Mari Mendongeng Bagi Kecerdasan Anak

Manfaat Mendongeng Bagi Kecerdasan Anak
Manfaat Mendongeng Bagi Kecerdasan Anak

Mendongeng adalah kegiatan bercerita kepada anak dengan memmerakan banyak tokoh dan berbagi ekspresi yang bisa membuat anak ikut berimajinasi dan itu akan merangsang kecerdasan anak.
Dongeng ? mendengar kata dogeng apa yang muncul dibenak anda ? pasti kancil yang nakal ya ? iya. Kancil adalah kisah dongeng yang sudah lama ada. Selain kancil masih banyak dogeng – dogeng asli tanah air loh. Ada dongeng timun emas, sangkuriang, malin kundang, abunawas dan dogeng lainnya. Pertanyaannya adalah masihkah anda menyempatkan waktu untuk mendongeng bagi anak anda sebelum mereka tertidur lelap ?
Sudah tahu kah kalau dogeng itu memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dan tumbuh kecil anak loh.Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), membacakan buku bagi anak bisa membantu mereka membangun kosakata dan kemampuan komunikasi. Jadi sempatkanlah untuk orang tua setiap hari membacakan dogeng bagi anak – anak anda.
Sebagaimana yang terkutip dalam viva.co.id, para pakar mengatakan manfaat mendongeng untuk buah hati sejak masih bayi terkait dengan pencapaian mereka saat di sekolah dan di kehidupan nanti. Hal pertama yang bisa dilakukan orang tua sejak bayi adalah membacakan buku bergambar dan berwarna kepada baby mereka.
Seperti dilansir laman Daily Mail, bersajak, bermain, berbicara, dan menyanyi adalah aktivitas yang sangat cocok dilakukan bersama dengan buah hati untuk memperkenalkan aksara kepada mereka di usia dini. Selain menghibur mereka itu juga bisa memancing kecerdasan si buah hati.
Anda tidak mengajarkan bayi berusia dua bulan membaca,” ujar Dr Danette Glassy dari AAP.

Duduk bersama mereka akan membuat bayi Anda cerdas dan bijaksana.”
Meski manfaat mendogeng atau bercerita bersama buah hati sangat bermanfaat terhadap kecerdasan si buah hati, realitanya hanya sepertiga anak-anak di Amerika (AS) yang dibacakan buku cerita setiap hari dari lahir hingga usia lima tahun. Hal ini berdasarkan National Survey of Children’s Health tahun 2011-2012.
Sebagai perbandingan berikutnya, hanya 60 persen anak-anak dari keluarga berpenghasilan lebih tinggi yang dibacarakan buku setiap hari. “Bahkan keluarga paling kaya dapat terganggu interaksinya dengan bayi mereka,” ucapnya.
Mereka bisa menghibur bayi dengan segala jenis gadget dan alat yang bisa mengganggu perkembangan anak.
Tahukah anda kalau anak – anak orang hebat dan kaya raya di dunia saat ini tidak ada satupun yang dikenalkan dengan gadget. Anak Steve Job, Bill Gates dan anak orang hebat lainnya malah dibiarkan untuk bermain lumpur karena gadget memang bukan diperuntukan bagi anak – anak. Jadi buat anda para orangtua luangkanlah waktu anda untuk duduk dan memberikan pelukan serta mendongenglah demi kecerdasan buah hati anda.

By : Turyono Ari Wibowo

 

Related : Surga Kucing Di Sulawesi Barat