Mengingat Kembali Sistem Pemerintahan Indonesia Yang Pernah Ada

1354

Tahapan Perubahan Sistem Pemerintahan Indonesia

Sistem Pemerintahan Indonesia
Sistem Pemerintahan Indonesia sejak masa proklamasi hingga apa yang sekarang kita alami telah mengalami perubahan – perubahan sebagaimana yang telah kita ketahui dari sejarah kepemimpinan yang pernah terjadi. Indonesia adalah negara independen merupakan negara yang memiliki sustu sistem untuk mengatur dan mengurus tata kepemerintahan dalam negara yang di kenal dengan sistem pemerintahan Indonesia.

 

 

Walaupun kenyataannya sistem pemerintahan Indonesia telah ada dari sejak sebelum proklamasi, tapi seiring perkembangan dan perubahan jaman sebagaimana sejarah menceritakan kepada kita semua bahwasanya sistem pemerintahan Indonesia engalami perubahan beberapa kali sesuai dengan situasi dan kondisi negara yang tidak lain untuk mewujudkan cita – cita bangsa menjadi lebih baik.

 
Setiap negara memiliki sistem pemerintahan yang berbeda sesuai dengan kebijakan negara yang bersangkutan, diantara sistem pemerintahan negara yang pernah ialah :

 
1. Presidensial
2. Parlementer
3. Semipresidensial
4. Liberal
5. Demokrasi liberal
6. Komunis

 

 

Dari sekian sistem pemerintahan yang ada itu semua merupakan cara pemerintah dalam suatu enagara mengatur semua yang berkaitan dengan pemerintahan di negaranya. Sistem pemerintahan juga bisa diartikan sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan memengaruhi dalam mencapaian tujuan dan fungsi pemerintahan.

 
Selanjutnya mari kita kembali mengingat sistem pemerintahan Indonesia yang pernah terjadi hingga sekarang ini, diantaranya :

 

1. Awal kemerdekaan Indonesia Pada tahun 1945 – 1949, Indonesia pernah menganut Sistem Pemerintahan Presidensial.
Pada masa pemerintahan ini presiden memiliki kekuasaan tertinggi dan di bantu oleh Para Menteri yang diangkat dan di berhentikan langsung juga oleh presiden, para menteri di periode ini juga bertanggung jawab penuh kepada presiden.

 
2. Pada tahun 1949 – 1950 Sistem pemerintahan Indonesia menganut sistem Parlementer, dengan kepala pemerintahan dipimpin oleh Perdana Menteri.
Periode ini perdana menteri pertama Indonesia adalah Sutan Syahrir. Perubahan sistem pemerintahan saat itu dipengaruhi oleh kuatnya kaum sosialis ( KNIP ). DPR dipilih oleh Rakyat, system pemerintahan ini untuk membatasi kewenangan presiden. Artinya Jika pada sistem presidensial kabinet bertanggung jawab penuh kepada presiden maka pada sistem parlementer, Presiden bertanggungjawab kepada parlemen/DPR.

 

3. Pada tahun 1950 – 1959, Negara Kita Indonesia masih menganut sistem pemerintahan parlementer dengan demokrasi liberal.
4. Pada tahun 1959 – 1966, Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial secara demokrasi terpimpin.
5. Pada tahun 1966-1998 (Orde Baru), Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial.

 

6. Sistem Pemerintahan Periode 1998 – sekarang.
Sistem pemerintahan Indonesia saat ini berdasarkan Pembukaan UUD 1945 Alinea IV yang berbunyi, “bahwa kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat.

 
Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, yang berbunyi, “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.”

 
Kesimpulannya bahwa negara kita Indonesia merupakan “ Negara Kesatuan “ sedangkan bentuk pemerintahan Indonesia adalah “ Republik”.

 
Indonesia Selain bentuk Negara kesatuan dan bentuk pemerintahan Republik, Presiden Republik Indonesia juga memegang kekuasaan sebagai kepala Negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 4 Ayat 1 yang berbunyi, “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” Dengan demikian, sistem Pemerintahan Indonesia menganut Sistem Pemerintahan Presidensial.

 
Demikianlah beberapa tahapan perubahan sistem kepemerintahan yang pernah terjadi di Indonesia. Setelah mengetahui tahapan perubahan periode kepemerintahan Indonesia disana masih ada lagi sistem pelaksanaan pemerintahan yang terjadi berdasarkan apa yang tertuang dalam UUD 1945 sebelum UUD 1945 diamandemen dan setelah terjadi amandemen UUD 1945 pada tahun 1999 – 2002. Pembahasan system pemerintahan Indonesia pada tahapan ini InsyaAllah akan kita bahas pada artikel selanjutnya, anda juga bisa mencari rujukan tulisan lain bila ingin mengetahui sistem pemerintahan Indonesia sebelum diamandemen dan setelahnya.