Mantan Menteri Adi Sasono

Setiap orang, pasti punya sisi menariknya. Entah itu berasal dari kisah masa kecilnya, hobi, tindakan, sikap atau pendiriannya dan lain sebagainya. Sisi menarik orang biasa, tak bisa membuat banyak orang. Tapi berbeda bila sisi menarik itu datang dari seorang tokoh, atau selebriti. Banyak telinga yang tiba-tiba ingin menyimak. Banyak mata yang langsung ingin membaca, serta melihat.

Ya, orang yang jadi tokoh, entah itu karena status atau keturunannya selalu punya magnet untuk menarik perhatian khalayak ramai. Dan, selalu saja publik ingin tahu, bahkan kerap genit menelisik sisi kehidupan si tokoh. Terlebih, bila tokoh tersebut itu adalah idolanya. Hal sepele pun seringkali jadi sesuatu yang dianggap menarik.

Nah, saya punya cerita tentang sisi menarik seorang tokoh. Ceritanya tentang sosok Adi Sasono. Mungkin banyak yang kurang begitu tahu siapa Adi Sasono. Adi Sasono, namanya memang kurang begitu familiar. Apalagi untuk saat ini. Padahal Adi Sasono pernah jadi orang penting di negeri ini. Adi Sasono sempat jadi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di era Pak Habibie jadi Presiden RI.

Selain pernah jadi menteri, Adi Sasono juga pernah mendirikan partai. Partai Merdeka namanya. Partai yang didirikannya sempat ikut pemilu 2004. Sayang, suaranya jeblok. Nah, ternyata saat dulu jadi pejabat, Adi Sasono tak pernah sekalipun main golf. Bahkan, menurutnya, seumur hidupnya, ia tak pernah sekali pun mengayun stick golf.

Padahal, siapa pun tahu, golf adalah olahraga kaum berduit. Bila bukan pengusaha yang doyan main golf adalah pejabat. Salah satunya menteri. Almarhum Soeharto, saat masih jadi Presiden, salah satu hobinya selain memancing adalah bermain golf. Tentu, kita masih ingat Jero Wacik, mantan menteri di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jero tersangkut kasus korupsi. Dan, dalam kasusnya salah satunya terkait dengan golf.

Dia tak sampai hati mengayunkan stick golf. Katanya, memukul bola gild ibarat memukul kepala petani yang tanahnya digusur untuk lapangan golf. Demikian dikatakannya, seperti yang saya kutip dari Majalah Tempo, edisi 31 Maret 2013.

Kisah Adi Sasono tak pernah main golf saya baca juga di Majalah Tempo. Di majalah itu, dituliskan Adi lebih memilih olahraga seperi sepakbola dan voli ketimbang golf. Dua olahraga itu pun, dilakoninya saat masih bugar. Karena sudah sepuh, kini Adi lebih memilih olahraga ringan seperti pushup.

 

Baca Juga: Mengenal Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek