Menulis CV lamaran kerja
Menulis CV lamaran kerja

Pernahkah anda berpikir bagaimana menulis Curriculum Vitae atau CV lamaran Kerja yang benar?… Jika anda termasuk satu diantara sekian banyak para pencari pekerjaan baik karena baru lulus kuliah ataupun lulus SMA dan ingin langsung bekerja, maka hal utama yang harus anda pikirkan adalah cara menulis CV surat lamaran yang baik dan benar seperti apa dan apa yang harus anda tulis di dalamnya.

Salah satu syarat yang utama yang sering diminta oleh perekrut karyawan baru adalah CV (Curriculum Vitae), CV juga merupakan berkas paling penting yang digunakan oleh pihak HRD ketika menilai dan memutuskan untuk menerima seorang pelamar kerja.

Meskipun CV bukanlah rahasia umum bagi setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan baru agar para pelamar mengirimkan CV secara lengkap dan sering dilakukan banyak pencari kerja ternyata kasus dalam penulisan CV lamaran kerja masih banyak yang salah, hingga akhirnya sia-sia berkas lamaran yang diajukan.

Perlu anda ketahui bahwa, jika seorang HR yang benar-benar teliti dan profesional dalam merekrut karyawan, jangankan soal isi CV saja yang diperhatikan, bahkan cara anda menulis, cara menggunakan huruf besar kecil dan peletakan tanda titik koma saja diperhatiakn dan menjadi penentu bagi mereka untuk menerima atau menolak bahkan tidak membacanya sampai habis sekalipun.

Maka dari itu, penting bagi anda yang ingin mengajukan lamaran kerja untuk lebih teliti juga dalam menulis CV lamaran kerja, baik memperhatikan gaya penulisan, cara menggunakan huruf dan font serta peletakan titik dan koma, jangan asal copy paste contoh surat lamaran kerja di internet melainkan anda perhatikan dan baca lagi isi contoh lamaran kerja tersebut agar anda bisa memperbaiki, baik menambah atau membuang bagian yang tidak penting.

Sebelum anda yakin untuk mengirimkan berkas CV atau Curriculum Vitae ke perusahaan tujuan anda melamar pekerjaan, maka cobalah anda perhatikan lagi poin-poin penting yang sudah anda tulis, apakah ada kekurangan atau kesalahan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat CV Surat Lamaran Kerja Yang Sulit Ditolak

Bagi anda yang masih bingung dan belum tahu sama sekali apa saja yang harus anda tulis dalam isi CV (Curriculum Vitae) maka berikut tujuh hal penting yang harus anda tulis dalam CV lamaran kerja:

1. Data Pribadi Anda

Seperti pernah disampaikan oleh Chalifatunissa selaku HR Senior di Experd Consultant, hal pertama yang harus tercantum dalam CV lamarakan kerja adalah Data pribadi pelamar.

Isilah bagian data pribadi ini dengan identitas pribadi anda seperti: Nama lengkap, Tempat tanggal lahir, Alamat lengkap, serta nomor handphoen dan email yang bisa dihubungi dan ingat! Gunakan email formal untuk mengirim dan juga yang dicantumkan.

2. Menuliskan Tentang Deskripsi Diri Anda

Ketahuilah bahwasanya deskripsi tentang diri Anda adalah kesempatan yang bagus untuk mempromosikan diri. hal ini pernah juga disampaikan oleh direktur operasional di situs Office Angels, Darren Roscoe.

Sebaiknya Tulislah deskripsi diri anda sebanyak tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian perekrut dan menginginkan mereka agar mau mengetahui lebih banyak tentang Anda.

Buat deskripsi diri lebih simpel, gunakan kata ganti orang pertama, dan periksa kembali tulisan tersebut untuk menghindari kesalahan ejaan. Rangkumlah dalam 200 kata siapa diri Anda, pekerjaan, keahlian yang dimiliki, serta tujuan dalam berkarier,” kata Darren.

3. Lengkapi dengan mencantumkan Pendidikan dan Pelatihan

Setelah anda mendeskripsikan diri anda, selanjutnya yang harus anda masukan ke dalam Cv adalah riwayat pendidikan anda baik formal maupun non formal.

Pendidikan formal yang dicantumkan mulai dari sekolah menengah atas dan formal pendidikan terakhir anda. Sedangkan untuk pendidikan non formal yang dicantumkan adalah yang berhubungan dengan lamaran pekerjaan yang anda tuju atau yang dimaksud.

4. Pengalaman anda

Selanjutnya anda tuliskan juga pengalaman yang telah anda peroleh baik pernah bekerja ditempat lain, posisi yang baru-baru ini pernah anda tempati.

Apabila anda sebagai fresh graduate, anda bisa mencantumkan pengalaman anda ikut berorganisasi atau kegiatan kampus yang pernah anda ikuti.

Ketahuilah bahwa Pengalaman kerja anda akan memberikan gambaran terhadap pemberi kerja, apakah pelamar ini sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Maka dibagian ini, ada baiknya dituliskan secara detail dengan bahasa yang jelas agar dapat lebih mudah dipahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang dimiliki, serta bisa memperkirakan nilai tambahan dari tiap-tiap kandidat.

5. Skill dan keahlian tambahan yang anda kuasai

Masukan juga dalam cv anda skill atau pun keahlian dan kemampuan dan keterampilan yang anda kuasai, seperti keahlian berbahasa asing, keahlian mengoperasikan computer, keahlian programmer, skill desain website dan lainnya.

Pada Bagian ini anda bisa menuliskan sejauh mana skill dan kemampuan yang anda miliki, ingat jangan pernah terlalu sombong jika memang baru sedikit menguasai tulislah apa adanya tingkat kemampuan anda agar nantinya tidak bingung sendiri saat diberikan amanah serupa.

6. Mencantumkan daftar prestasi yang pernah anda peroleh

Masukan prestasi apa saja yang pernah anda raih dalam berkas CV surat lamaran pekerjaan. Tulislah dengan jelas prestasi di bidang apa, tahun berapa diselenggarakan dan lembaga atau pihak mana yang menyelenggarakannya.

Usahakan menuliskan prestasi yang memang ada hubungannya dengan pekerjaan yang ingin anda dapatkan.

7. Mencantumkan Referensi penguat

Agar CV lamaran kerja anda lebih professional dan berkelas, maka sebaiknya diakhir anda mencantumkan referensi. Artinya anda mencantumkan siapa saja orang yang mengenal anda dengan baik. Usahakan pada bagian ini yang di cantumkan orang yang memiliki pengaruh, seperti tokoh masyarakat setempat atau pemimpin perusahaan lain. Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap, jabatan, perusahaan tempat dia berada dan bekerja dan juga kontak orang tersebut yang bisa dihubungi seperti nomor telpon dan alamat e-mail.

Baca Juga: 4 Hal yang Paling Penting Diperhatikan Oleh Karyawan Dalam Dunia Kerja

Itulah tujuh poin penting yang harus anda cantumkan dalam berkas CV atau curriculum vitae lamarak kerja anda dan jangan sampai lupa. Terakhir jika semua poin penting diatas sudah anda masukan dalam penulisan CV lamaran kerja periksalah kembali, apakah ada kesalahan penulisan kata-kata dan susunan kalimatnya serta memperhatikan juga gaya bahasa anda , Jika sudah yakin dan siap cusss segera kirimkan surat lamaran pekerjaan anda disertai berkas pendukung seperti sertifikast keahlian dan lainnya jika memang ada.