan Smp ini yang telah mampu berhasil menemukan pembangkit listrik tenaga batok kelapa serta penemuan hebat lainnya. semoga kedepannya apa yang bambang lakukan bisa menjadi penemuan yang diakui dan mendapatkan support dari pihak pemerintah agar keahlian yang ada secara alami ini tidak mati begitu saja.