Kisah : Anak Desa Yang Beruntung

5300

Kisah Pendek Anak Desa Yang Beruntung

Kisah Anak Desa Yang Beruntung

Di pagi hari itu mulai terdengar suara burung burung yang berkicau , matahari mulai terbit dan mencahayakan desa karian.

”oy pong udah mau siang nih , ayo bangun lagi!”kata bibi nya tapong.

“haa apa bi,baru jam segini?”kata tapong sambil berbaring di kasurnya.

“udah jam berapa ini , mau jadi apa kamu kok kayak gini terus , udah gak kerja , nolong bibi juga enggak lagi tuh!”kata bibi tapong dengan nada keras.

Dengan sangat terpaksa dia bangun dari tidur sambil menggerutu di dalam hati.Di suatu ketika saat tapong duduk di belakang rumah dia mendengar suara bibinya yang sedang berbicara dengan pamannya tapong.Dia mendengar bahwa bibinya sedang berbicara tentang ekonomi keluarganya yang sangat minim apalagi sekarang sudah menampung tapong.Tapong tinggal di rumah bibinya karena ayah ibu nya yang sudah meninggal karena kecelakaan pesawat saat mau berangkat jadi TKI di Malaysia.Ketika mendengar itu tapong merasa dia harus mencari kerja demi kebutuhan dirinya.

Beberapa minggu kemudian tapong diterima sebagai penjual kue keliling yang dibuat oleh pak Jonot.Ketika menjualkan kue pak Jonot tapong dikerjai oleh beberapa preman , kue yang dijualnya pada dihabiskan oleh preman tersebut , tapong sedih dan gak tau mau bicara apa sama pak jonot.Ketika sore hari dia datang ke rumah pak jonot dan berbicara apa yang telah terjadi pada kue yang dijualnya tadi.Pak jonot pun tak marah tetapi tapong merasa tak enak hati dan dia berjanji pada pak jonot bahwa suatu hari nanti dia akan menggantinya.

Di suatu hari tapong mempunyai keinginan untuk merantau .Pada malam harinya dia berbicara pada bibi dan pamannya bahwa dia ingin merantau dan menggapai cita cita nya.

“Bi,tapong ingin merantau?”kata tapong sambil duduk di depan televisi.

“alahh , mau merantau kemana kamu ,kamu aja pemalas gimana lagi mau merantau,emang mau kerja apa kamu merantau tuh ?”kata bibi sambil makan kacang goreng yang dibeli suaminya tadi.

“tapong serius bi?”dengan wajah yang serius dia langsung menghadap bibinya.

“yang bener kamu nih,masiapa kamu pergi merantau, dan kemana tujuan kamu?”kata bibi menghadap ke wajah tapong.

“sendiri bi ,Jakarta bi”kata tapong.

“apa .. sendiri .. kamu yakin?”kata bibi dengan perasaan yang masih tidak percaya.

“iya bi , tapong serius ,tapong hanya minta doa restu bibi aja semoga tapong sukses di kampung orang?”kata tapong
“emang kamu ada uang untuk merantau … bibi sekarang belum ada uang nak ?”kata bibi sambil meneteskan air matanya.

“ada bi , besok rencana pagi tapong akan langsung pergi bi!”kata tapong yang padahal di kantongnya gak ada uang sedikitpun.

“baiklah , bibi akan mendoakan kesuksesan buat kamu “kata bibi.

Keesokan harinya tapong mengucapakan salam kepada bibi dan pamannya bahwa dia akan pergi.Bibinya membawakan sedikit bekal untuk tapong merantau nanti.

Ketika diperjalanan dia bertemu dengan seorang kakek yang kelaparan.Dia memberikan semua makanannya kepada kakek tersebut.Setelah makananan yang diberikan oleh tapong dimakan kakek itu . Kakek itu memberikan sebuah selendang sutra yang amat mahal.Tapong bingung “kenapa ada kekek kakek yang berpakaian gembel mempunyai selendang yang sebagus ini ? “.

Ditengah perjalanan dia melihat adanya lomba menari di sebuah desa . Tapong pun punya keinginan untuk ikut lomba tersebut . Ketika mendaftar dia ditolak mentah mentah oleh panitia karena dia kesana memakai baju yang sangat jelek dan tak memungkinkan untuk menang.Kemudian datanglah seorang juragan kaya raya , dia langsung berbicara pada tapong

“benar kamu pingin ikut lomba ini ?”kata sang juragan.

“benar pak?”karta tapong

“baiklah saya akan meminjamkan baju bagus kepadamu”kata juragan .

Dengan sangat senang tapong meloncat loncat ditengah keramaian pendaftaran nari tersebut.Karena tapong gak punya tempat tinggal untuk sementara dia tinggal di rumah Juragan Jarwoto.Juragan jarwoto ialah juragan yang meminjamkan baju bagus saat mau menari.

Keesokan harinya lomba menari pun dimulai Tapong gugup karena melihat banyak penari penari hebat disini.Tiba-tiba tapong kaget ketika namanya di panggil.ketika telah tiba di atas pentas tapong langsung mengenakan selendang yang diberikan seorang kakek.Dia langsung menari nari di atas pentas tersebut , ditengah tengah saat tapong menari dia merasa seperti terbawa tarian dari selendang tersebut dan siaplah tapong menari.Berjam-jam tapong menunggu lomba menari siap.Ketika lomba siap tapong merasa deg deg menunggu hasil siap , ketika telah hasil diucapkan oleh juri dan ternyata tapong menang.Tapong sangat bahagia dan langsung memeluk sang juragan yang meinjamkan baju tersebut.Juragan tersebut langsung menawari tapong bekerja sebagai penari di Sanggar milik istrinya.Tapong pun senang dan dia disuruh menempati sanggar itu sebagai rumah nya juga.
setelah beberapa bulan dia mengajari menari dia bertemu dengan seorang gadis yang sangat cantik sekali.ternyata gadis itu bernama ratna.Dia baru masuk hari ini juga di sanggar tempat tapong mengajar.beberapa haripun berlalu tapong jatuh cinta pada ratna dan ratna meresponnya dengan positif.Ketika saat menemui Orang tua ratna , ternyata orang tua ratna tak setuju dengan pekerjaan tapong yang hanya seorang penari, ratna pun sambil mngis membujuk orang tuanya sipaya tapong jadi suaminya.Orang tua ratna mau saja setuju asalkan Tapong bekerja sebagai Project Manajer di Perusahaan tambang miliknya yang ada di kalimantan.Tapi tapong masih bingung karna dia tak punya dasar penambangan.Ayah ratna pun memberi waktu kepada tapong untuk menguasai semua tentang tambang hanya dalam 1 minggu.Dalam satu minggu itu dia belajar tentang tambang kepada ayah ratna sambil ditemani ratna.Hal yang tak terduga oleh ayah ratna si tapong ini dapat menguasai 50% pelajaran tentang tambang yang telah dia ajarin.Dia merasa kalau tapong ini anak yang jenius.satu minggu pun berlalu dan ayah ratna pun menyeetujui kalau tapong sebagai menantunya.Tapong pun langsung menemui juragan jarwoto kalau dia ingin berhenti mengajar.Juragan jarwoto pun keberatan untuk membiarkan tapong pergi karena tapong telah dianggap anaknya sendiri.Setelah beberapa lama bercakap cakap akhirnya jarwto setuju asalkan tapongmasih selalu datang menemui jarwoto hanya untuk silaturrahmi.Tapog sangat bahagia dan memeluk jarwoto dang istrinya.setelah menikah tapong dan ratna langsung berangkat ke kalimantan untuk bekerja sebagai orang tambang.

Bertahun-tahun pun berlalu tapong selalu datang ke rumah jarwoto tiap tahunnya,dia teringat akan bibinya di kampung,lalu dia bercerita dengan istrinya tentang bibinya yanng di kampung .ternyata ratna meberi usulaan kalau mau pergi ke kampung halamansuaminya.Tapong pun senang dan esok pagi dia dan istrinya pergi langsung ke kampung halamannya.Ketika telah tiba di kampung bibi tapong kaget karna bingung liat mobil mewah seperti hummer tiba di depan rumahnya.Ketika keluar dari rumah bibi kaget karna dihadapannya adalah tapong si anak ingusan yang dia rawat dulu.Dia langsung memeluk tapong sambil menangis.Tapong pun memperkenalkan ratna kepada bibinya bahwa ratna sekarang telah menjadi istrinya.Setelah bercakap cakap tapong mempunyai ide untuk membuatkan rumah meah untuk bibinya dan bibinya sangat senang.Ketika tapong menanyakan tentang paman , bibi pun menangis karna pama ntelah meninggal 1 tahun yang lalu karna kejatuhan batu di tempat dia bekerja.tapong langsung mengelus bibinya .Melihat bibinya tinggal sendirian di rumah tapong berubah pikiran dan tidak ingin mebuatkan rumah untuk bibinya tetapi membawa bibinya ke kalimantan .Bibinya sangat bingung karena dia dulu tujuannya jakarta bukan kalimantan.lalu dia bertanya?

“emang kamu kerja apa disana mau ngajak bibi ke kalimantan?”kata bibi

“project manajer bi ?”kata tapong

Bibi kaget karna anak tamatan sma bisa menjadi project manjer di kampung orang.

“gimana bi ?”kata tapong

“iya deh bibi mau ?”kata bibi dengan tatapan bahagia

Kemuadian tapong , ratna dan bibinya pergi ke kalimantan dengan bahagia dan juga ratna mempunyai teman di rumah yaitu bibinya tapong.

Akhirnya mereka hidup bahagia dan mempunyai seorang anak yang diberi nama arnold dan sabrina.

Artike kisah anak desa yang beruntung ini Di Kirim Oleh : Dani Ramandianto

Kisah lainnya :

Kisah Cinta Mengharukan Datang kepernikahan Mantan