Menara Burj Khalifa Di Dubai Uni Emirat Arab

Menara Burj Khalifa
Menara Burj Khalifa

Menara Burj khalifa merupakan bangunan paling tinggi di dunia, sebelumnya menara ini menduduki urutan kedua setelah menara Taipei 101 atau yang di kenal dengan CN Tower. Tepatnya pada 21 juli 2007 menarana Taipei 101 masih menduduki peringkat pertama sebagai menara tertinggi dunia namun hal tersebut berubah setelah beberapa bulan berlalu tepatnya pada 12 september 2017 menara burj khalifa berhasil melawati ketinggian dari CN Tower dan kemudian mendapat julukan sebagai menara tertinggi dunia yang berada di dubai uni emirat arab. Tentunya anda sudah sering mendengar menara Burj Khalifa dengan segala kehebatan bangunannya ya.

Selain itu kehebatan lain menara Burj Khalifa ini terjadi lagi pada 7 April 2008 ia kembali meraih rekor tertinggi dengan mengalahkan ketinggian menara KVLY-TV yang ada di Blanchard, North Dakota, Amerika serikat. Manara burj khalifa terus berkembang pembangunannya yang kemudian pada 1 september 2018 kembali berhasil melewati ketinggian menara Radio Warsawa yang memiliki ketinggian 645,4 m atau setara dengan 2.120 kaki. Menara yang di buat pada tahun 1974 tersebut runtuh pada saat sedang di lakukan renovasi di tahun 1991 dan hingga sampai kini masih tidak bisa lagi mengiri ketinggian dari menara burj khalifa dubai tersebut.

Rekor lain yang di dapat oleh menara Burj Khalifa adalah sebagai berikut :

  • Menara Burj Khalifa ini memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s.
  • Menara Burj Khalifa ini juga merupakan Bangunan yang memiliki paling banyak lantai dengan jumlah: 160 dan berhasil mengalahkan menara dengan lantai terbanyak sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center yang memiliki jumlah 110 lantai.

Mungkin anda juga bertanaya memangnya kapan diresmikannya pembangunan menara Burj Khalifa di resmikan ? oke untuk menjawab rasa penasaran anda maka ketahuilah sobat bahwa menara burj khalifa ini diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter. Ternya setelah pembangunannya yang melalui proses dari tahun – ketahun sampai akhirnya berhasil mendapatkan gelar sebagai menara tertinggi di dunia tidak selesai samapi di tahun sebelumnya ketika proses kejar mengejar ketinggian yang telah kami sebutkan diatas. Menara burj khalifa ini sampai saat ini menjadi ciri khas di wilayah dubai, uni emirat arab. Dengan ketinggiannya yang luar biasa sehingga di juluki sebagai menara pencakar langin tertinggi Menara Burj Khalifa.

Apakah menara Burj Khalifa akan terus bertahan menjadi rekor tertinggi dunia sampai selanjutnya?…
Sepertinya ini menjadi pertanyaan yang menarik untuk kita temukan jawabannya di kemudian hari. Kenapa demikian?.. karena saat ini sudah hadir pesaingnya berada di Jeddah, bahkan sedang dalam tahap pembangunan . kemungkinan jika menara burj tidak lagi bangun maka akan tersisihkan dari rekornya sekarang.

Menara pesaing burj khalifa tersebut di beri nama Kingdom Tower kehebatan yang akan bisa mengalahkan menara burj khalifa ini akan memiliki tinggi 1.000 meter. Sedangkan untuk Biaya pembangunannya sudah diperkirakan akan memakan biaya sebesar USD1,23 miliar. Berdasarkan rencana dari informasi yang kami tahu bahwa menara ini akan berdiri di kota pesisir Jeddah.

Menara Burj Kalifa Dubai
Menara Burj Khalifa dan Pesaingnya

Menara Kingdom Tower nantinya akan memiliki 200 lantai dan sudah barang tentu akan mengalahkan menara Burj khalifa yang menjadi menara tertinggi dunia saat ini, sementara sampai saat ini menara Burj Khalifa di Dubai, mesih berada di ketinggian 828 meter.

Berdasarkan kutipan di berita arab Saudi lalu 25/4/2014, menara kingdom dalam waktu lima tahun kedepan jika proses pembangunannya tidak ada halangan akan mencetak sejarah baru dunia sebagai menara tertinggi dunia dan tentunya juga akan menjadi sebuah ikon baru bagi Negara arab Saudi. Bagaimana dengan menara Burj Khalifa apakah akan terus di bangun untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai menara tertinggi dunia?… kita semua hanya akan di jawab oleh waktu. Yang jelas untuk saat ini sebagai pemegang rekor menara tertinggi dunia adalah menara burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

You May Also Like :
SCIENCE SPEKTAKULER JALAN TOL BAWAH LAUT MILIK NEGARA SINGAPORE