Klub Spanyol Masih Jadi Raja di Kompetisi Eropa

882

Klub Spanyol Raja Kompetisi Sepakbola

LebahMaster.Com – Klub-klub Spanyol sepertinya masih jadi ‘raja’ dalam ajang kompetisi klub-klub bola di tanah Eropa. Di ajang Piala Champion, ajang kompetisi antar klub Eropa paling bergengsi, dua klub asal Spanyol lolos ke babak puncak. Dua klub itu adalah, Real Madrid dan Atletico Madrid. Menariknya, dua klub itu adalah klub satu kota. Home base mereka, sama-sama ada di Kota Madrid.

Real Madrid bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu. Sementara Atletico yang sekarang dibesut oleh Diego Simeone, bermarkas di Vicente Calderon. Kedua klub from Spanyol itu memastikan bertarung di babak final Piala Champion, setelah sukses menekuk lawan-lawannya.

Real Madrid gemilang menyingkirkan klub asal Inggris, Manchester City di babak semifinal. Pada leg pertama semifinal, Real Madrid sukses menahan imbang Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Inggris dengan skor 0-0. Sementara pada leg kedua, Madrid berhasil menekuk klub asuhan Manuel Pellegrini, dengan skor 1-0. Dengan hasil itu, Madrid yang sekarang diarsiteki oleh Zinedine Zidane, unggul agregat 1-0. Mereka pun berhak atas tiket final Piala Champion.

Menariknya, The Citizens tersingkir karena gol bunuh diri pemainnya. Gol bunuh diri terjadi, saat pemain Madrid, Gareth Bale, mengirimkan umpan silang yang ditujukan ke Christiano Ronaldo. Namun bola membentur kaki pemain Manchester, Fernando. Arah bola pun langsung mengarah ke gawang Manchester yang dijaga Joe Hart, tanpa bisa ditepis. Skor pun berubah 1-0 untuk Madrid. Skor tak berubah sampai peluit panjang ditiup wasit, tanda pertandingan berakhir. Madrid pun melangkah ke final.

Sedangkan Atletico melangkah ke final, setelah di leg kedua semifinal sukses menyarangkan satu gol ke gawang Bayern Muenchen, saat bertandang ke Allianz Arena, Jerman. Skor akhir 2-1 untuk Muenchen. Tapi, klub asuhan Pep Guardiola itu mesti mengubur mimpinya tampil di final Champion. Di leg pertama semifinal di Calderon Stadium, Muenchen kalah oleh Atletico dengan skor 0-1. Dengan hasil di leg kedua, Muenchen kalah agregat. Tikef final pun di genggam tim asuhan Simeone. Di stadion San Siro, Milan, Italia, pada 28 Mei nanti, duo tim asal Spanyol, Madrid dan Atletico akan berjibaku memperebutkan Piala Champion.

Baca Juga: Dari 2014-2016, Klub Spanyol Kuasai Sepakbola Eropa

Klub Spanyol lainnya yang berjaya di kancang liga Eropa adalah Sevilla. Tim asuhan Unai Emery, memastikan satu tempat di final liga Eropa setelah di leg kedua babak semifinal di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan menyingkirkan Shakhtar Donetsk, Ukraina dengan skor 3-1. Pada leg pertama, saat bertandang ke kandang Shakhtar, Sevilla sukses mencuri 2 gol. Meski kemudian bermain imbang 2-2 melawan Shakhtar.

Catatan menariknya, dengan kembali tampil di final liga Eropa, Sevilla berpeluang menciptakan hattrick. Pada dua musim liga Eropa sebelumnya, Sevilla juga sukses tampil di final. Bahkan, dua kali juara. Jadi, final kali ini, adalah kesempatan Sevilla menciptakan

Lawan yang menanti Sevilla di final liga Eropa, adalah Liverpol. Klub asal Inggris yang sekarang dibesut oleh Juergen Klopp melaju ke final, setelah menyingkirkan Villareal, klub asal Spanyol.

Pada 6 Mei 2016, di Anfield Stadium, Daniel Sturridge Dkk, sukses menghabisi Villarreal dengan skor telak 3-0. Dua gol berhasil dilesakan dua pemainnya, Daniel Sturridge dan Adam Lallana. Sedangkan satu gol didapat dari gol bunuh diri pemain Villarreal, Bruno Soriano. Dengan hasil itu, secara agregat The Reds unggul 3-1 atas Villarreal. Di leg pertama, ketika bertandang ke Stadion El Madriga kandang Villarreal, The Reds, mesti mengakui keunggulan klub asal Spanyol tersebut. Liverpool kalah 1-0. Namun di leg kedua di hadapan para pendukung fanatiknya, Liverpool bisa membalikkan keadaan, sukses mencukur Villarreal dengan skor telak 3-0.

Catatan menariknya, andai saja Villarreal bisa melaju ke final, maka ini akan menyempurnakan dominasi klub-klub Spanyol di kancang kompetisi klub Eropa. Karena dua tempat di final Piala Champion, sudah diisi oleh dua klub Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid. Dan, satu tiket final liga Eropa sudah digenggam klub Spanyol lainnya, Sevilla.

Sayang, Villarreal kalah agregat oleh Liverpool. Maka, yang bakal bersua di Stadion St Jakob-Park, Basel, Swiss, pada 18 Mei 2016, bukan dua klub asa Spanyol. Tapi, satu klub asal Inggris, dan satunya asal Spanyol. Sevilla dan Liverpool yang akan berjibaku di babak final. (By. Agus S)