Menguak Awal Mula Adanya Festival Perahu Naga

1532

Awal Mula Adanya Festival Perahu Naga

Asal Usu Festival Dragon
Awal Mula Adanya Festival Dragon / Lomba Perahu Naga

LebahMaster.Com – Awal Mula Adanya Lomba Dayung Perahu Naga Mungkin sebagian kita ada belum tahu ada apa sebenarnya di balik sering diadakannya perlombaan mendayung dengan perahu naga ini.

Berdasarkan apa yang telah di lansir pada ListVerse, Minggu ( 08/03/2015 ), festival perahu naga ini ternyata merupakan sebuah perayaan yang sudah ada sejak zaman kono sejak periode perang amerika, walaupun ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa festival ini sudah ada jauh sebelumnya.

Menurut lagenda adanya festival perahu naga ini untuk mengenang seorang penyair dan juga filosufi bernama Qu Yuan, yang juga merupakan seorang yang berpangkat tinggi pada pengadilan di Negara Chu pada masa itu. Pada masa itu Qu Yuan karena keinginannya untuk menyatukan Negara – Negara yang bersatu menantang kepemerintahan Qin, dengan keberaniannya yuan menulis sebuah syair yang berisikan penentangan terhadap kepemerintahan Qin dan itu menyebabkan dirinya harus mendapat pengasingan dari pihak pengadilan. Namun demikian diasingkannya dirinya itu tidak menghalingi semangatnya untuk terus berkarya menulis bait – bait syair yang sangat luar biasa sekali pada saat itu. Seiring berjalannya waktu sampailah kabar kepada yuan bahwasanya kepemerintahan chu telah jatuh ketangan Qin, singkat cerita karena kabar tersebut yuan kemudian menenggelamkan dirinya kesungai Miluo.

Sejarahpun mencatat bahwa kabar Yuan yang menenggelamkan dirinya kesungai tersebut sehingga orang – oaring pada masa itu langsung berlomba – lomba untuk turun kesungai untuk mencari jasad Qu Yuan, hingga diadakannya perlombaan perahu naga yang sampai sekarang terus diadakan setiap tahun untuk memperingati kematian qu yuan yang tenggelam di sungai Miluo.

Selain diadakannya perlombaan dayung perahu naga, ada juga perayaan yang di tambahkan dalam kegiatan tersebut yang disebut dengan Zongzi yang juga katanya untuk memperingati tanggal kematian penyair Qu Yuan. Dikatakan bahwa sementara beberapa orang mencari tubuh penyair, yang lain bertugas untuk melemparkan zongzi ke sungai dengan harapan bahwa apa pun yang mungkin berusaha untuk melahap mayatnya akan makan kue sebagai gantinya. Baca Juga : Increase Knowladge : Inilah Asal Usul Bakso