Ladies Kamu Perlu Tahu Ciri – Ciri Keputihan Saat Hamil Serta Penyebabnya Berikut Ini

1429

Mengetahui ciri – ciri Keputihan saat Hamil dan Gejala serius yang terjadi

Keputihan saat Hamil
Ciri-ciri Keputihan saat Hamil – Foto Internet

Keputihan saat hamil sering terjadi pada wanita, namun demikian tidak sedikit dari wanita yang mengalami keputihan tidak mengenali bahkan tidak tahu kalau dirinya sedang mengalami keputiaan saat hamil.

Ketika mengalami keputihan saat hamil anda akan banyak mengalami perubahan, ketika mengalami perubahan yang disebabkan oleh keputihan saat hamil maka anda harus tahu apakah perubahan yang terjadi tersebut merupakan perubahan yang normal terjadi secara psikologis kehamilan atau malah sebaliknya perubahan abnormal patologis yang haus ditangani dengan pengobatan serius.

Perlu anda tahu bahwa seorang ibu di masa hamilnya rentan sekali mengalami keputihan saat hamil terjadi hal tersebut di karenakan perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan . memang setiap wanita hamil akan mengalami keputihan akan tetapi yang menjadi pertanyaan serius, apakah keputiahan saat hamil merupakan keputihan normal atau karena gejala infeksi yang terjadi pada vagina?..

Mengapa keputihan saat hamil bisa terjadi?
Keputihan saat hamil terjadi karena adanya gejala disebabkan perubahan hormonal, aliran darah akan meningkat mengalir kedaerah kewanitaan dan itu akan mempengaruhi cairan pada vagina menjadi lebih meningkat dari biasanya.

Pada saat hamil cairan yang terjadi di daerah kewanitaan memang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya infeksi yang menuju Rahim, akan tetapi tidak semua cairan yang terjadi pada daerah kewanitaan akan memberikan manfaat bagi kesehatan Rahim. Karena dari sekian cairan yang datang ke daerah vagina telah terjadi kontraminasi dengan berbagai bakteri, parasite atau virus yang justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kewanitaan.

Ketika masa hamil seorang wanita akan lebih mudah terkena infeksi vagina, karena kesulitan untuk membersihkan bagian kewanitaannya, untuk itu sebaiknya anda mengetahui beberapa ciri yang menandakan apakah anda terkena keputihan saat hamil atau tidak .

Ciri-ciri Keputihan saat Hamil yang terjadi secara normal:

ciri-ciri keputihan saat hamil yang merupakan perubahan normal kehamilan (fisiologis) ditandai dengan adanya cairan berwarna bening keputihan, keputihan tersebut tidak berbau dan juga tidak menimbulkan gejala gatal dan tidak juga menimbulkan gejala rasa nyeri pada daerah kewanitaan anda.

Ciri – ciri keputihan saat hamil yang memerlukan penangan serius adalah sebagai berikut:
1. Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan
2. Cairan lebih kental dan lengket
3. Memiliki jumlah cairan yang cukup banyak
4. Adanya Rasa gatal yang tidak tertahankan
5. Cairan tersebut menimbulkan Berbau tidak sedap
6. Pada sekitar vagina berwarna kemerahan

Penyebab keputihan saat hamil diantaranya ialah :
Keputihan saat hamil bisa di sebabkan adanya infeksi kuman penyakit atau adanya gangguan kehamilan.

Infeksi kehamilan pada daerah kewanitaan ditimbulkan oleh adanya bakteri dan jamur serta virus parasit.

Keputihan saat hamil muda sering di sebabkan oleh jamur yang di namakan Jamur Candida SP, jamur ini menjadi penyebab keputihan terjadi di masa hamil. Ketika berada dalam masa kehamilan tua maka kelembapan yang terjadi pada kewanitaan akan membuka peluang besar bagi jamur candida Sp untuk terjadinya ineksi serius pada kewanitaan.

Baca: 11 Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Dari mana Jamur Candida Sp berasal ?
Jamur Candida sp dapat ditimbulkan karena penurunan imunitas. Selain jamur, Trichomonas vaginalis merupakan protozoa penyumbang infeksi yang menyebabkan timbulnya cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, cairan kental dan menimbulkan nyeri saat berhubungan intim dan saat berkemih.

Adapun bakteri penyebab keputihan saat hamil yaitu bakteriosis vaginalis (BV) sementara ciri-ciri keputihan saat hamil yang disebabkan oleh bakteri ini adalah cairan berwarna putih keabu-abuan, menimbulkan bau yang tidak sedap, dan pada dasarnya mengalami nyeri pada daerah kewanitaan. Selain itu Virus juga dapat membuat wanita hamil mengalami keputihan saat hamil, dan juga masalah yang terjadi pada ibu hamil adalah adanya “ human papiloma virus” (HPV) yang menyebabkan timbulnya kutil pada sekitar daerah kemaluan seorang wanita yang sedang dalam masa hamil.

Demikian beberapa ulasan mengenai ciri – ciri keputihan saat hamil serta penyebabnya keputihan itu bisa terjadi, semoga bermanfaat salam sehat bebas keputihan saat hamil.

Baca Juga: Ladies Kamu Harus tahu Ini, 8 Obat Tradisional Keputihan Paling Ampuh