Menjadi Seorang Pemimpin Harus Bisa Membedakan Inspirasi vs Motivasi

3233

Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpin Yang Profesional

By: Muhammad Tohir

Pemimpin Yang Baik

LebahMaster.Com – Tips menjadi Pemimpin, Berkenaan dengan Motivasi dan Inspirasi banyak para pemimpin yang tidak mempertimbangkan perbedaan antara kedua kata ini, sehingga menyebabkan banyak terjadinya ketidak stabilan dengan kepemimpinannya. maka kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang perbedaan antara Inspirasi Vs Motivasi, berikut perbedaannya:

Inspirasi :

Inspirasi datangnya dari luar, Ini adalah seni bagaimana mendorong dan menggerakkan orang lain untuk melakukan hal-hal yang lebih baik daripada mereka percaya diri bahwa mereka bisa. Ini juga merupakan tentang bagaimana seorang leader membantu orang lain atau bawahannya  menemukan sisi terbaik mereka dan menggunakan apa yang mereka temukan. Membantu orang menemukan energi untuk bekerja sekeras tentang pekerjaan yang mereka bisa.

Motivasi :

Motivasi berasal dari dalam diri seseorang, Motivasi anda tidak dapat diberikan,di wariskan, atau dihadiahkan. Ini berasal dari dalam diri pribadi seseorang.

memiliki motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri merupakan kekuatan pendorong yang kuat bagi kita sendiri yang akan memimpin kita untuk berhasil dalam bekerja. motivasi ini jika kita ingin mengambil perumpaan adalah ibarat seorang pemain sepak bola yang sudah berhasil membawa bola ke depan gawang lawan, yang mana bola itu hanya memerlukan sedikit dorongan kaki saja ke arah gawang sudah gool, akan tetapi jika orang tersebut tidak ada motivasi dalam dirinya untuk menendang bola supaya bisa mencetak gool maka hal itu tidak akan pernah terjadi, meskipun ratusan juta penonton semuanya memberikan sorakan motivasi agar dia segera menendang bola tersebut, jika dari dalam dirinya tidak ada kemauan maka hasilnya tetap NOL besar.

Penerapan Makna ini untuk para pemimpin

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memahami perbedaan dan pentingnya aspek-aspek ini. Jika seseorang tidak termotivasi dan tidak peduli seberapa inspirasi yang Andaberikan, maka kata-kata Anda akan jatuh pada telinga yang tuli.

Pada sisi lain Motivasi itu ibarat sebuah percikan api, yang bisa menyebabkan kebakaran, maka anda harus waspada terhadap percikan itu dan berusaha untuk mengendalikannya. Jika tidak maka anda akhirnya akan terbakar.

Kesadaran akan dua hal ini nantinya yang bisa memberikan perbedaan antara pemimpin yang baik dari yang buruk. Pemahaman bahwa membuang-buang waktu Anda pada seseorang yang tidak termotivasi adalah benar dan bahwa Anda harus menghabiskan waktu Anda membantu dan menginspirasi rekan-rekan termotivasi Anda harus anda lebih perhatikan.

Oke itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan antara Inspirasi Vs Motivasi yang perlu di pahami ketika menjadi seorang pemimpin, tentunya jika anda menemukan kesalahan pada tulisan ini saya dengan senang hati menerima masukan dan kritikan dari anda sahabat Lebah Master semuanya. salam sukses…!

 Artikel Terkait:

Dalam Bisnis Properti Anda Tidak Menjual Properti Tapi Jual Diri