Laporkan Kejahatan Lewat Aplikasi Siaga Reserse dari Polda Metro Jaya

690

Polda Metro Jaya Akan Segera Luncurkan aplikasi Siaga Reserse Untuk Mempermudah Melaporkan Tindak kejahatan Akhir September ini

Aplikasi Siaga Reserse Polda Metro Jaya

Aplikasi siaga reserse baru saja diluncurkan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya untuk membantu masyarakat agar lebih mudah melaporkan tindak pidana yang terjadi di tengah masyarakat. Ketika ada laporan yang disampaikan oleh masyarakat melalui aplikasi siaga Reserse ini maka pihak anggota polda segera menindaklanjuti kejadian ke TKP.

 

Dengan luncurkannya aplikasi Siaga Reserse ini pihak Polda metro jaya berharap seluruh masyarakat lebih percaya lagi kepada pihak polda untuk menangani tindak kejahatan yang terjadi dan mau segera ikut andil dalam menekan angka kriminalitas yang terjadi ditanah air.

 

“Ini salah satu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berharap masyarakat lebih percaya kepada kami,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Rudy Heriyanto dalam peluncuran aplikasi ‘Siaga Reserse’ di Polda Metro Jaya.

 

Pak Rudy Juga menuturkan, aplikasi ‘Siaga Reserse’ dapat diunduh bagi seluruh pengguna ponsel android secara gratis di playstore dan akan terus dikembangkan hingga bisa juga diunduh oleh para pengguna ponsel iphone.

 

“Saat ini baru bisa diunduh untuk pengguna android melalui playstore. Nanti ke depannya akan bisa diunduh oleh pengguna Iphone melalui appstore,” tambah Rudy.

 

Penjelasan lanjut dari pak rudi, ketika telah resmi diluncurkan pada akhir september ini aplikasi siaga reserse diharapkan bisa juga langsung terkoneksi dengan aplikasi yang telah dipersiapkan yaitu Aplikasi ” siap Polda metro Jaya” hal ini tentu saja demi meningkatkan keamanan dan kemudahan bagi masyarakat mengadukan segala bentuk tindak pindana yang terjadi dimanapun.

 

“Ini hanya bagian kecil dan kami harapkan akan terkoneksi dengan kring reserse dan aplikasi ‘Siap Polda Metro Jaya’,” pungkas Rudy.

 

Cara Menggunakan Aplikasi Siaga Reserse Dari Polda Metro Jaya

 

Cara Menggunakan Aplikasi terbaru dari Polda Metro Jaya Siaga Reserse juga dijelaskan oleh Pak Rudy, tentunya terlebihdahulu mengunduh aplikasi tersebut dari Palystore.

 

“Jadi awalnya silahkan unduh aplikasi ini melalui Play Store. Setelah diunduh, pengguna akan diminta mengisi identitas diri seperti nama, alamat, nomor telepon dan nomor telepon lainnya seperti nomor telepon keluarga atau kerabat. Ini wajib untuk kami tahu siapa pelapor,” ujar Rudy dalam acara soft launching aplikasi Siaga Reserse di Polda Metro Jaya, Rabu (14/9).

Aplikasi Siaga Reserse

Setelah Aplikasi terinstal pengguna juga akan diarahkan untuk mengisi identitas diri dan kerabat serta keluarga pengguna agar pihak kepolisian dapat menghubungi pihak lain jika pelapor tidak bisa dihubungi setelah diterima laporannya dari aplikasi siaga Reserse ini. setelah selesai mengisi identitas yang diintruksikan pada aplikasi, pelapor dapat langsung menekan tombol ‘lapor’ pada layar ponsel masing-masing jika memang ada yang harus dilaporkan.

 

“Pada saat pelapor atau korban memencet tombol ‘lapor’ maka akan diminta memotret kejadian. Tapi jika mendesak tanpa foto kejadian bisa juga dan langsung mengisi kejadian apa yang  ingin dilaporkan, misal ada jambret atau perampokan atau laporan lainnya,” ucap dia.

 

Aplikasi Siaga reserse ini tidak hanya berfungsi untuk mempermudah melaporkan kejahatan, melainkan akan secara otomatis wajah pelapor juga akan terekam dalam aplikasi ini sehingga mempermudah bagi anggota polisi bisa mengetahui pelapor dan menemukan lokasi kejadian secara nyata.

 

“Usai melapor, nantinya anggota akan menghubungi untuk memverifikasi laporan tersebut dan menurunkan anggota,” kata Rudy.

 

Mari kita sebagai masyarakat ikut andil dalam meminimalisir tindak kejahatan yang kerap membuat resah dimana-mana dengan segera melaporkan kepada pihak yang berwenang agar segera ditindak lanjuti dengan ikut mengunduh dan berpartisipasi melaporkan kejahatan yang terjadi.