Kisah Agus Salim dengan Pangeran Phillip

1537

Sekilas Kisah Sejarah KH Agus Salim dan Pangeran Philip

Agus Salim, adalah salah satu tokoh nasional yang banyak memberi warna pada republik ini. Ya, Agus Salim adalah salah satu dari sekian banyak tokoh yang punya andil membebaskan Indonesia dari cengkraman sejarah. Atas jasanya Negara menetapkan Agus Salim sebagai pahlawan nasional.

KH Agus Salim

Namun saya tak hendak bercerita tentang apa saja kontribusi Agus Salim di pentas sejarah republik. Biarlah, para sejarawan yang lebih pantas mengisahkan itu. Selain memang, sudah banyak buku yang mengulas ‘sepak terjang’ sang pejuang satu ini selama membela dan merawat republik.

Saya hanya ingin mengisahkan sebuah cerita menarik tentang Agus Salim yang saya baca dari Majalah Tempo, salah satu majalah politik terkemuka di Indonesia. Dalam edisi, 18 Agustus 2013, majalah pernah dibreidel rezim Orde Baru itu, mengulas khusus tentang kisah pahlawan Nasional Indonesia satu ini, Sosok pejuang yang belajar bahasa asing secara otodidak tersebut bahkan ia mampu menguasai 9 bahasa selama hidupnya.

Salah satunya, mengulas kisah Agus Salim dengan Pangeran Philip. Kisahnya begini. Satu waktu, Agus Salim dapat undangan dari Kerajaan Inggris. Undangan itu, dalam rangka untuk menghadiri penobatan Elizabeth jadi Ratu Inggris menggantikan ayahnya yang meninggal.

Acara penobatan Elizabeth sendiri dilangsungkan pada 4 Juni 1953. Agus datang ke Inggris mewakili pemerintah Indonesia. Dia datang bersama Sri Pakualam IX yang juga diutus jadi wakil pemerintah Indonesia.

Ketika itu, dalam acara penobatan dilakukan acara jamuan makan malam di Buckingham Palace. Salim datang ke acara tersebut. Di sela-sela acara jamuan makan malam itulah, Agus melihat Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth yang dijuluki Duke of Edinburgh.

Agus pun kemudian menghampiri sang pangeran, sembari melambaikan rokok kretek yang sedang dihisapnya. Setelah dekat, Agus bertanya kepada Pangeran Philip. ” Apakah paduka mengenal bau rokok ini?”

Pangeran Philip yang ditanya merasa heran. Tapi kemudian menjawab, bahwa ia tak mengenal aroma rokok tersebut. Agus kemudian kembali berkata.

Inilah yang menyebabkan bangsa Paduka beramai-ramai mendatangi negeri saya.”

Mendengar perkataan Agus, Pangeran Philip kemudian tertawa. Selanjutnya, ia mengajak ngobrol Agus. Suasana pun jadi cair. Padahal sebelum datang ke acara jamuan makan malam, Agus sudah diwanti- diwanti oleh protokoler pemerintah Inggris, agar tak merokok.

Namun karena aksi merokok itu, Pangeran Philip jadi terkesan dengan Agus. Bahkan ketika Agus hendak meninggalkan Westminster Abbey, Pangeran Philip mengajak istrinya Ratu Elizabeth menghampiri Agus. Dan mengenalkan Agus pada sang Ratu.

Gentleman ini berasal dari Indonesia,” kata Pangeran Philip mengenalkan Agus pada Ratu Elizabeth.

Baca Juga: KH Agus Salim, Ternyata Sosok Suami yang Romantis