Kereta cepat Jakarta Bandung Dibangun 2016

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Penampakan Kereta cepat buatan China saat pameran di Senayan – source Detik.com

LebahMaster.com , Jakarta – Proyek pengerjaan kereta cepat (High Speed Railways / HSR) akan mulai dikerjakan 2016 tahun depan. Ada yang menarik sebelum peletakan Batu pertama pengerjaan Proyek kereta cepat ini nanti, pihak PT Kereta Cepat Indonesia China akan terlebih dahulu memperkenalkan kereta cepat untuk Jalur Jakarta – Bandung ke publik pada 9 november 2015 di dearah walini, Bandung Barat.

Setelah proyek dimulai, maka konsorsium RI-China itu butuh waktu 3 tahun untuk menyelesaikan jalur dan stasiun kereta cepat Jakarta – bandung. Artinya, kereta anyar ini sudah bisa meluncur mulai kuartal I-2019 atau sebelum berakhirnya Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode 2014-2019 nanti.

Selesai jangka waktu akhir 2018 dan beroperasi secara komersial triwulan I-2019,” kata Staf Khusus PT Kereta Cepat Indonesia China, Sahala Lumban Gaol saat acara join Venture Agreement Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk ( WIKA), Bintang Perbowo Menyebutkan kalau pekerjaan Kontruksi, rel Hingga Persinyalan akan dilakukan Oleh Indonesia sedangkan pengadaan rolling stock atau Kereta akan dipasok langsung dari china.
Mengutip dari Laman Detik.com :Bintang Perbowo menuturkan:
Banyak engineer RI terlibat. 60% local content, 40% impor terutama rolling stock dan material belum bisa dibikin di Indonesia. Kalau pekerjaan sipil seperti jalur, jembatan, rel sampai sinyal dikerjakan kita,” tuturnya.

Peran WIKA dalam proyek kereta cepat adalah ketua Konsorium BUMN Indonesia dalam proses pengadaan kereta cepat Jakarta – bandung ini, memimpin 3 BUMN lain yang berkerjasama membentuk perusahaan Patungan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).
Sementara Untuk pembiayaan Proyek Kereta Cepat Jakarta – bandung, Bintang Perbowo menyebutkan sekitar 75% dari total Investasi US$ 5,5 Miliar akan dibiayai oleh China Development Bank (CDB) sisanya disokong modal sendiri dari konsorsium BUMN China – Indonesia yaitu PT Kereta Cepat Indonesia China (KCCI).

Harapan Kita semoga Proyek pengerjaan Kereta cepat Jakarta – bandung ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan kualitas kereta yang menjamin keamanan dan keselamatan para penumpangnya kelak.