Persiapan Untuk Mampu Bersaing Di dunia Industri kreatif

Bisnis Industri Kreatif

Saat Ini Persaingan di Dunia Bisnis Industri Kreatif selalu mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang begitu pesat, berkecimpung dalam bisnis kreatif juga akan menjadi tantangan tersendiri untuk bisa menciptakan hal-hal baru yang terlihat beda dan mampu menarik perhatian orang banyak.

Bisnis Industri Kreatif sering disebut sebagai bisnis budaya dan ekonomi kreatif dan merupakan bisnis yang akan terus berlanjut dan berkembang, karena dalam ruang lingkup bisnis ini membutuhkan keterampilan serta bakat yang dipupuk dengan baik agar terus bisa menciptakan kreasi baru.

Jika anda pernah melihat tiba-tiba ada selebgram yang populer, Yutuber, kreator video di youtube yang bisa berpenghasilan super dalam waktu singkat, maka itu tidak lain karena hasil dari kreatifitas yang didukung dengan perkembangan zaman yang digitalis, Persaingan pasar bebas dunia atau Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA) juga sudah di depan mata, jika tidak dipersiapkan dari sekarang untuk mulai mengasah kreatifitas maka akan menjadi sasaran ide kreatif orang lain.

beberapa ini beberapa hal yang bisa membantu anda menjadi salah satu masuk kreteria kualifikasi orang yang bisa berhasil di dunia bisnis industri kreatif, diantaranya:

1.  Jadilah Kreatif

Menjadi orang yang kreatif perlu diasah dan dikembangkan terus menerus, kreatifitas merupakan Kunci utama keberhasilan dalam persaingan bisnis industri kreatif, diperlukan Ide dan inovasi yang terus up to date agar bisa menghasilkan produk baru yang mengikuti perkembangan zaman dan Minat Konsumen.

2. Mengusai Teknologi

Pada Era Modern ini Teknologi merupakan alat bantu yang sangat berperan untuk keberhasilan bisnis, Jika anda memiliki SDM yang mumpuni tapi tidak di iringi dengan kemampuan dalam mengaplikasikan kecanggihan tenologi maka akan membuat anda lambat berjalan.

Baca: Cara Membangun Bisnis Sukses Dari Mark Zuckerberg

Tidak Perlu mengusai semua teknologi jika memang tidak bisa, akan tetapi penting bagi anda menguasai teknologi yang bisa mendukung dan sesuai dengan Bisnis yang anda jalani.

3. Bersahabt dan Mengusai Strategi media sosial

Media sosial jika dimanfaatkan dengan benar maka akan menjadi alat pebantu kesuksesan bisnisyang sangat power full, Pengguna media sosial semakin hari semakin bertambah di mulai sejak tahun 2012 lalu, bahkan setiap hari kecanggihan fitur media sosial selalu update tentunya akan sangat mendukung untuk memperlancar dalam memasarkan bisnis kreatif anda. Menguasai strategi media sosial untuk menebarkan informasi bisnis nada hingga bisa menjadi viral di media sosial sangatlah penting.

4. Memiliki Akses Komunikasi yang tepat

Pelaku bisnis industri kreatif harus mengupayakan akses komunikasi yang baik dan tepat hingga ke luar negeri, memiliki jaringan yang banyak dengan investor, penyedia layanan akan lebih mempercepat dalam menyebar dan memperkenalkan bisnis anda kepada publik.

Buatlah sistem komunikasi yang tepat baik dengan investor, penjual kepada pembeli, menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, komunikasi dengan parner atau networking bisnis. Membentuk komunikasi yang baik dan tetap terjaga akan membuat bisnis anda tetap eksis di tengah persaingan bisnis yang begitu menggejolak.

5. Motivasi diri anda dan Mau Memulai

bentuklah Motivasi dalam diri anda hingga mau segera mulai membuka bisnis kreatif, jangan hiraukan apa kata orang terhadap diri anda. karena dalam dunia industri kreatif anda harus mampu menepis omongan miring orang lain, biasanya awal memulai anda akan menerima banyak kritikan dan komentar miring dari orang disekeliling anda, namun itulah yang akan membentuk anda menjadi lebih kreatif lagi hingga mampu memberikan yang terbaik bagi orang lain.

Baca: 10 Hal yang Membuat Anda Tidak Akan Pernah punya Bisnis sampai mati

Itulah Lima hal mendasar yang perlu anda persiapkan dan kauasai apabila anda ingin terjun ke dunia bisnis industri kreatif, sulit memang memang memikirkan hal yang beda dan bernilai kreatif maka dari itu jangan pernah memanjakan pikiran dan diri anda untuk selalu berbuat sesutau yang beda hingga akhirnya anda bisa mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa bernilai dan diminati banyak orang. Selamat berjuang.