Kesepian : Bisa Membuat Cepat Meninggal, Benarkah?

2862

Mitos Tentang Kesepian

Kesepian
Kesepian – Lonely Awesome – Google Image

Kesepian, kesedihan dan selalu merasa galau adalah hal yang pernah dialami oleh semua orang terutama jomblo. Adakalanya orang memang butuh untuk sendiri. tetapi tidak harus sendiri terus juga kan? Terlalau sering menyendiri justru akan mengganggu kesehatan anda, bahkan resiko terburuknya adalah meninggal lebih cepat.

Orang yang sering merasa kesepian, menurut para periset akan meningkatkan peluang mati di usia muda 30 persen. Dr. Julianne Holt-Lunstad dari Brigham Young university, yang sudah melakukan banyak penelitaan tentang merasa sendiri dengan sendirian, keduanya harus diperhatikan dengan lebih serius.

Rata-rata usia partisipan yang sudah menginjak usia sekitaran 66 tahun menunjukan perlunya ada penelitana lebih lanjut kepada kelompok usia yang lebih muda. Temuan studi yang dipublikasikan dalam perspectives in psychological science juga menguatkan bahwa manfaat dari pertemanan dan hubungan dengan sesama akan mengurangi resiko kematian karena kesepian ini.

Dalam studi di tahun 2013 terhadap lebih dari 3.000 pasien kanker payudara, periset berhasil memperoleh fakta bahwa perempuan yang terisolasi secara sosial yang didiagnosis kanker payudara disebabkan karena perasaan sejahtera mereka sangat rendah. Artinya mereka merasa kesepian.

Dari hasil penelitan-penelitan selanjutnya dapat disimpulkan bahwa seorang yang memiliki banyak teman dan memiliki hubungan sosial yang kuat akan memilik umur lebih panjang dan hidup lebih baik. So, milikilah teman sebanyk-banyaknya agar anda tidak merasa kesepian.

Untuk mengantisipasi masalah yang berhubungan dengan rasa sendiri dan kesepian ini bebrapa negara melakukan upaya-upaya unik untuk bisa mengatasinya. Di Hong Kong, Finlandia dan Tokyo, untuk menghindarkan anda dari perasaan sendiri dan kesepian saat anda makan sendirian di cafe, anda akan ditemani oleh boneka binatang. Tertarik? Datang saja ke sana.

Jadi, untuk para jomblo, berhentilah merasa kesepian dan mulailah melihat dunia yang luas. Wanita bukan hanya mantan anda. Stop merasa hidup hanya seorang diri dan penuh dengan kesepian; mulailah untuk keluar kamar dan berekspresilah bersama teman-teman anda yang jomblo juga. Move on lah dari kesepian kalau mau panjang umur dan awet muda. By. Turyono Ari Wibowo

Baca : Kris Biantoro, Seniman Nasionalis