Presiden Jokowi Menghadiri US Asean Di Amerika Serikat
Presiden Jokowi Menghadiri US Asean Di Amerika Serikat – Foto Detik

San Francisco – Presiden Joko Widodo kembali disibukkan dengan jadwal padat di Amerika Serikat. Usai menyelesaikan US-ASEAN Summit di Sunnyland, California, Jokowi bersama rombongan langsung menghadiri US-ASEAN Business Council di San Francisco.

Pada Kesempatan dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi akan membahas soal peluang bisnis di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. Acara US-ASEAN Business Council ini digelar di Hotel St Regis, San Francisco, Rabu (17/2/2016).

Rombongan presiden tiba di lokasi acara sekitar pukul 9.10 waktu setempat. Dalam forum ini, Jokowi akan membahas peluang-peluang bisnis di Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh para pelaku bisnis di Amerika Serikat.

Setelah menghadiri acara US-ASEAN Business Council, presiden langsung melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi markas para raksasa teknologi di Silicon Valley. Adapun yang Markas besar teknologi yang dikunjungi oleh presiden dan rombongan adalah Facebook Headquarter, Googleplex, Plug & Play, serta Twitter Headquarter.

Dalam agendanya, Jokowi akan tiba pukul 11.00 waktu setempat di 1 Hacker Way, Menlo Park, tempat Facebook bermarkas. Di sana, presiden bersama rombongan menteri akan disambut oleh CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Setelah itu, Jokowi akan mengunjungi Googleplex di Rails Building, 100 Mayfield Avenue, Mountain View. Rencananya, Sergey Brin sang pendiri Google bersama Sundar Pichai yang kini menjadi CEO, akan menyambut kedatangan mereka.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan mendatangi kantor inkubator Plug & Play di 440 N Wolfe Rd, Sunnyvale. Di situ Jokowi akan bertemu dengan Saeed Amidi, CEO Plug & Play, David Cao, CEO F50, Cameron Teitelman, CEO StarX, Dave McClure, CEO 500 Startup, Marlon Evans, CEO GSV Labs, dan Sam Altman, CEO Y-Combinator.

Terakhir, presiden juga akan mendatangi kantor Twitter di 1355 Market Street, Suite 900, San Francisco, CA 94103. Di sana, ia sudah ditunggu CEO Twitter Jack Dorsey. Setelah pertemuan ini, Presiden Jokowi akan kembali ke Indonesia. apakah yang membuat presiden menyempatkan diri untuk bertandang ke Markas Facebook dan liannya itu, akankah ada rencana baru untuk indonesia lebih baik atau melanjutkan apa yang telah dibicarakan beliau dengan Mark Zuckerberg tahun lalu saat ia bertandang ke indonesia sekaligus bertemu Presiden Jokowi? Nantikan kabar selajutnya.