Korban Perang Suriah Mencapai 200 Ribu Orang Lebih

1770

Korban Perang Suriah Mencapai 200 Ribu Orang Lebih

Korban Perang Suriah
Korban Tewas Akibat Perang Suriah, Mencapai 200 Ribu Orang Lebih

LebahMaster.Com – Suriah masih dikecamuk konflik. Desy Kurnia dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), melaporkan sampai dengan 7 Februari 2015, total korban tewas akibat perang Suriah mencapai 215.518 jiwa. Dan sekitar 4 juta orang telah mengungsi ke negara tetangga. Selain itu, setengah dari populasi penduduknya yakni sebanyak 8 juta jiwa, mengungsi keluar negeri.

Serta lebih dari 75 persen, bahkan diprediksi sampai 83 persen listrik di Suriah padam semenjak 4 tahun konflik,” kata Desy dalam keterangan persnya yang saya terima di Jakarta, Jumat 27 Maret 2015.

Desy menambahkan, berdasarkan keterangan peneliti Cina yang menganalisa citra satelit malam hari di Suriah, di kota yang dikuasi oleh pejuang atau menjadi lokasi perang antara rezim pemerintah dengan pejuang, listrik nyaris padam 100 persen. Listrik yang nyaris padam total itu terjadi seperti di Kota Allepo.

Di Allepo contohnya yang padam sampai 97 persen. Sedangkan di Damaskus yang dikuasai rezim Assad, listrik padam hanya sampai 35 persen,“kata Desy.

Rezim Assad juga kata Desy, telah membunuh 610 dokter dan tenaga medis selama 4 tahun perang. Sebanyak 139 orang diantaranya disiksa dan dibunuh. Rezim Assad juga telah menyerang sebanyak 233 kali ke 183 rumah sakit dan klinik menggunakan senjata berat.

Kemarin 15 Maret 2015 adalah 4 tahun perang saudara di Suriah dan artinya sudah memasuki tahun kelima. Dari 215 ribu yang tewas, baru 176 ribu yang tercatat dan terdokumentasi,” katanya.

Dari sisi perekonomian, negara itu pun terpuruk hingga ke titik nadir. Laporan IMF kata Desy menyatakan perekonomian Suriah telah terjun bebas seperti 30 tahun yang lalu. Mata uang Suriah juga jatuh. Ekspor dan impor di negara tersebut turun hingga 90 persen. Jumlah pengangguran sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Rata-rata dalam 4 tahun terakhir, setiap 10 menit 1 orang Suriah tewas. Setiap 1 hari 9 anak Suriah tewas. Saat ini para pengungsi sangat membutuhkan bantuan bahan makanan, pendidikan, dan kesehatan,” ujarnya.

Artikel By : Agus Supriyatna
Wartawan Senior Media Cetak jakarta
Twitter : @rakeyanpalasara

Baca :

Bencana Asap Kembali Mengancam Riau