Mari Kenali Tanda – Tanda Stres Pada Anak Usia Dini

28

lebahmaster.com – Orang tua mengalami stres? Mungkin ini adalah sesuatu yang lumrah karena banyaknya masalah dan tekanan yang harus dihadapi. Tetapi, tahukah anda bahwa anak usia dini juga bisa mengalami stres?

Wow, tentunya ini akan membuat bunda lebih stres lagi kalau tahu anak usia dini bisa mengalami stres J Dan memang inilah faktanya. Namun tentu saja kadar stres pada anak – anak berbeda dengan kadar stres pada orang dewasa karena tekanan yang juga berbeda diantara keduanya. Tetapi anda juga tidak boleh lengah karena ini juga mempengaruhi tumbuh kembang anak anda nantinya. Lantas, apa saja sih tanda – tanda stres pada anak usia dini yang patut diwaspadai? Simak informasinya disini bunda!

Tanda – Tanda Stres Pada Anak Usia Dini

1Ada beberapa tanda stres pada anak usia dini yang bisa bunda telaah. Salah satu tanda bahwa anak usia dini mengalami stres yaitu :

Menangis

Orang tua biasanya akan langsung terpancing emosi ketika anak – anak mulai rewel dan menangis tanpa sebab yang jelas. Namun upayakan anda tidak terpancing emosi karena ini bisa jadi tanda bahwa anak sedang mengalami stres. Alangkah baiknya jika anda bicara dengan lembut kepada anak dan tanyakan perasaan anak saat ini.

Enggan Patuh

Mungkin bunda merasa kesal karena anak sering mengabaikan perintah atau pura – pura tidak mendengar, dan hal ini bisa jadi karena anak kesal, sedang ada masalah atau dia sedang stres dengan suatu keadaan. Jika anak anda mengalami kondisi seperti ini, jangan buru – buru memarahinya tetapi tanyakan kepada anak bersikap demikian kepada anda.

Mendadak Hiperaktif

Sikap anak yang sopan dan lemah lembut kemudian mendadak berubah 100% menjadi hiperaktif? Jika ini terjadi bisa jadi anak bersikap demikian karena ia sedang bingung, kalut ataupun cemas yang bisa memicu timbulnya stres. Jika anak sudah demikian, anda harus berupaya melakukan pendekatan kepadanya supaya stres yang diderita bisa jadi hilang.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan untuk anda bunda. Semoga informasi diatas mengenai Tanda – Tanda Stres Pada Anak Usia Dini bermanfaat.