Menteri yang Baik Hati

1167

Inspirasi Dari Menteri Yang Baik Hati

Menteri Yang Baik hati Tjahjo Kumolo

LebahMaster.com Bagi para wartawan yang suka meliput di Kementerian Dalam Negeri, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mungkin menteri yang baik hati. Menteri Tjahjo, tak hanya baik, karena tak pelit memberi komentar, bahkan bersedia menanggapi pertanyaan, meski itu diajukan via layanan blackberry messenger.

Ya, untuk urusan komunikasi via BBM, Menteri Tjahjo tak pelit memberi PIN-nya. Dan, jawaban atas pertanyaan wartawan yang sering diberikan via BBM, ditulis sendiri oleh Menteri Tjahjo. Bukan oleh staf pribadinya, atau tim komunikasinya. Karena memang, Menteri Tjahjo sendiri sepertinya tak punya tim komunikasi. Kalau staf pribadi, Menteri Tjahjo menang punya. Mas Adi namanya.

Nah kebaikan lainnya dari Menteri Tjahjo adalah, tak pelit beri oleh-oleh. Ya, beberapa kali, Menteri Tjahjo suka membawakan oleh-oleh untuk para wartawan, usai dia pergi ke luar daerah dalam rangka kunjungan kerja. Padahal, para wartawan sama sekali tak memintanya.

Maka, ketika pertama kali Menteri Tjahjo membawakan oleh-oleh, para wartawan yang biasa ngumpul di salah satu ruangan dekat ruang kerja Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Doddi Riatmadji, sangat kaget dikirimi bingkisan berupa penganan khas Surabaya. Ya, kala itu Menteri Tjahjo baru pulang dari kunjungan kerjanya ke Surabaya.

Awalnya, para wartawan tak tahu siapa yang mengirimkan bingkisan berisikan makanan. Tapi kemudian staf dari Kemendagri memberi tahu, bingkisan itu oleh-oleh dari Mendagri.

Terima kasih Pak Menteri. Semoga itu bukan gratifikasi he.he.he, agar wartawan menulis yang baik-baik saja. Tapi saya yakin, Pak Menteri tak bertujuan ke arah itu. Toh, kalau Pak Menteri harus dikritik, berita kritis tetap saja ditulis. Dan, Pak Menteri tetap memberi oleh-oleh, meski berita kritis tentangnya selalu naik tayang di koran atau di media online.