Khasiat Bayam Merah Untuk Kesehatan Secara Alami

1353

Khasiat Bayam Merah Untuk kesehatan Secara Alami Dalam kehidupan Sehari – Hari

Khasiat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Khasiat bayam merah untuk kesehatan hingga kini masih belum yang memperdulikan akan hal ini, karena bayam lebih identic dikenal sebagai salah satu dari sekian sayuran dedauanan alami. Kebanyakan masyarakat hanya mengkonsumsi bayam karena memang enak untuk dibuat sayuran baik lalp maupun untuk jenis masakan lainnya. Padahal bayam sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

 

Sebelum kita menuju kepembahasan Khasiat Bayam merah untuk kesehatan, mari terlebih dahulu sekilas mengenal tumbuhan bayam lebih dekat.

 

Tanaman bayam dengan semua variasinya berasal dari Negara Amerika dengan suhu geografis tropik dan mudah tubuh yang kemudian seiring berjalannya waktu tumbuhan bayam tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia.

 

Awalnya Bayan hanya sebagai tanaman hias untuk mempercantik pemandangan rumah saja, kemudian setelah dilakukan berbagai penelitian ternyata bayam diketahui sebagai sumber protein, kalsium, vitamin A, vitamin E dan vitamin C, serat, dan juga betakaroten.

 

Namun demikian kalau kita melihat lagi ke daerah pelosok seperti kaliamntan dan lainnya, tanaman bayam memang sudah sejak jaman dahulu dijadikan sebagai sayuran dan sengaja ditanam ketika sedang mengolah lading pertanian seperti padi di lading bebas.

 

Tumbuhan Bayam termasuk dalam kategori anggota keluarga Amaranthaceae.Dalam Dunia Ilmiah Bayam dikenal dengan sebutan Amaranthus spp yang berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti Abadi (Everlasting).

 

Bayam yang sangat populer ada beberapa jenis diantaranya: Bayam Hijau, Bayam merah, kakap (A. Hybridus) bayam duri (A. Spinosus) dan bayam kotok atau bayam tanah (A Blitum).

 

Khasiat bayam secara Umum baik untuk meningkatkan kinerja ginjal serta melancarkan pencernaan setelah diolah.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam Merah

Selain apa yang tertera pada tabel diatas Pada bayam Merah terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, C, dan niasin, juga mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Mengandung banyak serat dan di dalam daunnya terdapat karotein, klorofil, dan saponin. Pada batangnya ditemukan alkaloid, flavonoid, dan polifenol.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Rambut

Adapun Khasiat Bayam Merah Untuk kesehatan ialah sebagai berikut:

Diantara Khasian Umum Bayam Merah untuk kesehatan seperti disebutkan diatas bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan kinerja ginjal dan pada bagian akar bayam merah terdapat khasiat yang bisa mencegah sakit disentri.

 

Khasiat Bayam Merah untuk kesehatan lainnya:

Bayam Merah berkhasiat untuk memperlancar proses buang Air besar, sehingga bayam merah juga sangat baik bagi penderita usus besar, penderita kencing manis, darah tinggi, Kolesterol dan pemilik darah tinggi.

 

Bayam Merah Bisa bisa berperan menjadi infus sebanyak 30% per oral yang dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin dan Hematokrit kelinci yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit anemia.

 

Manfaat Bayam Merah Untuk Ibu hamil yang kemudian setelah melahirkan dapat berperan sebagai detox. Proses menjadikan bayam merah sebagai detox dengan mengolahnya menjadi jus yang bisa dikonsumsi secara teratur setelah melahirkan untuk mendetoksifikasi kotoran darah yang ada didalam organ reproduksi wanita. Adanya kandungan Folat dan betain dalam bayam merah juga sangat baik untuk proses perkembangan janin agar bayi dalam kandungan tetap sehat dan mencegah lahir dengan kondisi cacat bahkan bisa menjadi pemicu pertumbuhan bayi menjadi anak cerdas.

 

Khasian Bayam Merah untuk kesehatan lainnya yaitu bermanfaat untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan atau gigitan hewan berbisa seperti kala jengking dengan menghaluskan daun bayam dan menggosokan pada bagian yang tersengat hewan berbisa.

 

Bayam Merah mengandung Vitamin A sebanyak 248 % yang berkhasita untuk menyehatkan gangguan penglihatan mata. Manfaat lain dari bayam merah bisa meredakan sakit demam, meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa membantu proses diet bagi wanita.

 

Itulah diantara Khasiat Bayam merah untuk kesehatan baik manfaat untuk ibu hamil, manfaat bayam merah untuk bayi dan Manfaat bayam merah untuk kecantikan wanita. Masih ada banyak lagi manfaat lain dari bayam mereh untuk kesehatan yang perlu dikaji lebih dalam jika anda ingin mengetahui lebih banyak apa khasiat bayam untuk kesehatan.